Travelling, Salah Satu Cara Menghilangkan Stress Yang Efektif

Travelling, Salah Satu Cara Menghilangkan Stress Yang Efektif

Posted on

Travelling, Salah Satu Cara Menghilangkan Stress Yang EfektifBagi anda yang sudah lelah dengan aktivitas anda sehari-hari, pastinya membutuhkan suatu cara menghilangkan stress yang efektif bukan? Ada banyak sekali cara menghilangkan stress yang bisa anda lakukan. salah satunya adalah melakukan yang namanya travelling.  Ya traveilling ke suatu tempat baru atau ke tempat yang menjadi favorit anda untuk di singgahi.

Travelling merupakan salah satu cara menghilangkan stress yang efektif, karena travelling dapat membantu anda melepaskan rasa penat dan juga tertekan di dalam pikiran anda, sehingga pikiran anda menjadi lebih segar dan akhirnya stress yang anda miliki pun bisa lepas seiring dengan rasa puas dan senang yang anda peroleh selama melakukan travelling.

Bagaimana Menyusun Rencana Traveling Sebagai Cara Menghilangkan Stress?

Sebelum anda ingin membuat travelling anda menjadi hal yang bermanfaat dan dapat  menjadi cara menghilangkan stress anda, maka anda bisa menyiapkan dan menyusun rencana-rencana untuk melancarkan travelling anda. berikut ini adalah tips-tips nya yang bisa anda lakukan:

  1. Carilah destinasi travelling yang menarik dan sesuai dengan passion anda

Cara menghilangkan stress yang pertama adalah mencari destinasi traveling sesuai dengan passion. Berbeda orang, berbeda pula passion di bidang travelling. Ada orang yang senang dengan pantai, air terjun, pegunungan, kebudayaan lokal, kuliner, atau bahkan wisata belanja. Sesuaikan apa yang menjadi passion dan hasrat anda dalam travelling. Apabila anda malas naik gunung, ya janganlah anda merencanakan travelling untuk naik gunung.

Dengan travelling sesuai dengan passion yang kita miliki, maka hal tersebut akan dapat memiliki 2 fungsi yang bermanfaat yaitu; menyalurkan hobi, dan juga menghilangkan stress dari kepenatan beraktivitas sehari-hari. Travelling sesuai passion juga membuat diri kita kembali bersemangat setelah sehari – hari kita disibukkan dalam menjalani rutinitas pekerjaan yang monoton dan itu – itu saja.

  1. Pilih lokasi yang paling mudah dijangkau

Cara menghilangkan stress yang kedua adalah memilih lokasi traveling yang mudah untuk I jangkau. Lokasi yang terjangkau bukan berarti destinasi wisata harus dekat dan tidak boleh jauh-jauh. Maksudnya adalah, destinasi yang anda tuju untuk melepaskan stress anda haruslah mudah dijangkau, dari segi jarak, biaya, dan juga waktu. Apabila anda hanya memiliki waktu liburan 3 hari, janganlah merencanakan liburan ke luar negeri yang jauh, karena ini tidak akan efektif dan sangat tidak terjangkau.

Selain itu dengan memilih lokasi yang mudah di jangkau aspek pembiayaan pun lebih hemat. Sehingga uang yang di hemat dapat di alokasikan pada hal – hal lain yang sifatnya lebih urgen atau lebih bermanfaat. Anda juga dapat mengalokasikan keuangan anda untuk membangun usaha yang baru atau sampingan. Toh itung – itung melakukan investasi masa depan. Terlebih bagi anda yang belum menikah, menghemat adalah langkah paling afdol untuk mengumpulkan biaya pernikahan.

  1. Tidak pusing harus mengajak siapa

Cara menghilangkan stress yang ketiga adalah anda tidak perlu pusing memikirkan siapa yang akan anda ajak saat travelling. Ingatlah bahwa Ini adalah travelling anda. tidak usah pusing harus mengajak siapa untuk ikut. Fokuslah pada tujuan anda untuk menghilangkan stress yang anda alami. Sendiri pun bisa anda jalani. Apabila anda ingin traveling dan menghilangkan stress, namun masih memikirkan siapa yang akan diajak, malahan anda tidak akan jadi pergi, dan pastinya stress anda tidak akan hilang.

Manfaat anda travelling sendiri pun banyak, di antaranya adalah menghemat pengeluaran saat anda travelling. Tentu anda tidak ingin saat selesai travelling anda mendadak gulung tikar kantong anda bukan? So langsung saja travelling selama waktu dan dana mencukupi.

  1. Tidak harus pergi jauh

Cara menghilangkan stress yang terakhir dalam traveling adalah tidak perlu pergi terlalu jauh. Traveling tidak berarti harus pergi ke luar kota atau luar negeri, atau ke destinasi yang tidak ada di kota tempat tinggal anda. Anda bisa kok travelling di kota anda sendiri. Telusuri saja bagian-bagian kota anda yang jarang anda kunjungi atau datangi. Ini juga bisa dimasukkan ke dalam kategori travelling kok. Atau hanya sekedar berjalan-jalan keliling kota, menikmati indahnya taman kota, dan sebagainya.

Travelling, Salah Satu Cara Menghilangkan Stress Yang Efektif

Jangan meremehkan di sekitar loh guys. Karena sebenarnya banyak sekali destinasi travelling di sekitar kita yang sebenarnya adalah destinasi menarik, namun belum kita ketahui keberadaannya. Bisa saja, daerah jauh yang ingin anda kunjungi tersebut, tak lebih baik daripada destinasi travelling di dekat lokasi tempat tinggal anda.

Selain keempat manfaat di atas travelling memang selalu menyajikan kisah unik dan bermanfaat di setiap perjalanannya. Terkadang kita menemukan hal – hal baru ketika sedang travelling. Di antaranya adalah “tiba – tiba” menemukan inspirasi dalam menyelesaikan tugas dan permasalahan di kantor maupun sekolah. Atau bisa saja saat anda travelling, anda menemukan pasangan baru yang berpotensi menjadi teman anda di masa depan. Ciyeeeee, yang lagi kasmaran.

Cara menghilangkan stress memang beragam, baik itu sekedar melakukan meditasi, relaksasi, istirahat sejenak, mendengarkan musik dan lain sebagainya. Namun cara menghilangkan stress dengan travelling adalah salah satu cara yang paling dianjurkan untuk menghilangkan stress. Dengan melakukan travelling pun kita tak hanya dapat merasakan manfaat dari sana, namun dengan travelling pula secara tidak langsung kita berbagi rezeki pada orang – orang yang jasanya kita gunakan selama traveling. Misalnya saja agent travel, bakul cemilan di pinggir jalan, pedagang nasi uduk, dan lain sebagainya.

Ada beberapa destinasi wisata di indonesia yang wajib anda kunjungi untuk travelling. Jadi tidak perlu jauh – jauh ke luar negeri bukan?

Misalnya saja destinasi paling terkenal di indonesia yaitu pulau Bali, selanjutnya di daerah Lombok, pulau derawan di Berau Kalimantan Timur, raja ampat di papua, dan di bunaken. Beberapa destinasi tersebut meskipun ada di dalam negeri namun memiliki reputasi internasional yang sangat baik loh guys, bangga jadi orang indonesia.

Nah, itu adalah 4 hal yang bisa anda lakukan sebagai cara menghilangkan stress dengan cara melakukan travelling. Jadi, tunggu apalagi? Segeralah rencanakan travelling anda untuk menghilangkan stress anda. jangan tunggu sampai anda menjadi depresi. Selamat travelling. By:Eduardus Pambudi