Ini Dia Pilihan Perkuliahan Magister Psikologi Yang Bisa Anda Pilih

Magister psikologi merupakan pendidikan lanjutan dari S1 Psikologi. Apabila anda melanjutkan pendidikan ini, maka anda nantinya akan mendapatkan gelar Master (gelar s2 bidang ilmu psikologi. Secara umum, apabila dilihat dari gelar yang diperoleh, ada dua macam jenjang pendidikan ini, yaitu:

  1. Magister Profesi Psikologi
  2. Magister Sains dan Sains Terapan Psikologi

Dari dua jenjang pendidikan tersebut, ada banyak pilihan jurusan dan peminatan yang bisa anda pilih. Yuk simak masing-masing penjelasannya.

Magister Profesi Psikologi

Magister profesi psikologi merupakan peminatan atau jenjang pendidikan magister psikologi, dimana pesertanya dipersiapkan untuk memiliki kompetensi sebagai seorang psikolog. Dengan mengikuti program magister profesi, anda akan mendapatkan surat ijin praktek psikologi atau SIPP, dan berhak untuk membuka praktek psikologi.

Ada beberapa peminatan atau jurusan psikologi spesifik bagi anda yang ingin masuk ke dalam jenjang pendidikan profesi ini, yaitu:

  1. Psikologi Klinis

Anda akan mempelajari masalah psikologi secara mendalam, mulai dari masalah individu hingga masalah kelompok yang berhubungan dengan kondisi klinis. Seperti misalnya gangguan-gangguan psikologis, masalah psikologis, dan lain sebagainya.

Psikolog di rumah sakit biasanya memiliki latar belakang pendidikan atau peminatan berupa psikologi klinis.

Beberapa Universitas membagi lagi peminatan psikologi klinis menjadi psikologi klinis umum dan juga psikologi klinis anak. Sedang beberapa universitas lain fokus pada peminatan psikologi klinis secara umum saja.

  1. Psikologi Industri dan Organisasi

Merupakan psikolog yang berfokus pada industri dan organisasi. Kantor, rekrutmen, stress kerja, dan masalah-masalah individual yang muncul dalam organisasi dan industri adalah wilayah kerja dari mereka yang mengambil pendidikan magister psikologi industri dan organisasi atau PIO.

  1. Psikologi Pendidikan

Sesuai dengan namanya, mereka yang mengikuti peminatan magister profesi psikologi pendidikan akan mempelajari segala hal yang berkaitan dengan pendidikan. Mulai dari asesmen, hingga pemecahan masalah yang menyangkut dunia pendidikan, seperti metode belajar, kurikulum, dan sebagainya.

Itu adalah 3 macam program magister profesi psikologi yang bisa menjadi pilihan anda. Syarat utama untuk masuk ke dalam program magister profesi ini adalah anda wajib mengikuti pendidikan Sarjana S1 Psikologi terlebih dahulu. Apabila latar belakang anda bukan S1 Psikologi, maka anda tidak bisa mengikuti program magister profesi ini.

Magister Sains dan Magister Sains Terapan

Bagi anda yang ingin mempelajari psikologi lebih dalam, namun tidak memiliki latar belakang pendidikan S1 Psikologi, maka anda bisa memilih program magister sains atau magister sains terapan. Magister sains lebih fokus pada pengembangan teori dan penerapan hasil penelitian di dalam masyarakat. Lulusan magister sains dan magister sains terapan memang tidak memiliki hak untuk membuka praktek psikologis, namun kesempatan untuk mengembangkan teori baru dan menjadi peneliti atau menerapkan ilmu psikologi dalam kehidupan sehari-hari sangatlah terbuka lebar.

Ada banyak pilihan peminatan dari magister sains dan magister sains terapan, seperti misalnya :

  1. Psikologi Industri dan Organisasi

Hampir sama dengan magister profesi, namun Perbedaannya adalah dari masalah ijin praktek dan penanganan. Magister Saing lebih fokus pada teori, penerapan dan juga pengembangannya di dalam industri dan organisasi.

  1. Psikologi Sosial

Sesuai dengan namanya, magister sains ini fokus pada teori dan pengembangan psikologi di bidang sosial.

