Trik Lolos Pendaftaran CPNS dan Contoh Soal CAT Lengkap
Trik Lolos Pendaftaran CPNS dan Contoh Soal CAT Lengkap

Trik Lolos Pendaftaran CPNS dan Contoh Soal CAT Lengkap

Posted on
Ilustrasi Pendaftran CPNS

Setiap pendaftaran CPNS dibuka selalu memunculkan animo yang begitu besarnya. Saking besarnya bahkan tidak jarang yang rela untuk melakukan segalanya demi kelancaran dan keberhasilan diterima menjadi seorang abdi negara.

Tidak salah memang, mengingat benefit yang akan didapatkan begitu besarnya, salah satunya adalah kesetabilan dalam hal pendapatan dan juga status sosial di mata masyarakat. Berdasarkan pengalaman yang pernah penulis ikuti saat lolos diterima masuk menjadi seorang abdi negara tahun 2017, ada hal-hal yang harus dipersiapkan.

Yang pertama adalah melengkapi berkas yang telah ditentukan. Biasanya berkas-berkas akan diberikan informasinya pada portal instansi masing-masing yang hendak di tuju. Adapun untuk informasi secara global mengenai pembukaan CPNS dapat di lihat di situs resmi https://sscn.bkn.go.id/.

Namun untuk berkas secara umum dan paling utama yang harus anda siapkan adalah

  1. Ijazah mulai dari SD sampai Pendidikan Akhir yang diselesaikan dan Foto Copy yang harus di legalisir resmi
  2. KTP
  3. Kartu Keluarga
  4. SKCK (khusus untuk mendaftar CPNS)
  5. Surat Kesehatan (Ada instansi yang meminta di awal, ada pula yang meminta pada saat pemberkasan akhir atau setelah diterima)
  6. Surat keterangan bebas narkoba

Setelah berkas semua dilengkapi, langkah selanjutnya adalah memilih instansi yang akan dituju. Mencari instansi adalah hal penting terlebih anda mampu mencari instansi yang sepi peminat untuk meningkatkan peluang anda diterima.

Cara untuk menentukan apakah instansi tersebut sepi atau ramai peminat adalah dengan memperhatikan percakapan disekitar mulai dari media sosial, grup, hingga obrolan sekitar. Jika instansi tersebut sering di obrolkan terkait pembukaan CPNS, maka ada indikasi instansi tersebut menjadi tujuan bagi orang kebanyakan.

Research pula di pencarian media sosial dengan cara mengetikan setiap kementrian atau lembaga di kolom search facebook, instagram, dan twitter. Jika banyak pembicaraan di akun lembaga atau kementrian yag sedang di tuju biasanya sebanding lurus dengan traffick peminat.

Setelah mendapatkan kementrian/ Lembaga/ dinas yang hendak dituju, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan untuk melewati tes awal dan yang paling banyak menggugurkan peserta yaitu tes psikotes atau tes CAT yang masuk dalam SKD (Seleksi kompetensi Dasar).

Soal SKD melalui CAT ini adalah tes yang akan membahas atau mengukur dengan seberapa besar skore yang bisa anda dapatkan dengan ambang batas minimal. Disana akan ada soal yang akan membahas mengenai Wawasan Kebangsaan (TWK), tes Intelegensi Umum (TIU), dan juga tes kepribadian (TKP).

Ilustrasi pengerjaan SKD

Khusus untuk tes TKP trik menjawabnya dapat dilakukan dengan cara menjawab hal-hal yang baik secara umum. Artinya anda sebaiknya menjawab tidak selalu seperti apa yang anda rasakan, namun jawablah sesuai “KEBENARAN UMUM”.

Adapun untuk trik lengkap dapat anda perhatikan tayangan ini –> https://youtu.be/cPWlq-cZ7gQ

Setelah menyaksikan video tersebut maka langkah selanjutnya adalah mempelajari contoh soal berikut ini, yang diambil berdasarkan simulasi tes CAT BKN yang berhasil di himpun oleh TIM Psikoma dan LAUTANPSIKOLOGI.COM

Berikut ini adalah contoh soal tes CPNS CAT

Soal No. 1

Peristiwa di bawah ini yang membuka kemungkinan bagi bangsa Eropa untuk meluaskan kolonialisme di nusantara adalah . . . .

A. jatuhnya Malaka oleh bangsa Portugis pada tahun 1511

B. Penaklukan Banten oleh VOC pada tahun 1602

C. pengambil-alihan kekuasaan Belanda di Indonesia oleh Inggris pada tahun 1814

D. perang antara Mataram dan VOC pada tahun 1645

E. perjanjian antara Mataran dan VOC pada tahun 1678

Soal No. 2

Bendera, bahasa dan lambang Negara, serta lagu kebangsaan diatur dalam UUD 1945 pada :

A. Bab XIV

B. Bab XV

C. Bab XVI

D. Bab XVII

E. Bab XVIII

Soal No. 3

Efek tarif yang menyebabkan terjadinya transfer kesejahteraan dari konsumen dalam negeri ke produsen dalam negeri disebut efek

A. Kuaota

B. Retribusi

C. Redistribusi

D. Penerimaan

E. Protektif

Ket: (menurut UU no. 28 tahun 2009 Retribusi adalah pungutan daerah sebagai pembayaran atas jasa)

Soal No. 4

Panglima Komando Mandala adalah ….

