Pentingnya Mengenali Diri Sendiri

Fakta 7 Manfaat Pentingnya Mengenali Diri Sendiri

Posted on

Pentingnya Mengenali Diri SendiriPentingnya Mengenali Diri Sendiri – “Tak Kenal maka Tak Sayang”Permahkah Anda mendengar pepatah tersebut? Selama ini mungkin kita disibukkan mengenali orang lain supaya “sayang” tapi kita lupa untuk mencoba mengenali diri kita sendiri. Apa jadinya jika kita tidak mengenali diri kita sendiri? Apakah “Tak Kenal” diri sendiri jadi “Tak Sayang” pada diri sendiri? Ya, itu bisa saja terjadi.

7 Manfaat Pentingnya Mengenali Diri Sendiri

Sebenarnya banyak sekali manfaat yang kita dapat jika kita mengenali diri kita sendiri. Simak beberapa keuntungannya berikut ini.

  1. Mampu Menentukan Jalan Hidup

Dalam menjalani kehidupan, kita dihadapkan pada banyak pilihan. Mulai dari pilihan dalam berkarir, asmara, tempat berlibur, dan lain sebagainya. Bila kita sudah mengenali diri sendiri, tentu kita jauh lebih mudah menentukan pilihan yang tepat. Ambil contoh kecilnya kita menyukai menulis, tentu kita dapat dengan mudah memilih berkarir di dunia tulis menulis.

2. Mudah Mencari Solusi

Sebagai manusia biasa, tentu kita dihadapkan pada beberapa masalah entah itu masalah ringan maupun rumit. Kita akan lebih mudah mencari solusi tepat jika sudah mengenali diri sendiri. Ibarat orang sakit, obatnya beda-beda kan? Semisal dalam menyelesaikan masalah Anda butuh masukan orang lain, tentu Anda akan lebih mudah menyelesaikan masalah dengan meminta saran dari orang terdekat yang sudah menjadi pilihan Anda.

3. Membantu Berkompromi dengan Diri Sendiri

Masih terkait dengan masalah.  Ketika kita dihadapkan pada sebuah masalah, dengan keberhasilan kita mengenali diri sendiri akan membantu kita untuk berkompromi dengan diri sendiri dan orang lain dalam berbagai situasi.

4. Mampu Hidup Bermasayarakat

Dalam hidup bermasyarakat, tentu kita dihadapkan pada ragam kepribadian. Beda kepribadian, cara bersosialisasinya juga beda. Untuk memahami kepribadian orang lain, tentu kita juga harus bisa mengenali kepribadian kita dulu. Bagaimana bisa mengenal orang lain dengan baik kalau belum bisa mengenal diri sendiri?

 5. Mampu Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan

Masing-masing individu memiliki kelebihan dan kekurangan. Saat mencoba mengenali diri sendiri, kita akan mengetahui kelebihan dan kekurangan yang kita miliki. Kita bisa meningkatkan kelebihan dan memperbaiki kekurangan. Bukankah hal ini sangat bermanfaat untuk kita?

6. Mampu Menerima Kondisi Diri

Ketika kita mulai mengerti kelebihan dan kekurangan yang kita punya, tentu kita turut terbantu pula untuk menerima ikhlas segala kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Begitu juga keikhlasan menerima dan bertoleransi terhadap kelebihan dan kelemahan orang lain. Supaya tidak ada perasaan iri maupun cemburu berlebih yang memberikan efek buruk.

7. Mampu Mengetahui Potensi Diri

Saat mencoba mengenali diri, tentu kita mendapati beberapa potensi yang kita punya. Dengan mengetahui potensi-potensi yang ada pada diri, kita bisa mengoptimalkannya untuk kesuksesan dalam karir maupun kehidupan.

Itulah beberapa hal yang sangat bermanfaat dalam pentingnya mengenali diri sendiri. Karena pada dasarnya jika kita mampu mengenali diri sendiri maka kita pun akan dapat mengenali orang lain. Jika kita mampu mengenali orang lain, maka apapun yang kita sampaikan dan perbuat, maka mudah sekali untuk mengendalikan orang lain. dan titik akhirnya dengan mengenali diri sendiri, maka anda akan memahami betapa sempurnanya ciptaan Allah.

