Sering Tidak Percaya Diri Saat Berjalan di Tengah Kerumunan, Apa Yang Harus Saya Lakukan?

Sering Tidak Percaya Diri Saat Berjalan di Tengah Kerumunan, Apa Yang Harus Saya Lakukan?

Posted on

Sering Tidak Percaya Diri Saat Berjalan di Tengah Kerumunan, Apa Yang Harus Saya Lakukan?Nama : Ridhoxx
E-mail : ridho.pxxx@gmail.com
Judul : Masalah kepercayaan diri (Bagaimana cara mengatasi rasa tidak percaya diri)
Isi Konsultasi : Selamat pagi, saya mau konsultasi kenapa ya saya setiap jalan di depan orang atau kumpulan orang selalu merasa di perhatikan, terus saya merasa salah tingkah, bahkan sampai deg degan, tetapi kalau pas presentasi saya malah lebih PD, mohon di beri penjelasan, dan solusi, terimakasih

Jawaban

Mengatasi rasa tidak percaya diri – Mas ridho yang baik hati, masalah kepercayaan diri yang anda alami saat ini sebenarnya banyak sekali cara yang bisa di aplikasikan. Sebelum saya memberikan tips barangkali Anda dapat membaca ulasan tentang hal ini di artikel sebelumnya 10 TIPS PERCAYA DIRI BERBICARA DI DEPAN UMUM. Dalam artikel tersebut di jelaskan beberapa step-step caranya agar anda mampu tampil PD di manapun Anda berada.

Cara ini pun bisa anda aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari anda. Terkait masalah yang anda alami, dimana anda merasa tidak percaya diri, karena saat diri Anda berjalan di depan kumpulan orang lain, anda merasa salah tingkah dan deg-degan akibat Anda merasa di perhatikan mereka.

Diperhatikan oleh orang lain sebenarnya adalah sesuatu yang wajar. Dan hal tersebut mungkin juga saya alami, dimana saat saya berjalan di depan orang lain juga di perhatikan seperti Anda.

Agar anda tidak merasa deg-degan maka cara yang dapat di lakukan adalah, membiasakan dan mencoba  jalan santai saja di depan orang lain. Deg-degan? Tentu, karena hal tersebut menjadi kebiasaan. Namun, ubahlah cara pandang anda saat berjalan di depan sekumpulan orang lain tersebut, dengan pandangan bahwa anda adalah orang yang menarik, hingga orang lain senang dan bahagia melihat diri anda.

Tumbuhkanlah pemikiran positif, dan pandanglah tatapan mantap ke depan. Atau Anda dapat langsung saja menegur mereka yang sedang berkumpul dengan teguran, “permisi” di sertai dengan senyuman. Coba saja anda membiasakan diri menegur merkeka, atau minimal senyum saja.

Mengidentifikasi Alasan Mengapa Kita Tidak Percaya Diri

Karena dengan membiasakan hal tersebut, anda dapat membuka diri anda sendiri. Rasa tidak percaya diri sebenarnya di sebabkan oleh beragam hal, misalnya adalah (1) kurang membiasakan diri bergaul dengan lingukangn, (2) karena adanya pengalaman teraumatis masa lalu, (3) dan yang ketiga adalah rasa minder terhadap apa yang dimiliki saat ini.

Coba mas identifikasi dahulu, apa yang menjadi penyebabnya tersebut. Jika sudah menemukannya anda bisa memperbaiki hal tersebut, misalnya anda kurang percaya diri karena kurang membiasakan diri untuk bergaul dengan lingkungan. Maka langkah yang dapat anda lakukan agar anda PD dan tidak deg-degan adalah dengan melakukan sosialisasi sebanyak-banyaknya denga lingkungan sekitar anda. Misalnya anda aktif ikut serta kerja bakti di lingkungan sekitar, mengikuti beberapa komunitas dari hobi anda, dan mencoba sharing pengalaman dengan orang terdekat anda.

Jika masalah kepercayaan diri yang anda alami saat ini adalah dikarenakan adanya pengalaman teraumatis masa lalu atau masa lalu yang tidak menyenangkan, maka cobalah untuk berdamai dengan diri sendiri. Cobalah untuk selalu berpikir positif atas apa yang terjadi tersebut. Pandanglah segala perasalahan dan peristiwa dari beragam sudut pandang. Dengan begitu anda akan memahami terkait kondisi anda saat dahulu, yang menyebabkan anda tidak percaya diri tersebut.

Dan apabila masalah yang anda alami tersebut adalah dikarenakan hal yang nomer 3, karena rasa minder yang dimiliki, maka cara tepat yang dapat di lakukan adalah dengan yakin bahwa anda adalah orang yang menarik. Latih kepercayaan diri anda dengan berlatih berbicara pada diri sendiri menghadap cermin. Ucapkan nama anda dan diikuti dengan sebutan-sebutan baik lainnya. Lakukan hal tersebut berulang-ulang agar tertanam di dalam benak anda, kata-kata yang Anda ucapkan tersebut. Kolaborasikan dengan mencoba berbicara dengan orang lain.

Beberapa hal tersebut adalah cara yang dapat anda aplikasikan untuk meningkatkan kepercayaan diri. Hal di atas tidak akan banyak membantu, jika tidak dilakukan sekarang juga. Lakukanlah cara-cara di atas dengan konsisten. Setelah anda melakukannya dengan konsisten, maka rasakan perubahan yang anda alami di kemudian hari. Kapan waktunya itu? Itu tergantung seberapa keras anda mencoba, berusaha, dan berdoa. Semoga bermanfaat. Psikologi Mania