A. Oemar Dhani

B. Yos Soedarso

C. Soeharto

D. Sarwo Edhi Wibowo

E. Gatot Soebroto

Ket: (Satuan komando pada tanggal 02 Januari 1962 stelah operasi trikora, peristiwa pembebasan irian)

Soal No. 5

Pengertian Yurisprudensi di negara-negara Common Law adalah . . . .

A. ilmu hukum

B. putusan pengadilan

C. pendapat para ahli hukum

D. perjanjian antarbangsa

E. hukum perdata

Ket: (Arti dari Common law adalah filsafat hukum)

Soal No. 6
Forum kerukunan umat beragama (FKUB) merupakan implementasi dari sila … Pancasila.

A. Pertama

B. Kedua

C. Ketiga

D. Keempat

E. Kelima

Soal No. 7
Pada awal kemerdekaan hak repudiasi diberlakukan bagi penduduk Indonesia keturunan ….

A. Belanda

B. Jepang

C. Italia

D. Ghana

E. Brasil

Soal No. 8
Tokoh yang termasuk dalam panitia sembilan adalah ….

A. Tan Malaka

B. Haji Agus Salim

C. K.H.Hasyim Ashari

D. M. Natsir

E. Dr.Soepomo

Soal No. 9
Mekanisme dan cara kerja yang membicarakan bagaimana pembagian kekuasaan serta hubungan antar lembaga-lembaga negara yang menjalankan kekuasaan-kekuasaan negara dalam rangka menyelenggarakan kepentingan rakyat disebut

A. sistem politik

B. sistem kenegaraan

C. sistem ketatanegaraan

D. sistem kekuasaan

E. sistem pemerintahan

Ket: (Sistem pemerintahan adalah Suatu tatanan utuh yg terdiri dari berbagai komponen yangn saling bekerja saling bergantung dan mempengaruhi dalam mencapai tujuan dan fungsi pemerintahn)

Soal No. 10

Pemberantasan tindak korupsi di Indonesia saat ini payung hukumnya adalah

A. UU No. 31 Tahun 1999

B. UU No. 20 Tahun 2001

C. UU No. 15 Tahun 2002

D. UU No. 30 Tahun 2002

E. UU No. 7 Tahun 2006

Soal No. 11
Apabila suatu tuntutan ditolak oleh Pengadilan maka dapat dilakukan suatu upaya hukum yang disebut :

A. Banding

B. Kasasi

C. Pra Peradilan

D. Pencabutan tuntutan

E. Peninjauan kembali

Ket: Pengertian dari kasasi adalah (pembatalan putusan pengadilan yang merupakan kewenangan MA)

Tes CPNS 2021 Lengkap

Miliki bukunya dengan melakukan pemesanan DISINI

Soal No. 12

Kerajaan Islam pertama di Indonesia adalah ….

A. Kerajaan Aceh

B. Kerajaan Bulungan

C. Kerajaan Demak

D. Kerajaan Samudra Pasai

E. Kerajaan Ternate

Soal No. 13
Pemberian tugas dari pemerintahan pusat kepada pemerintahan daerah untuk melakukan tugas-tugas tertentu.Merupakan pengertian dari ….

A. Asas akuntabilitas (Setiap penyelenggaraan negara harus dapat dipertanggungjawabkan)

B. Asas otonomi (UU No.23 thn 2014, memperkuat kewenangan pemerintah provinsi sebagai wakil pemerintah pusat di daerah)

C. Asas Tugas Pembantuan

D. Asas Desenteralisasi (Penyerahan kekuasaan pemerintahan oleh pemerintah pusat pada daerah otonom berdasarkan asas otonomi)

E. Asas Dekonsentrasi (pelimpahan wewenang administrasi dari suatu pemerintah pusat kepada pejabat daerah. Pelimpahan hanya sebagai kewenangan adminsitratif saja)

Ket (Asas akuntabilitas adalah setiap penyelenggaraan negara harus dapat dipertanggung jawabkan, Asas otonomi menurut UU No. 23 tahun 2014 adalah memperkuat kewenangan pemerintah provinsi sebagai wakil pemerintah pusat di daerah, Asas Desentralisasi adalah Penyerahan kekuasaan pemerintahan oleh pemerintah pusat pada daerah otonom berdasarkan asas otonomi, Asas Dekonsentrasi adalah pelimpahan wewenang administrasi dari suatu pemerintah pusat kepada pejabat daerah. Pelimpahan hanya sebagai kewenangan adminstratif saja)

Soal No. 14
Negeri ini membutuhkan lebih banyak orang yang bisa berbuat daripada pandai berdebat, bertindak dalam karya daripada hanya protes. Tidak banyak yang menyadari universitas hebat bukan hanya diukur dari jumlah publikasinya, melainkan juga dari jumlah paten dan impak pada komunitasnya. Pendidikan kita masih berkutat di seputar kertas. Kita baru mahir memindahkan pengetahuan dari buku teks ke lembar demi lembar kertas: makalah, karya ilmiah, skripsi, atau tesis. Kita belum menanamkan dalam tindakan pada otot, myelin. Seorang mahasiswa mendapatkan nilai A dalam kelas pemasaran bukan karena dia bisa menerapkan ilmu itu ke dalam hidupnya, minimal memasarkan dirinya, atau memasarkan produk orang lain, melainkan karena ia sudah bisa menulis ulang isi buku ke lembar-lembar kertas ujian.