Cara Mengenali diri Sendiri

“Siapa aku?” mungkin cukup sering Anda mendengar pertanyaan tersebut. Biasanya, Anda akan merasa bingung untuk menjawabnya karena banyak di antara Anda pasti tidak atau belum mengenali diri Anda sendiri dengan baik dan tepat, hingga akhirnya Anda tidak dapat menjawab pertanyaan tersebut. Terkadang, kita terlalu sibuk untuk mengenal banyak orang di sekitar kita karena berpikir semakin banyak yang kita kenal maka kita akan tahu siapa diri kita. Tapi, nyatanya tidak bukan? Seringkali kita justru kehilangan diri sendiri. Perlu sekiranya untuk Cara Mengetahui Diri Sendiri

Mengenali diri sendiri tentu mengharuskan Anda untuk mengetahui semua seluk beluk diri Anda sendiri, mulai dari apa yang Anda suka dan tidak suka, apa kelemahan dan kemampuan yang kita miliki. Melalui proses mengenali diri sendiri, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan seperti Anda tahu kemana kaki Anda akan melangkah untuk mencapai kesuksesan dan tentu saja Anda tidak akan pernah menjadi plagiat pribadi orang lain. Lalu, bagaimana cara mengenali diri sendiri? Berikut ada empat langkah untuk mengenali diri Anda sendiri.

  1. Kertas Lipat

Ambilah selembar kertas yang Anda miliki. Anda bisa menggunakan jenis kertas apapun yang Anda suka atau Anda miliki, kemudian lipat kertas tersebut menjadi dua bagian dengan ukuran yang sama di tiap bagian kertas yang Anda miliki.

  1. Tulis Negatif dan Positif

Setelah melipat kertas sekarang cobalah untuk mencari tempat duduk yang paling Anda suka, Duduklah dengan posisi yang nyaman. Jika Anda tidak merasa nyaman dengan duduk, Anda boleh tengkurap di tempat tidur atau sofa kesayangan Anda. Setelah mendapatkan posisi yang nyaman, cobalah untuk menuliskan hal positif dan negatif yang Anda miliki. Tulis hal negatif pada sisi kiri dan positif pada sisi kanan. Cobalah menyelami diri Anda sebelum Anda memutuskan untuk menuliskannya.

  1. Lihat Pada Cermin

Jika sudah menuliskannya, cobalah untuk berdiri di hadapan sebuah cermin yang Anda miliki. Jika Anda memiliki cermin yang besar dan panjang akan sangat mudah namun jika tidak, Anda cukup menggunakan cermin yang Anda miliki dan amati diri Anda baik-baik di dalam cermin tersebut. Cobalah untuk melihat mata Anda dalam-dalam dan mulailah untuk mensyukuri apa yang sudah Anda miliki saat ini. Cintai dia yang berada di dalam cermin tersebut dengan segala kekurangan yang dia punya seperti rambutnya yang ikal, kulitnya yang kecoklatan, atau keningnya yang terlalu lebar, dan tersenyumlah setulus mungkin pada dia yang berada di dalam cermin tersebut.

  1. Tulis Hal Positif

Jika Anda sudah mengamati, tetaplah berdiri di hadapan cermin dan tuliskan hal positif apa saja yang Anda temukan saat melihat pantulan wajah diri dalam cermin. Ingat, hanya hal positif seperti, “Ternyata aku lumayan tinggi” atau “Hidungku pesek tapi lucu”.

Untuk mengenali diri Anda sendiri memang diperlukan waktu yang sangat panjang dan membutuhkan hati yang lapang untuk menerima diri sendiri dan menghargainya sebagai anugerah terindah dari Tuhan. Kita tidak akan pernah bisa mencintai diri sendiri dan bermanfaat bagi orang lain jika kita tidak pernah mengenali diri kita sendiri. Jadi, selamat berkenalan dengan diri Anda sendiri.