Konsultasi Psikologi; Bagaimana Cara Mengatasi Permasalahan Hidup

Inilah Perbedaan Rendah Hati Dan Rendah Diri Yang Paling Mendasar

Posted on

rendah hatiBanyak dari kita masih belum memahami perbedaan RENDAH HATI dan RENDAH DIRI. Meski sama-sama memakai kata awal RENDAH, namun pengertian keduanya sangatlah berbeda. Salah satu sikap yang menunjukan sifat positif seseorang ialah rendah hati.

Perbedaan Rendah Hati dan Rendah Diri

Rendah hati menunjukan bahwa kita puas dengan diri kita, percaya dengan diri kita namun tidak menunjukan semua yang kita miliki. Sedangkan rendah diri menganggap bahwa dirinya tidak memiliki kemampuan yang berarti, kurang menghargai diri sendiri karena merasa kurang mampu dalam sosial ataupun secara fisik. Untuk lebih jelasnya lagi berikut perbedaan rendah hati dan rendah diri:

  1. Perbedaan pertama 

Rendah hati adalah suatu sikap dimana seseorang memiliki kelebihan atas kepemilikan materi, bakat atau kemampuannya namun tidak menonjolkannya di hadapan orang lain. Ini adalah kebalikan dari sikap sombong. Seseorang yang memiliki suatu kemampuan atau kelebihan, namun memamerkannya di depan umum dengan harapan mendapatkan pengakuan adalah suatu kesombongan.

Perbedaan yang paling mendasar adalah apakah seseorang itu senang memamerkannya atau tidak. Memamerkannya dengan niat untuk mendapatkan pujian dari orang lain adalah suatu sikap yang kurang baik. Sedangkan rendah diri adalah seseorang yang menganggap bahwa dirinya tidak memiliki kemampuan apapun contohnya seperti tidak pintar dalam akademik, tidak menarik dalam segi fisik, dan tidak memiliki harta dalam segi materi. Sehingga lebih menutup diri dari lingkungan

  1. Sikap menerima kritikan 

Seseorang yang rendah hati ketika ia mendapatkan kritikan ia akan menelaah kritikan tersebut dan menerima dengan senang hati, karena ia dapat memperbaiki kesalahan yang ia lakukan. Sedangkan seseorang yang rendah diri sangat sensitif terhadap kritikan, ketika ia di kritik ia akan lebih menyalahkan dirinya atas ketidakmampuannya tersebut dan semakin merasa kurang percaya diri.

  1. Kehidupan sosial 

Seseorang yang memiliki sifat rendah hati memiliki kehidupan sosial yang baik, mereka mampu bersosialisasi dengan lingkungan ditempatnya maupun ketika ditempatkan dilingkungan yang baru, karena ia menganggap semua orang sama saja. ia pandai berkomunikasi dengan baik dengan masyarakat. Sedangkan rendah diri adalah suatu sikap hilangnya kepercayaan diri yang menyebabkan seseorang tidak memiliki keberanian untuk berkomunikasi dan menutup diri dari kehidupan sosial.

Orang yg tidak percaya diri atau minder biasanya adalah seorang introvert. Mereka lebih suka menyendiri. Tidak suka melakukan kontak atau komunikasi dengan orang lain.

  1. Sikap menerima keadaan 

Seseorang yang rendah hati percaya bahwa dunia tidak akan berhutang. Sekalipun hal buruk terjadi bahwa akan ada kebahagiaan menanti. Karena orang yang rendah hati fokus pada apa yang bisa mereka berikan, bukan sekedar apa yang bisa mereka dapatkan. Sehingga mereka bahagia dengan apa yang mereka miliki.

Sedangkan seseorang yang mengalami itu akan selalu menyalahkan faktor eksternal, misalnya nasib sial. Setiap kali ia mendapatkan masalah atau kegagalan ia tidak dapat menerima hal tersebut. Dan terkadang ia akan menuntut bahwa dunia harus bertanggung jawab atas kegagalannya.

7 Alasan Mengapa Kamu Bisa Rendah Diri

Sebelum kita membahas tentang 7 alasan, berikut adalah penjelasannya. Rendah diri adalah suatu permasalan yang dapat mengganggu aktivitasmu serta menjadi penghambat kesuksesan yang sedang kamu impikan. Rendah diri itu sendiri sangatlah berbeda dengan rendah hati. Karena rendah hati adalah sifat yang terpuji.