Pendidikan tinggi sebenarnya bisa dibagi dalam dua kelompok besar, yaitu dasar dan terapan. Pendidikan dasar itulah yang kita kenal sejak di SD yang mencakup matematika, kimia, biologi, fisika, ekonomi, sosiologi, dan psikologi. Terapannya bisa berkembang menjadi ilmu kedokteran, teknik sipil, ilmu komputer, manajemen, desain, perhotelan, dan seterusnya. Kedua ilmu itu sangat dibutuhkan bangsa untuk memajukan peradaban. Namun, investasi untuk membangun ilmu dasar amat besar, membutuhkan tradisi riset dan sumber daya manusia bermutu tinggi. Siapa menguasai ilmu dasar ibaratnya mampu menguasai dunia. Dengan bekal ilmu dasar yang kuat, bangsa yang besar membentuk ilmu terapan. Amerika Serikat, Jerman, dan Inggris adalah negara yang dibangun dengan keduanya. namun, sebagian negara di Eropa dan Asia memilih jalan lebih realitas, yaitu fokus pada studi ilmu terapan. Swiss fokus pada studi ilmu terapan dalam bidang manajemen perhotelan, kuliner dan arloji. Thailand fokus dengan ilmu terapan pariwisata dan pertanian. Jepang fokus dengan elektronika. Singapura fokus dalam industri jasa keuangannya. Tentu terjadi pergulatan besar agar ilmu terapan benar-benar diterapkan. Pada mulanya ilmu terapan dikembangkan di perguruan tinggi untuk mendapat dana riset dan menjembatani teori dengan praktik. Akan tetapi, mindset para ilmuwan tetaplah ilmu dasar yang penekanannya ada pada metodologi dan statistik untuk mencari kebenaran ilmiah yang buntutnya ialah publikasi ilmiah.

Melalui pergulatan besar, program studi terapan berhasil keluar dari perangkap ilmu dasar. Ilmu Komputer keluar dari Fakultas Matematika dan Manajemen menjadi Sekolah Bisnis. Dari lulusan dengan “keterampilan kertas”, mereka masuk pada karya akhir berupa aplikasi, portofolio, mock up, desain, dan laporan pemecahan masalah. Metodologi dipakai, tetapi validitas eksternal (impak dan aplikasi) diutamakan. Hanya pada program doktoral metodologi riset yang kuat diterapkan. Itu pun banyak ilmuwan terapan yang meminjam ilmu dasar atau ilmu terapan lain sehingga terbentuk program multidisiplin seperti arsitektur yang dijodohkan dengan antropologi atau arkeologi, akuntansi dengan ilmu keuangan.

(Sumber:www.kompas.com, disesuaikan seperlunya)

Berdasarkan bacaan di atas, berikut ini adalah fokus ilmu terapan yang dimiliki oleh tiap-tiap negara, kecuali ….
A. Jepang fokus dengan elektronika.

B. Amerika Serikat fokus dengan kedokteran

C. Singapura fokus dengan industri jasa keuangan.

D. Thailand fokus dengan ilmu terapan pariwisata dan pertanian

E. Swiss fokus dengan manajemen perhotelan, kuliner dan arloji.

Soal No. 15
Undang – undang yang mengatur tentang kementerian negara adalah ….

A. UU No.38 tahun 2008

B. UU No.39 tahun 2008

C. UU No.40 tahun 2008

D. UU No.41 tahun 2008

E. UU No.42 tahun 2008

Ket:

UU No.38 tahun 2008 membahas mengenai pengesahan charter of the association of southeast asian nation

UU No. 39 tahun 2008 berisi tentang kedudukan, tusi, susunan organisasi, dan pemebentukan

UU No. 40 Tahun 2008 berisi tentang penghapusan diskriminasi ras dan etnis, setiap warga bersama kedudukannya di dalam hukum dan berhak atas perlindungan terhadap setiap bentuk diskrimnasi ras dan etnis

UU No. 41 tahun 2008 membahas mengenai Anggaran pendapatan dan belanja negara

UU No 42 tahun 2008 mengatur pemilu presiden dan wakil presiden yang dilaksanakan secara efektif dan efisien berdasarkan asas langsung umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil

Soal No. 16
Secara singkat dapat disebutkan bahwa ASEAN berdiri karena adanya persamaan nasib dijajah oleh bangsa Barat dan Jepang
satu-satunya negara ASEAN yang tidak pernah dijajah adalah ….
A. Malaysia

B. Filipina

C. Brunei darussalam

D. Thailand

E. Vietnam

Soal No. 17
Lembaga negara yang dihapuskan setelah amandemen UUD 1945 adalah ….

A. Komisi Yudisial

B. DPA

C. DPR

D. Mahkamah Agung

E. DPD

Soal No. 18
Nama besar Bacharuddin Jusuf Habiebie di dunia teknologi (Khususnya kedirgantaraan) sudah tidak bisa diragukan lagi, baik di dalam maupun di luar negeri. Maklum, rekam jejak Presiden RI ketiga ini di teknologi dirgantara mendapatkan apresiaasi yang sangat besar di dunia internasional. Wajar jika sosok yang juga dikenal sebagai “Manusia Multidimensional” pernah dianugerahi medali penghargaan Theodore van Karman. Sebuah anugerah bergengsi di tingkat internasional tempat berkumpulnya pakar-pakar terkemuka konstruksi pesawat terbang.

