Ini Dia Hal-Hal Yang Akan Dipelajari di Jurusan PsikologiKetika anda memutuskan untuk masuk ke dalam jurusan psikologi, ada beberapa mata kuliah yang nantinya akan anda hadapi selama perkuliahan anda berlangsung. 7 mata kuliah jurusan psikologi sebelumnya sudah pernah dibahas. Kali ini kami akan membahas mata kuliah lainnya yang akan anda pelajari apabila anda masuk jurusan psikologi.

Hal Yang Akan Dipelajari di Jurusan Psikologi

  1. Psikologi Abnormal

Psikologi abnormal mirip seperti psikologi klinis, hanya saja psikologi abnormal lebih fokus pada situasi tidak normal yang dialami manusia. Mulai dari gangguan psikologis yang tertera di dalam DSM-IV atau PPDGJ, hingga kondisi anak-anak berkebutuhan khusus dan orang-orang yang superior.

  1. Mata Kuliah Mengenai Administrasi Test

Selain mata kuliah yang diberikan secara teoritis, beberapa kampus juga akan memberikan praktikum berupa administrasi, skoring dan juga interpretasi dari alat test. Hal ini akan meningkatkan kompetensi anda, jadi anda tidak hanya paham teori dan definisi dari sebuah alat test saja, namun anda juga akan mempelajari bagaimana cara memberikan alat test yang baik dan benar.

  1. Psikologi Anak Khusus

Psikologi anak khusus adalah mata kuliah yang fokus membahas tentang masalah psikologis yang terjadi pada anak. Mulai dari anak yang kelahirannya tidak normal, mengalami kecacatan fisik, keterbelakangan mental, masalah dengan lingkungan sosial, ADHD, dan juga masalah lainnya yang berhubungan dengan kondisi anak yang berbeda dengan anak-anak normal pada umumnya

  1. Observasi dan Wawancara

Pada mata kuliah ini, anda akan mempelajari mengenai bagaimana cara melakukan observasi dan wawancara yang baik dan juga benar. Anda akan dikenalkan dengan berbagai macam teknik wawancara, penyusunan pedoman observasi dan wawancara, dan bagaimana memutuskan suatu masalah yang dialami seseorang dengan menggunakan observasi dan wawancara. Kebanyakan pada mata kuliah ini, anda akan melakukan praktikum, dan terjun langsung ke lapangan.

  1. Metode Penelitian

Metode penelitian menjadi suatu mata kuliah umum yang akan diberikan di hampir semua jurusan. Untuk jurusan psikologi, anda akan mempelajari 2 metode penelitian utama, yaitu metode penelitian kuantitatif dan juga metode penelitian kualitatif. Dua metode ini nantinya akan anda pelajari dan bisa menjadi pilihan anda ketika anda akan melakukan penelitian, baik ketika anda melakukan skripsi, thesis, disertasi, ataupun ingin melakukan penelitian sendiri.

  1. Psikologi Kognitif

Psikologi kognitif adalah mata kuliah dari jurusan psikologi yang mempelajari proses kognitif yang terjadi di dalam diri manusia. Bagaimana manusia bisa berpikir? Bagaimana manusia bias menyimpan dan mengambil informasi kembali? Atau bagaimana manusia bisa menjadi lupa adalah beberapa hal yang nantinya akan dipelajari di dalam mata kuliah psikologi kognitif.

  1. Statistik

Untuk anda yang berpikir masuk jurusan psikologi dan ilmu sosial karena malas bertemu dengan matematika, anda salah besar. Justru psikologi dan beberapa ilmu sosial malah mengandalkan statistik untuk menguatkan teori dan melakukan penelitian berbentuk kuantitatif loh. Anda akan mempelajari statistik mulai dari yang dasar hingga lanjut. Dari bagaimana menentukan mean median modus, hingga melakukan uji hipotesis menggunakan perhitungan statistika.

Nah, itu dia 14 hal yang nantinya pasti akan anda pelajari ketika anda masuk ke dalam jurusan psikologi. Selamat belajar! By: Muhamad Fadhol Tamimy |sebelumnyaselanjutnya