  1. Psikologi Forensik

Psikologi forensik merupakan magister psikologi sains terapan yang menggabungkan antara ilmu psikologi dengan ilmu forensik.

Nah, itu hanyalah beberapa contoh pilihan magister sains dan magister sains terapan yang bisa menjadi pilihan anda apabila anda ingin mengikuti program magister psikologi, namun tidak memiliki latar belakang pendidikan S1 Psikologi.

Berapa Biaya Kuliah Profesi Psikologi Untuk Menjadi Seorang Psikolog

Berapa Biaya Kuliah Profesi Psikologi. Apakah anda tertarik untuk menjadi seorang psikolog? Kalau anda memang merupakan lulusan pendidikan sarjana (S1) psikologi, maka kesempatan anda untuk menjadi seorang psikolog sangat terbuka lebar, karena salah satu syarat utama untuk menempuh program pendidikan magister profesi psikologi adalah menjadi lulusan sarjana (S1) psikologi terlebih dahulu.

Berapa biaya kuliah profesi psikologi

Biasanya, banyak orang bertanya-tanya, berapa biaya kuliah profesi psikologi yang harus dikeluarkan hingga nanti lulus dan menjadi seorang psikolog? Tentu saja biaya yang harus dikeluarkan cukup tinggi, dan dijamin anda akan mengeluarkan banyak uang tambahan untuk kegiatan praktek, dan juga pembelian buku-buku.  Nah, berikut ini akan dijelaskan sedikit mengenai berapa biaya kuliah profesi psikologi yang harus anda keluarkan.

Berapa Biaya Kuliah Profesi Psikologi Selama 4 Semester?

Secara umum, biaya kuliah profesi psikologi tidak berbeda jauh dengan biaya program pendidikan S2 kebanyakan. Kira-kira biaya kuliah yang harus anda keluarkan selama 4 semester berkisar antara 40 hingga 70 an juta rupiah.  Biaya kuliah ini akan dibagi ke dalam 4 semester, yang artinya, pada tiap-tiap semester, anda harus menyisihkan dana sebesar kurang lebih 10 hingga 15 juga rupiah.

Namun demikian, dana sebesar 10 hingga 15 juta per semester ini tidak fixed alias, bisa berubah. Hal ini disebabkan karena dari ketentuan yang sudah ada, mahasiswa program profesi psikologi kebanyakan lulus pada semester ke – 5. Hal ini membuat anda harus menyisihkan lagi dana sekitar 10 hingga 15 juta rupiah untuk semester ke lima. Biaya-biaya tersebut biasanya sudah termasuk :

  • Biaya kuliah secara umum
  • Biaya untuk melakukan praktek kerja profesi psikologi
  • Biaya sidang kasus profesi
  • Biaya untuk melakukan praktikum dan lab
  • Biaya menggunakan fasilitas kampus, seperti misalnya peminjaman alat tes untuk kepentingan asesmen ataupun belajar, dan sebagainya
  • Fasilitas tambahan lain yang diberikan oleh kampus (akan berbeda-beda setiap kampus)

Itulah sedikit gambaran mengenai berapa biaya kuliah profesi psikologi selama kurang lebih 4 hingga 5 semester (2.5 tahun).

Biaya Tambahan Tak Terduga

Nah, meskipun sudah diketahui besaran angka bayaran per semesternya, anda juga tetap harus menyisihkan sedikit dana tambahan untuk biaya – biaya yang tidak terduga, misalnya saja seperti :

  • Pembelian buku-buku pegangan yang dibutuhkan
  • Akomodasi anda selama kuliah dan juga melakukan praktek kerja (tidak jarang anda harus melakukan praktek kerja di lokasi yang cukup jauh, dan akomodasi yang tinggi)
  • Untuk keperluan thesis dan penulisan laporan praktek kerja

Biaya tambahan ini juga harus anda perhitungkan, dan anda siapkan agar nantinya anda bisa lancar dalam menyelesaikan program pendidikan anda.

Nah, itu adalah sedikit gambaran dan perincian mengenai berapa biaya kuliah profesi psikologi yang harus anda siapkan apabila anda ingin melanjutkan pendidikan anda, dan menjadi seorang psikolog. Semoga bermanfaat. Psikologi Mania