Nama Habibie begitu dikenal di Jerman sebelum kembali ke Indonesia dan mempunyai peran besar dalam membangun Industri Pesawat Terbang Nasional (IPTN) di masa keemasannya. Kini, IPTN yang bernama PT Dirgantara Indonesia (PTDI) seakan nyaris tak terdengar kehebatannya. di Industri dirgantara dunia, Habibie dikenal sebagai Mr Crack, karena keahliannya menghitung crack propagation on random sampai ke atom-atom pesawat terbang. Tak heran di dunia pesawat terbang, beberapa rumusan teori Habibie dikenal dengan sebutan “Habibie Factor”, “Habibie Theorem”, dan “Habibie Method”.

Karena sumbangsih Habibie, para insinyur dan produsen pesawat bisa mendeteksi retakan (crack) sejak dini dengan penentuan titik crack. Sebelum titik crack ditemukan, para insinyaur mengantisipasi kemungkinan muncul keretakan konstruksi dengan cara meninggikan faktor keselamatan (SF). Habibie Factor berperan besar dalam pengembangan teknologi penggabungan bagian per bagian kerangka pesawat. Dengan begitu, sambungan badan pesawat yang silinder dengan sisi sayap yang oval mampu menahan tekanan udara saat tubuh pesawat lepas landas.

Begitu juga pada sambungan badan pesawat dengan landing gear jauh lebih kokoh, sehingga mampu menahan beban saat pesawat mendarat. Faktor mesin jet yang menjadi penambah potensi fatique menjadi turun. Sejumlah teori Habibie di bidang kedirgantaraan menjadi satu bukti bahwa dirinya adalah ilmuwan dirgantara yang berjasa dalam pengembangan dan desain pesawat.

Karena itu, pada peringatan tahun Emas (GoldenJubilee) berdirinya Organisasi Penerbangan Sipil bentukan PBB (The International Civil Aviation/ICAO) di Montreal, Kanada, pada 7 desember 1994, Habibie dianugerahi medali Edward Warner Award yang diberikan oleh Sekretaris Jenderal ICAO Philippe Rochant yang didampingi Sekretaris Jenderal PBB saat itu Boutros Ghali. Dalam Pidatonya Habibie menegaskan bahwa kualitas SDM Indonesia sama dengan kualitas SDM Amerika, Eropa, Jepang, dan China.

Sosok yang menjabat Menteri Negara Riset dan Teknologi selama 20 tahun itu (1978 – 1998) pernah berkarir di Messerchmitt-Bolkow-Blohm (MBB), perusahaan penerbangan yang berpusat di Hamburg, Jerman. Di perusahaan ini Habibie pernah menduduki posisi wakil presiden bidang teknologi. Pria kelahiran Pare-Pare, Sulawesi Selatan 25 Juni 1936 ini menjadi satu-satunya orang Asia yang berhasil menduduki jabatan nomor dua di perusahaan pesawat terbang Jerman itu.

Pada 1974, saat berusia 38 tahun, pria yang menghabiskan 10 tahun menyelesaikan studi S-1 hingga S-3 di Aachen-Jerman ini kembali ke Indonesia atas permintaan mantan Presiden Soeharto. Saat mengembangkan industri dirgantara nasional, Habibie menciptakan N-250 yang terbilang perdana (first flight) pada 1995 dan mendapatkan pengakuan dunia internasional. Sayangnya, setelah krisis multidimensi melanda Indonesia pada 1998, pengembangan pesawat N-250 mati suri.

Saat krisis suntikan dana proyek pesawat Gatotkaca N-250 besutan PTDI dihentikan atas rekomendasi International Monetary Fund (IMF). Sejak itu, industri dirgantara Indonesia tiarap. Padahal, saat pesawat N-250 diluncurkan pertama kali pada 10 Agustus 1995 silam, hal itu menjadi penanda dimulainya kejayaanindustri pesawat terbang di Tanah Air. saat itu IPTN menjadi satu-satunya produsen pesawat terbang yang berada di ASEAN. Pesawat terbang, kapal laut, kereta api pernah dirancang dan dibangun dalam euforia reformasi telah dihentikan pembinaannya atau bahkan sedang dalam proses penutupan.

Maka, pada 2012 silam, pria kelahiran Pare-pare, Sulawesi Selatan, 25 juni 1936, ini tergugah untuk menghidupkan kembali pengembangan N-250 sebagai bentuk optimisme baru bagi bangkitnya industri dirgantara bautan anak bangsa. Rencananya, pessawat regional komuter turbopropitu akan di desain ulang. Gagasan tersebut tercetus karena mantan Menteri Negara Riset dan teknologi di era Presiden Soeharto ini prihatin menyaksikan PTDI mangkrak setelah krisis 1998.

Padahal, kemampuan anak bangsa menciptakan pesawat terbang bukan isapan jempol belaka. “Banyak pesawat yang harusnya dalam perakitan di hanggar PTDI, tapi faktanya terkesan mangkrak. Perusahaan negara pembuat pesawat ini sunyi, tak banyak aktivitas meski hari kerja,” kata Habibie pada acara Hari Kebangkitan teknologi Nasional (Harteknas) di Gedung Sate Bandung, Agustus 2012 silam.
(Sumber: Koran Sindo, 13 Januari 2014, disesuaikan seperlunya)
Pernyataan yang tidak sesuai dengan bacaan di atas adalah . . . .

