Tips Menjadi Remaja Yang Percaya Diri Di Manapun

Tips Menjadi Remaja Yang Percaya Diri Di Manapun

October 20, 2016 Off By admin

Tips Menjadi Remaja Yang Percaya Diri Di ManapunRasa percaya diri seseorang memanglah memiliki kadar yang berbeda-beda. Beberapa orang merasa sangat percaya diri, namun tidak jarang pula banyak yang kurang percaya diri. Rasa kurang percaya diri membuat mereka merasa kesulitan jika harus tampil di depan banyak orang. Bahkan, mereka ragu melangkah untuk mencapai tujuannya. Percaya diri merupakan sikap positif yang dimiliki setiap orang untuk dapat membawa dirinya melakukan suatu hal tanpa rasa takut, rasa ragu, atau hal-hal yang mengganggu perasaannya ketika melakukan sesuatu. Oleh sebab itu penting sekali untuk menjadi remaja yang percaya diri.

Tips Menjadi Remaja Yang Percaya Diri

Percaya diri membawa banyak sekali  manfaat untuk para remaja. Hal itu akan menumbuhkan semangat dalam menjalani kehidupan dan mampu membangun pola pikir positif, kemandirian, prestasi, rasa optimis, dan kreatif. Namun, apa yang harus dilakukan jika ternyata Anda adalah remaja yang kurang percaya diri? Berikut ada tiga tips yang bisa Anda coba praktikan. Semoga bermanfaat.

  1. Adil

Tips menjadi remaja yang percaya diri yang pertama adalah berusaha untuk adil. Cobalah untuk bersikap adil pada diri sendiri. Biarkan diri Anda mendapatkan hak-hak yang harus didapatkan seperti merawat diri, membuat diri tampil bersih dan rapi, atau memperlakukan diri dengan baik, bukan dengan seenaknya sendiri.

Tidak jarang kita melihat remaja yang merokok dan minum minuman beralkohol atau melihat remaja yang memakai baju tidak sopan. Hal tersebut adalah contoh tidak adilnya pada diri sendiri.

Dengan minum minuman beralkohol, berarti mereka sedang menabung penyakit pada dirinya sendiri. Ketika mereka memakai baju yang kurang sopan, hasilnya mereka akan digoda oleh orang-orang yang kurang bertanggung jawab. Cobalah untuk bersikap dan berpikir dengan melihat kembali pada diri sendiri. Sudahkah Anda bersikap adil dengan diri sendiri?

Dengan bersikap adil, Anda akan membawa diri pada sebuah rasa nyaman dan mampu memicu timbulnya rasa percaya diri.

  1. Hal yang Berguna

Tips menjadi remaja yang percaya diri yang kedua adalah dengan melakukan hal yang berguna. Lakukan hal positif dalam kehidupan dan jalani hal-hal yang berguna untuk diri sendiri. Tak jarang kita memilih hal-hal kurang berguna dan mengakibatkan kita tidak mampu mengerjakannya dengan baik. Ketika hasilnya mengecewakan, Anda akan merasa malu dan menyesal. Sayangnya, hal tersebut dapat memicu rasa percaya diri semakin mengecil. Jadi, lakukan hal yang berguna agar hal tersebut dapat bermanfaat dan membuat Anda semakin percaya diri.

  1. Berani Mencoba

Tips menjadi remaja yang percaya diri terakhir adalah dengan berani mencoba. Tips ketiga ini memang cukup sulit untuk dilakukan namun hal ini merupakan cara yang paling efektif untuk dapat membuat rasa percaya diri muncul dan menjadi semakin kuat. Jangan pernah takut untuk mencoba. Setiap tindakan pasti akan membawa risiko namun risiko terbesar yang akan diambil oleh seseorang adalah ketika Anda tidak berani mengambil risiko dari apa yang akan dikerjakan. Jangan takut akan sebuah resiko sebab resiko adalah pijakan bagi rasa percaya diri untuk bangkit dan semakin besar.

Semua orang pasti pernah merasa tidak berdaya dan tidak percaya diri untuk melakukan sesuatu namun semua bergantung pada pribadi masing-masing. Apakah ia akan memilihara takutnya atau melawan dan menjadi sukses dalam kehidupan. Oleh karena, itu percaya dirilah menjalani kehidupan Anda. By: Tri indarti