Tes Kepribadian MBTI, Tes Kepribadian yang PopulerAda banyak sekali bentuk-bentuk dan juga jenis tes kepribadian. Salah satu tes kepribadian yang populer saat ini adalah tes kepribadian MBTI. Tes kepribadian ini merupakan tes yang cukup populer dan banyak digunakan di berbagai bidang.

Sasaran utama dari pemberian tes kepribadian MBTI adalah melihat bagaimana proses berpikir seseorang, dan melihat bagaimana seseorang memandang dunia, serta bagaimana seseorang mengambil keputusan.

Sejarah Tes Kepribadian MBTI

Tes Kepribadian MBTI memiliki sejarah yang cukup panjang, karena telah dilakukan standardisasi dan juga revisi selama lebih dari 50 tahun sejak pertama kali dikembangkan oleh Katherine Briss dan juga Isabel Myers pada masa perang dunia ke dua.

MBTI sendiri dinamai sesuai dengan nama pembuatnya, yaitu Myers – Birggs Type Indicator. Pertama kali, tes kepribadian MBTI ini dikemukakan dan dipublikasikan pada tahun 1962.

Tes Kepribadian MBTI ini dibuat dengan menggunakan dasar teori yang dikemukakan oleh Carl Jung, seorang tokoh penting di dalam ilmu psikologi yang mengemukakan banyak pandangan, seperti salah satunya adalah pandangan dan juga teori mengenai tipe kepribadian Jung, dan juga 4 tipe fungsi psikologis utama yang dimiliki manusia dalam menjalani kehidupan.

Teori yang dikemukakan oleh Jung tersebut, beberapa diantaranya banyak kita kenal ke dalam dua bentuk kepribadian, yaitu ekstrovert dan juga introvert. Nah, tes psikologi MBTI ini merupakan tes psikologi yang menggabungkan kecenderungan ekstrovert dan juga introvert seseorang dengan 4 fungsi psikologis manusia menurut Jung, yaitu :

  1. Sensasi atau sensation
  2. Intuisi atau intuition
  3. Perasaan atau feeling
  4. Pemikiran atau thinking

Baca juga 4 Fakta Menarik Tentang Kepribadian Manusia Yang Sering Muncul

Dar teori yang dikemukakan oleh Jung tersebut, Briss dan Myers mengembangkan 4 dimensi dari kecenderungan sifat dasar manusia, yaitu :

  1. Dimensi sifat manusia berdasarkan pemusatan perhatian, yang terbagi ke dalam dua bentuk, yaitu introvert dan juga ekstrovert. Introvert mengacu pada pemusatan ke dalam diri sendiri, sedangkan ekstrovert mengacu pada pemusatan yang muncul dari luar diri sendiri (eksternal).
  1. Dimensi pemahaman informasi eksternal, yang terdiri dari sensing dan intuition. Sensing merupakan kecenderungan seseorang dalam merasakan berbagai situasi dari stimulus eksternal, sedangkan intuisi adalah kebalikannya, dimana seseorang cenderung lebih menggunakan intuisi yang dimilikinya dibandingkan merasakan kondisi stimulus eksternal
  1. Dimensi penarikan kesimpulan dan pengambilan keputusan, yang terdiri dari thinking dan juga feeling. Thinking merupakan kecenderungan seseorang yang banyak menggunakan rasio dan akal sehat dalam memecahkan masalah, sedangkan feeling adalah kebalikan dari thinking, yang merupakan kecenderungan seseorang dalam menggunakan perasaan dalam memecahkan masalah
  1. Dimensi yang terakhir adalah dimensi pola hidup, yaitu terdiri dari Judging dan juga perceiving.

16 Tipe Kepribadian yang Muncul dari Tes Kepribadian MBTI

Tes Kepribadian MBTI memiliki output atau hasil yang memunculkan kecenderungan atau preferensi kepribadian seseorang dalam melihat dunia dan memecahkan masalah. Ke – 16 tipe kepribadian tersebut didasari oleh gabungan dari masing-masing 4 dimensi dari MBTI yang dikemukakan oleh Briss dan Myers. Berikut ini adalah 16 tipe kepribadian menurut tes kepribadian MBTI :

  • ESTJ, Extrovert, Sensing, Thinking, Judging
  • ENTJ, Extrovert, Intuition, Thinking, Judging
  • ESFJ, Extrovert, Sensing, Feeling, Judging
  • ENFJ, Extrovert, Intuition, Feeling, Judging
  • ESTP, Extrovert, Sensing, Thinking, Perceiving
  • ENTP, Extrovert, Intuition, Thinking, Perceiving
  • ESFP, Extrovert, Sensing, Feeling, Perceiving
  • ENFP, Extrovert, Intuition, Feeling, Perceiving
  • INFP, Introvert, Intuition, Feeling, Perceiving
  • ISFP, Introvert, Sensing, Feeling, Perceiving
  • INTP, Introvert, Intuition, Thinking, Perceiving
  • ISTP, Introvert, Sensing, Thinking, Perceiving
  • INFJ, Introvert, Intuition, Feeling, Judging
  • ISFJ, Introvert, Sensing, Feeling, Judging
  • INTJ, Introvert, Intuition, Thinking, Judging
  • ISTJ, Introvert, Sensing, Thinking, Judging

Itulah sedikit gambaran mengenai tes kepribadian MBTI dan juga jenis – jenis kepribadian yang muncul dari hasil Tes kepribadian MBTI. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda mengenai berbagai macam tipe tes kepribadian.  (Eduardus Pambudi)