A. Pesawat N-250 merupakan satu jenis pesawat yang diproduksi oleh PT Dirgantara Indonesia.

B. Organisasi PBB yang menangani terkait masalah penerbangan sipil adalah ICAO.

C. Habibie Theorem adalaha salah satu rumusan yang dihasilkan oleh Habibie.

D. Penerbangan perdana pesawat N-250 pada tahun 1995

E. Habibie pernah menabjabat sebagai menteri pada Kabinet Indonesia Bersatu

Soal No. 19
Garis hitam tebal yang terdapat di tengah – tengah perisai pada Garuda Pancasila melukiskan ….

A. Bujur Timur

B. Bujur Barat

C. Lintang Utara

D. Khatulistiwa

E. Lintang Selatan

Soal No. 20
Setelah mengalami defisit pada Januari 2014 lalu, neraca perdagangan pada Februari 2014 diperkirakan berpotensi surplus. Potensi surplus didasarkan pada kemungkinan membaiknya ekspor seiring meredanya dampak larangan ekspor mineral. Deputi Bidang Statistik Distribusi dan jasa Badan Pusat Statistik (BPS) Sasmito Hadi Wibowo menyampaikan, kondisi neraca perdagangan Februari 2014 tidak akan seburuk pada Januari 2014, saat defisit tercatat sebesar USD430,6 juta. Karena itu, kemungkinan neraca perdagangan surplus pun ada. Pernyataan Sasmito tersebut sejalan dengan proyeksi Bank Indonesia (BI) yang memperkirakan neraca perdagangan Februari 2014 surplus sekitar USD700 juta. Kendati demikian, Sasmito mengatakan bahwa BPS belum bisa memberikan besaran surplus pada Februari 2014.

Sebagai informasi, pemerintah melarang sepenuhnya ekspor mineral mentah per 12 Januari 2014. Larangan tersebut membuat nilai ekspor hanya tercatat USD14,48 miliar. Angka tersebut turun 5,79% dibandingkan Januari 2013. Pelemahan ekspor utamanya didorong oleh penurunan ekspor mineral mentah. Pada Januari 2014 ekspor mineral mentah yang masuk dalam kelompok bijih, kerak, dan abu logam hanya menembus USD291,8 juta, turun 70,12% dibandingkan Desember 2013 (USD977 juta). Dibandingkan Januari 2013, ekspor mineral mentah turun 34,8%. Sebelumnya BI menilai neraca perdagangan yang pada Januari 2014 mencatat defisit memang lebih dipengaruhi pola musiman yang menurunkan ekspor komoditas nonmigas utama dan dampak penerapan UU Minerba.

Sementara itu, ekspor manufaktur seperti mesin dan mekanik, produk kimia, dan produk dari logam pada Januari 2014 tumbuh cukup tinggi. Ke depan BI memperkirakan neraca perdagangan akan kembali mencatat surplus, bersumber dari membaiknya ekspor yang didorong oleh naiknya permintaan dari negara mitra dagang, serta terkendalinya impor sejalan dengan moderasi permintaan domestik. Sasmito meyakini bahwa nilai ekspor maupun impor Februari 2014 akan mengalami penurunan dibandingkan dengan Januari 2014 karena jumlah hari yang terdapat pada bulan Feburari lebih sedikit dibandingkan bulan Januari. Selain itu, penurunan ekonomi China juga berpengaruh terhadap permintaan ekspor. Namun, nilai tukar rupiah yang terus melemah bisa mendukung nilai ekspor Indonesia. Sebaliknya, nilai impor bisa tertekan karena importir harus mengeluarkan biaya lebih besar. Diharapkan BI dapat mengendalikannya dengan nilai valas. BI menyatakan bahwa secara rata-rata, nilai tukar rupiah pada Februari 2014 adalah sebesar Rp11.919 per dolar AS, menguat 2,02% dibandingkan dengan rata-rata rupiah per Januari 2014 sebesar Rp12.160 per dolar AS. Terlepas dari itu, BI menjanjikan tetap konsisten menjaga stabilitas nilai tukar rupiah sesuai dengan nilai fundamentalnya dan didukung berbagai upaya untuk meningkatkan pendalaman pasar valas.

Sementara itu, Deputi Bidang Statistik Produksi BPS Adi Lumaksono mengatakan, bahwa ekspor otomotif kemungkinan menguat menyusul keputusan pabrikan mobil menjadikan Indonesia sebagai basis ekspor. Sebagai informasi, sejumlah pabrikan mobil mulai meningkatkan ekspornya. Toyota Vios, misalnya sudah mulai mengekspor produknya ke Timur Tengah yang meliputi Bahrain, Kuwait, Oman, Qatar, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Yordania, Lebanon, dan Yaman. Adi menambahkan bahwa Indonesia adalah bagian dari negara yang memang merupakan basis ekspor sehingga potensi ekspornya dapat lebih besar. Indonesia juga memiliki sejumlah keunggulan sebagai basis ekspor dan tidak kalah dibandingkan negara lain yang menjadi basis ekspor, seperti Thailand. Namun, Indonesia harus mampu memperbaiki sejumlah persoalan, seperti iklim investasi dan birokrasi karena jika dibandingkan dengan Thailand, kita juga mempunyai sumber daya manusia yang terampil.