Bukan hanya kamu yang merasa tapi banyak sekali orang yang merasakan apa yang kamu rasakan. Jika seseorang mengalami perasaan itu akan memperlakukan diri sendiri dengan buruk, merasa tidak berguna dan tidak berharga. Rasa percaya diri hal yang vital untuk kita menjalani hidup dengan positif dan bisa merespon apapun keadaan yang sedang di alami dalam hidup.

 Oleh sebab itu sangatlah penting bagi kamu mengetahui apa saja penyebab dari perasaan tersebut. Sehingga kamu dapat mencari solusi untuk mengatasinya. Penyebab ini dapat diketahui dengan mencari sejarah seseorang. Bisa jadi salah satunya karena mendapat perlakuan yang kurang baik saat masih kecil, usia, serta lingkungan. Dan mengakibatkan seseorang menghukum diri sendiri yang dapat merampas keyakinan akan dirinya, serta kemampuan untuk berfikir rasional. Untuk lebih jelasnya, berikut 7 alasan mengapa kamu bisa rendah diri:

Alasan Mengapa Kamu Bisa Rendah Diri

  1. Karena diabaikan

Alasan rendah diri yang kamu alami yang pertama bisa jadi karena kamu diabaikan oleh orang tua ketika  masih kecil. Karena anak-anak yang tumbuh tanpa mendapatkan cinta dan perhatian yang cukup dari kedua orang tuanya akan merasa terabaikan dan bersikap acuh tak acuh saat mereka beranjak dewasa. Dan hasilnya mereka kesulitan untuk mempercayai rekan kerja, teman dan yang lainnya.

  1. Kritik

Selanjutnya ialah ketika seorang anak terus menerus di cercai dengan kalimat “kamu nakal”, hal itu akan membuat anak menjadi depresi dan menjadi rendah diri. Hal ini akan membuat mereka menjadi pesimis.

  1. Pengaruh orang tua

Guru pertama anak ialah orang tua dan lingkungan. Orang tua yang cendrung mempengaruhi anaknya dengan merefleksikan cita-citamereka dulu yang tidak terpenuhi. Dan akhirnya membuat kesalahan pada keingiinan anak itu sendiri dan mempengaruhi kebahagiaan anak-anak.

  1. Penampilan secara fisik

Kerapkali penampilan fisik sangat penting karena itu yang paling mempengaruhi. Dan seseorang yang berpenampilan biasa saja akan merasa rendah diri saat sedang membandingkan penampilannya dengan orang lain yang lebih baik darinya.  Dan terciptalah perasaan malu dan mengisolasi dari kehidupan sosial.

  1. Pengalaman buruk

Pengalaman yang negatif dapat mempengaruhi seseorang memiliki perasaan rendah diri. Hal negatif ini kadang dari sekedar ikut-ikutan orang lain yang akhirnya menjadi terbiasa. Yang akan membahayakan rasa percaya dirinya.

  1. Kekerasan kepada anak-anak

Tidak dipungkiri kasus kekerasan terhadap anak sudah mewabah di lingkungan sekitar. Kekerasan yang dialami anak akan berdampak terhadap dirinya sampai dewasa nanti karena adanya trauma yang jelas menyakiti pikiran dan hatinya serta memberi rasa takut yang luar biasa pada mental si anak. Kekerasan fisik juga masuk kedalam kekerasan seksual. Dan akhirnya membuat anak memiliki perasaan rendah diri . kekerasan yang dialami biasanya dilakukan oleh keluarga dekat seperti orang tua, sanak keluarga, dan lingkungan sekitarnya.

  1. Pengangguran

Seseorang yang belum memiliki pekerjaan akan merasa putus asa dan akhirnya timbul perasaan rendah diri. Kegagalan dalam menafkahi keluarganya dan dirinya sendiri.

Itulah beberapa hal yang menjadi alasan mengapa kamu bisa rendah diri, penting sekali untuk menghindari hal tersebut dengan cara, memperluas jaringan komunikasi ataupun relasi. Dengan memperluas jaringan komunikasi dan relasi, anda akan belajar bagaimana menghadapi beragam situasi di tengah lingkungan sosial, sehingga hal-hal yang membuat anda tidak percaya diri tersebut akan dapat diatasi dengan baik.

Tak lupa pula untuk anda, agar bisa menjalani hobi yang menjadi passion anda, dengan menjalani hobi anda, maka kepercayaan diri yang anda miliki akan meningkat, karena anda nyaman dalam menjalaninya. By Nurus Syarifatul Aini