X

Psikologi Adalah? Ini Dia Pengertian Psikologi

Pengertian Psikologi – Anda mungkin sering mendengar tentang psikologi, namun banyak yang belum mengetahui sebenarnya apa itu psikologi? Pengertian psikologi ini sebenarnya cukup sederhana, karena saat ini psikologi dianggap sebagai ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia. Namun selain pengertian psikologi sebagai ilmu yang mempelajari perilaku manusia, psikologi juga memiliki pengertian lain. Yuk simak beberapa penjelasan mengenai apa itu psikologi di bawah ini.

Pengertian Psikologi

Psikologi sendiri berasal dari bahasa latin, yaitu “psyche” dan “logos”. Psyche berarti jiwa, sedangkan logos berarti pengetahuan. Dengan melihat ini, berarti pengertian psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kejiwaan. Namun demikian, pengertian psikologi ini sudah banyak bergeser karena saat ini Psikologi lebih banyak mempelajari tentang perilaku manusia.

Morgan (1987) mengatakan bahwa psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia dan binatang, serta penerapannya pada permasalahan manusia. Pengertian psikologi ini dibuat berdasarkan percobaan dari beberapa ahli sebelumnya, seperti Skinner, Pavlov, dan tokoh lain yang membuat kerangka teori berdasarkan penelitian terhadap hewan.

Apa Saja yang Dipelajari Di dalam Ilmu Psikologi?

Jawabannya adalah sangat banyak dan juga luas. Apabila kita melihat dari pandangan ilmu psikologi sebagai ilmu yang mempelajari perilaku, semua perilaku yang ditunjukkan oleh manusia adalah ruang lingkup yang bisa dipelajari dan dijelaskan oleh ilmu psikologi.

Misalnya saja, mengapa seseorang menjadi mudah marah, atau mengapa ada orang yang senang berbohong dan berbuat jahat. Kedua hal tersebut bisa dijelaskan menggunakan ilmu psikologi. Jadi, apabila anda ingin mempelajari mengapa seseorang bisa menunjukkan perilaku tertentu, maka psikologi adalah salah satu ilmu yang tepat untuk menjelaskannya.

Selain mempelajari tentang perilaku manusia, psikologi juga mempelajari segala hal yang berhubungan dengan manusia. Pada dasarnya, segala macam kegiatan atau aktivitas yang melibatkan manusia di dalamnya adalah ruang lingkup dari ilmu psikologi. Karena itulah hingga saat ini muncul berbagai disiplin ilmu terapan dari psikologi, seperti misalnya :

  • Psikologi forensik
  • Psikologi kriminal
  • Psikologi sosial
  • Psikologi pendidikan
  • Psikologi agama/spiritual
  • Parapsikologi
  • Dan lain sebagainya.

Manfaat Mempelajari Psikologi Adalah

Setelah anda mengetahui pengertian psikologi dan apa itu psikologi, maka anda juga harus mengetahui apa manfaat dari mempelajari psikologi. Secara umum ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan mempelajari ilmu psikologi. Berikut ini adalah beberapa manfaat mempelajari perilaku psikologi:

  1. Memahami penyebab dari perilaku yang muncul pada diri sendiri ataupun orang lain

Dengan mempelajari psikologi, kita bisa memahami mengapa seseorang bisa menunjukkan perilaku tertentu. Psikologi menawarkan banyak sekali teori psikologi yang menjelaskan mengapa seseorang bisa memunculkan perilaku tertentu.

  1. Memahami diri sendiri

Hal penting lainnya yang bisa didapat dengan mempelajari psikologi adalah memahami diri sendiri. Tentu saja hal ini bisa anda rasakan setelah anda mempelajari psikologi. Anda bisa menjadi lebih paham mengenai kepribadian anda, watak anda, dan mungkin masalah psikologis apa yang kira-kira muncul pada diri anda.

  1. Dapat membantu orang lain

Dengan mempelajari psikologi, meskipun tidak menjadi seorang psikolog pun anda tetap bisa membantu orang lain yang mungkin mengalami masalah. Minimal ketika anda mengetahui sedikit teori-teori psikologi, anda bisa melihat permasalahan orang lain dari sudut pandang yang berbeda dan membantu mereka menghadapi masalah tersebut.

Nah, itu adalah sedikit artikel psikologi mengenai pengertian psikologi dan juga penjelasan singkat mengenai apa itu psikologi. Semoga bermanfaat. By: Eduardus Pambudi