(Sumber: Koran-Sindo.com, disesuaikan seperlunya)


Kondisi negatif yang berhubungan dengan perdagangan Indonesia adalah ….

A. meningkatnya permintaan negara mitra dagang yang membuat kegiatan ekspor semakin membaik

B. adanya dukungan nilai ekspor Indonesia yang salah satunya akibat dari nilai rupiah yang terus melemah

C. adanya sejumlah pabrikan mobil yang meningkatkan produksinya untuk keperluan ekspor

D. adanya dampak larangan ekspor mineral yang mulai mereka memasuki Februari 2014

E. terdapatnya sejumlah persoalan terkait iklim investasi dan birokrasi

Soal No. 21
Larangan sementara terhadap orang untuk keluar dari Wilayah Indonesia berdasarkan alasan Keimigrasian atau alasan lain yang ditentukan oleh undang-undang. Merupakan pengertian dari ….

A. Penangkapan

B. Pencegahan

C. Penindakan

D. Penangkalan

E. Pengkerdilan

Soal No. 22
Asas lus Soli merupakan asas yang digunakan suatu negara untuk menentukan kewarganegaraan seseorang berdasarkan ….

A. sejarah hidupnya

B. tempat kelahirannya

C. asal-usul kejadiannya

D. asal-usul keturunannya

E. agama yang dianutnya

Soal No. 23
Perkembangan Revolusi Industri di Inggris menyebabkan timbulnya ajaran-ajaran baru dalam bidang ekonomi yang menganut prinsip

A. semua kegiatan ekonomi dikendalikan oleh pemerintah

B. setiap orang bebas berdagang, bersaing, dan berusaha

C. pemerintah mengkoordinir para pemilik modal

D. hanya kaum bangsawan yang berhak membuka pabrik

E. pemerintah memberikan bantuan kepada pengusaha lemah

Soal No. 24
Bentuk pemerintahan yang diorganisasikan berdasarkan prinsip-prinsip kedaulatan rakyat, persamaan politik, konsultasi kepada rakyat dan pemerintahan mayoritas, adalah …

A. Demokrasi

B. Otoriter (penekanan kekuasaan)

C. Totaliter (Sistem pemerintahan non-demokratis yang mengendalikan lewat ideology)

D. Diktator (Pemerintahan yang menindas rakyatnya menggunakan kekerasan)

E. Fasisme (prinsip kepemimpinan otoritas mutlak/radikal nasinalis)

Soal No. 25
Organisasi internasional yang bertujuan untuk mengukuhkan pertumbuhan ekonomi dan mempererat hubungan negara-negara di Asia-Pasifik adalah . . . .

A. APEC

B. OPEC (Negara pengekspor minyak)

C. ASEAN

D. AFF

E. Perbara (Istilah lain dari Asean)

Soal No. 26
Setelah mengalami amandemen UUD 1945, maka MPR merupakan lembaga Bikameral (sistem dua kamar) yang terdiri dari

A. DPR, DPD dan Presiden

B. MPR dan DPR

C. DPD dan Presiden

D. MA dan MK

E. DPR dan DPD

Soal No. 27
Pemerintahan Darurat Republik Indonesia dipimpin oleh ….

A. Soekarno

B. Mr.Assaat

C. Muhammad Hatta

D. Sjafruddin Prawiranegara

E. Sutan Sjahrir

Soal No. 28
Berdasarkan Undang – undang No.12 Tahun 2011 kedudukan TAP MPR adalah ….

A. Dibawah Undang ? undang

B. Diatas Perda Kota

C. Diatas Undang ? Undang

D. Diatas PP

E. Dibawah Perda Provinsi

Soal No. 29
Adanya penejlasan yang menyatakan bahwa kata “dapat” sebelum frasa “merugikan Keuangan Negara”, kemudian mengualifikasikan sebagai delik formil sehingga adanya kerugian Negara atau perekonomian negara tidak merupakan akibat yang harus nyata terjadi. Mahkamah berpendapat bahwa unsur kerugian negara harus dibuktikan dan harus dihitung, meskipun sebagai perkiraan atau meskipun belum terjadi. Kesimpulan demikian harus ditentukan oleh seorang ahli di bidangnya.

Faktor kerugian, baik secara nyata atau berupa kemungkinan, dilihat sebagai hal yang memberatkan atau meringankan dalam penjatuhan pidana, sebagaimana diuraikan dalam penjelasan Pasal 4 UU PTPK, bahwa pengembalian kerugian negara hanya dapat dipandang sebagai faktor yang meringankan. Oleh karenanya persoalan kata “dapat” dalam Pasal 2 ayat (1) UU PTPK, lebih merupakan persoalan pelaksanaan dalam praktik oleh Hakim atau aparat penegak hukum lainnya, dan bukan menyangkut konstitusionalitas norma. Dengan demikian, Mahkamah berpendapat bahwa frasa “dapat merugikan Keuangan Negara atau dimaksudkan oleh Pasal 28D ayat (1) UUD 1945, sepanjang ditafsirkan sesuai dengan tafsiran Mahkamah di atas (conditionally constitutional).

