Ssst!! Tes Kepribadian Ini Dapat Mengidentifikasi Hubungan Anda dengan Relasi Loh

Ssst!! Tes Kepribadian Ini Dapat Mengidentifikasi Hubungan Anda dengan Relasi Loh

April 25, 2018 Off By Admin

Ssst!! Tes Kepribadian Ini Dapat Mengidentifikasi Hubungan Anda dengan Relasi LohTes kepribadian tidak hanya melulu mendeskripsikan mengenai kepribadian seseorang, ketahanan terhadap stress, minat bakat, ataupun sikap secara umum. Masih ada banyak hal lain yang bisa diukur dan dideskripsikan oleh alat tes psikologi. Salah satu hal yang bisa dideskripsikan menggunakan tes kepribadian adalah mengidentifikasi hubungan anda dengan lingkungan sosial atau relasi sosial anda. Contoh dari relasi sosial anda misalnya adalah keluarga, teman, tetangga, orang yang lebih tua, orang yang lebih muda, dan masih banyak lagi.

Ada beberapa alat tes kepribadian yang dapat membantu melihat dan mendeskripsikan mengenai bagaimana hubungan anda dengan relasi anda, apakah memiliki hubungan yang baik, memiliki masalah, atau bahkan memiliki pengalaman traumatis dengan relasi sosial anda. Berikut ini adalah beberapa alat tes psikologi yang bisa membantu melihat bagaimana hubungan anda dengan relasi-relasi anda :

  1. SSCT

SSCT atau Sack’s Sentence Completion Test merupakan sebuah tes menyelesaikan kalimat. Anda akan dihadapkan dengan serangkaian pernyataan yang belum selesai, dan anda diminta untuk menyelesaikan kalimat tersebut sesuai dengan apa yang anda pikirkan pertama kali.

Hubungan dengan orang lain / relasi sosial sangat banyak termuat di dalam SSCT, dan cukup efektif untuk melihat apakah anda memiliki masalah dengan relasi anda. Beberapa pernyataan secara langsung mengarah kepada keluarga, ayah, ibu, sahabat, lawan jenis, orang yang lebih muda, dan orang yang lebih tua. Apabila anda ingin melihat bagaimana hubungan anda dengan orang lain, SSCT dapat diaplikasikan dengan mudah dan sederhana.

  1. TAT

TAT atau Thematic Apperception Test merupakan tes kepribadian berikutnya yang dapat melihat hubungan anda dengan relasi anda. TAT merupakan tes yang berbentuk story telling, dimana anda diminta untuk bercerita mengenai beberapa gambar yang akan ditunjukkan.

Terdapat beberapa kartu yang menyasar hubungan dengan orangtua (ayah dan ibu) serta menyasar bagaimana sikap anda terhadap orang lain, apakah mudah beradaptasi atau tidak.

  1. Rorschach

Test psikologi berikutnya yang bisa membantu melihat dan mendeskripsikan hubungan anda dengan orang lain adalah Rorschach. Merupakan tes yang meminta anda untuk mendeskripsikan gambar-gambar abstrak yang anda lihat pada 10 buah kartu. Beberapa bentuk corak dari tes ini dapat mendeskripsikan bagaimana sikap dan hubungan anda dengan relasi sosial, apakah memiliki trauma dengan relasi sosial anda atau tidak.

Itu adalah 3 macam alat tes psikologi, yaitu tes kepribadian yang bisa mengidentifikasi masalah relasi sosial. Jadi, apabila anda mungkin merasa bahwa anda memiliki masalah dengan relasi sosial, mungkin anda bisa memastikan hal itu dengan menggunakan bantuan alat tes diatas. Namun demikian, tentu saja anda harus mengikuti tes-tes tersebut dengan administrasi oelh orang-orang yang sudah kompeten di bidangnya.  By: Eduardus Pambudi