Karena itu, kata “dapat” sebagaimana uraian pertimbangan MK yang dikemukakan di atas, tidak dianggap bertentangan dengan UUD 1945 dan justru diperlukan dalam rangka penanggulangan tindak pidana korupsi, maka permohonan pemohon tentang hal itu tidak beralasan dan tidak dapat dikabulkan. Dan pertimbangn hukum dalam putusan MK tersebut, dapat pula diketahui bahwa untuk dapat dinyatakan bersalah telah melakukan tidnak pidana korupsi seperti yang ditentukan dalam Pasal 2 ayat (1) UU PTPK, Keuangan Negara atau Perekonomian Negaratidak perlu benar-benar telah menderita kerugian.
(Sumber: Jurnal Konstitusi volume 7 nomor 3 Juni 2010, Tafsir Hakim terhadap Unsur Melawan Hukum Pasca Putusan MK Atas Pengujian UU PTPK, Abdul Latif disesuaikan seperlunya)
Istilah mengualifikasikan pada bacaan di atas berlawanan dengan ….

A. menggolongkan

B. menggabungkan

C. memisahkan

D. memproses

E. mendata

Soal No. 30
Pasal 1 UUD 1945 sebelum diamandemen hanya memiliki ….

A. 1 Pasal dan 1 ayat

B. 1 Pasal dan 2 Ayat

C. 1 Pasal dan 3 Ayat (Setelah diamandemen)

D. 2 Pasal dan 1 Ayat

E. 2 Pasal dan 2 Ayat

Soal No. 31
9 3 3 24 1 96 1/3 192 1/9 ….

A. 384

B. 324

C. 272

D. 216

E. 192

Soal No. 32
Semua penonton wayang orang membeli karcis.
Wayang orang dimainkan pada hari Sabtu dan Minggu.
Pada hari Sabtu Budi menonton wayang orang.
A. Budi membeli karcis untuk menonton wayang orang pada hari Sabtu.

B. Budi bukan pemain wayang orang.

C. Budi menonton wayang orang tanpa membeli karcis pada hari Sabtu.

D. Pada hari Sabtu Budi membeli karcis untuk menonton wayang orang pada hari Minggu.

E. Budi tidak menonton wayang orang pada hari Minggu.

Soal No. 33
Suku kedua suatu deret aritmatika adalah 5 dan jumlah suku ke-4 dan ke-6 adalah 28, maka suku ke-9 adalah …

A. 26 (dicari dahulu a, dan b melalui persamaan menggunakan barisan aritmatika)

B. 24

C. 21

D. 19

E. 16

Soal No. 34
Bebal >< …

A. Jenius

B. Pandir

C. Mempan

D. Bodoh

E. Pintar

Soal No. 35
Jika Inah mempunyai buku maka ia akan membacanya. Inah tidak membaca atau Inah pandai.

A. Inah mempunyai buku dan Inah pandai

B. Inah mempunyai buku atau Inah pandai

C. Jika Inah pandai maka Inah membaca buku

D. Jika Inah mempunyai buku maka Inah pandai

E. Inah mempunyai buku dan Inah membacanya

Soal No. 36
Jika diketahui 1/a = 2,5 maka 1/(2-a) = …..

A. 8/5

B. 7/5

C. 7/9

D. 5/9

E. 5/8

Soal No. 37
ATMA(Jiwa, Nyawa, Roh) = ….

A. Sukma

B. Lestari

C. Waktu

D. Raga

E. Mati

Soal No. 38
Z, W, S, N, H, ….

A. E

B. D

C. C

D. B

E. A

CONTOH SOAL PSIKOTES LENGKAP TES CPNS VERSI CAT

Soal No. 39
Suku kedua suatu deret aritmatika adalah 5 dan jumlah suku ke-4 dan ke-6 adalah 28, maka suku pertama dari deret tersebut adalah …

A. 1

B. 2

C. C.????? 3

D. 4

E. 5

Soal No. 41
Rumah Makan Tegal buka dari pukul 10.00 s.d. 22.00. Rumah Makan Tegal memberlakukan diskon yang berbeda pada pukul 10.00-13.00, 13.00-16.00, 16.00-19.00, dan 19.00-22.00. Diskon juga berlaku berbeda pada periode Senin s.d. Rabu, Kamis s.d. Sabtu, dan Minggu. Besaran diskonnya adalah 10%, 15%, 20%, dan 25%, yang masing-masing berlaku 1×1 periode. Ketentuannya adalah sebagai berikut :

-diskon terbesar untuk pukul 19.00-22.00 diberlakukan pada periode Minggu;

-pada periode Kamis s.d. Sabtu, diskon untuk pukul 10.00-13.00 lebih besar daripada diskon untuk pukul 16.00-19.00;

diskon pada periode Senin s.d. Rabu pukul 16.00-19.00, kamis s.d. Sabtu pukul 13.00-16.00, dan Minggu pukul 10.00-13.00 ditetapkan 10%;

mengingat pukul 13.00-16.00 pada periode Senin s.d. Rabu adalah waktu yang sepi pengunjung, maka pada jam itu diberlakukan diskon tertinggi dari besaran yang ada;

tidak ada tarif diskon yang sama untuk jam yang sama di antara ketiga periode tersebut.


Bila pada pukul 10.00-13.00 periode Senin s.d. Rabu diberlakukan diskon 15%, pernyataan berikut yang benar adalah ….

A. Periode Kamis s.d. Sabtu pukul 16.00-19.00 diberlakukan diskon 15%.

B. Periode Kamis s.d. Sabtu pukul 10.00-13.00 diberlakukan diskon 15%.

C. Periode Senin s.d. Rabu pukul 19.00-22.00 diberlakukan diskon 15%.

D. Periode Minggu pukul 13.00-16.00 diberlakukan diskon 15%.

E. Periode Minggu pukul 16.00-19.00 diberlakukan diskon 15%.

Soal No. 41
Jari-jari alas suatu kerucut 7 cm dan tingginya 24 cm. Berapa selisih antara luas selimut kerucut dan luas alas kerucut adalah ………..

A. 376 cm2

B. 386 cm2

C. 396 cm2

D. 406 cm2

E. 416 cm2

Soal No. 42
Antipati >< …

A. Bertahan hidup

B. Simpati

C. Lekas mati

D. Setuju

E. Melawan

Soal No. 43
24, 12, 6, 8, 4, …

A. 4, 2

B. 4, 4

C. 2, 1

D. 2, 4

E. 2, 6

Soal No. 44
KUNYIT : KUNING = KESUMBA : . . . .

A. Hitam

B. Hijau

C. Merah

D. Biru

E. Jingga

Soal No. 45
EPISTAKSIS = ….

A. Musibah

B. Mules

C. Mimisan

D. Muntah

E. Muntaber

Soal No. 46
Dalam rangka menyemarakkan hari jadi kota Langka diadakan lomba lari. Ani, Budi, Cintia, Dadang, Ema, dan Farhan adalah peserta lomba tersebut. Dadang lebih cepat daripada Ema. Farhan tidak lebih cepat daripada Cintia, namun ia lebih cepat jika dibandingkan dengan Budi. Ema memiliki kecepatan yang hampir setara dengan Ani sehingga Ani selalu berada tepat di belakang Ema.

Setelah lomba selesai semua peserta diberi label nomor 1 hingga 6 yang menandakan bahwa nomor 1 adalah yang tercepat dan sebaliknya. Tidak ada anak yang kecepatan larinya sama.

Cintia tidak dapat berada pada nomor …
A. satu

B. tiga

C. dua

D. lima

E. empat

Soal No. 47
123, 147, 223, 171, ….

A. 323, 195

B. 323, 205

C. 333, 205

D. 346, 194

E. 343, 215

Soal No. 48
Sebuah kelompok siswa yang terdiri dari enam orang siswa yaitu A, B, C, D, E, F. Siswa C selalu ingin dekat dengan B tetapi tidak ingin dekat dengan D. Siswa F selalu ingin dekat dengan B dan D. Siswa A selalu ingin berada dipaling depan. Kemungkinan urutan :

A. A, B, C, D, E, F

B. A, B, C, F, D, E

C. A, B, C, F, E, D

D. A, C, B, D, F, E

E. A, C, B, F, D, E

Soal No. 49
Jika diketahui a = 26/99+29/61+14/76+23/87 maka a = ….

A. 1,1866

B. 1,0866

C. 0,9166

D. 0,8166

E. 0,5166

Soal No. 50
Jika 50 pegawai magang dapat menyelesaikan suatu pekerjaan selama 4 jam dan 30 pegawai tetap dapat menyelesaikannya selama 4 1/2 jam, maka berapa bagian pekerjaan yang dapat diselesaikan oleh 10 orang pegawai magang dan 15 orang pegawai tetap selama 1 jam ?

A. 1/9 bagian

B. 29/180 bagian

C. 26/143 bagian

D. 1/5 bagian

E. 39/121 bagian

Soal No. 51
1) Dia pergi dengan diam-diam
2) Dengan pisau dikupasnya mangga itu
3) Karena dia tidak datang, kami segera berangkat
4) Karena dia tidak, kami pun segera berangkat
Di antara kalimat-kalimat di atas, yang termasuk kalimat bertekanan adalah?
A. 1,2,3

B. 1 dan 3

C. 2 dan 4

D. 4

Soal No. 52
Lambang bilangan romawi untuk 49 adalah

E. 1,2,3,4

A. XLVII

B. XLXI

C. XXXXIX

D. XLIX

E. IL

Soal-soal di atas adalah salah satu ciri model soal yang bisa anda pelajari untuk mempersiapkan tes CPNS yang sebentar lagi dilaksanakan. Adapun untuk mempelajari soal yang lebih lengkap untuk menunjang keberhasilan anda lolos Tes CPNS anda dapat memiliki buku bang soal lengkap CPNS di bawah ini

Pandan Sukses Lolo Tes CPNS
Panduan Seleksi Tes CPNS PPK CAT 2020/2021

Untuk melakukan pemesanan, anda dapat melalui

KLIK DISINI

Apapun yang anda lakukan dengan usaha yang maksimal disempurnakan dengan doa, maka pintu langit pun akan bergetar untuk mengabulkan keinginan dan cita-cit Anda. Semoga berhasil.

Untuk refrensi pembahasan soal lain mengenai tes CPNS, anda bisa mempelajari beriut ini

CONTOH SOAL PSIKOTES LENGKAP TES CPNS VERSI CAT