Tips Menghindari Keretakan Rumah Tangga Akibat PerselingkuhanTips Menghindari Keretakan Rumah Tangga – Keluarga harmonis bukanlah keluarga yang didalam tidak pernah ada perselisihan, berbeda pendapat atau masalah kecil lainnya. Tetapi keluarga harmonis adalah keluarga yang tetap bisa menyelesaikan permasalahan dengan kepala dingin, sehingga tidak terjadi keretakan rumah tangga. Keretakan dalam rumah tangga ini sering kali terjadi tanpa kita sadari sebelumnya, seperti keretakan rumah tangga akibat perselingkuhan. Walaupun masih banyak lagi penyebab adanya keretakan dalam rumah tangga.

Pada artikel kali ini, masih berfokus pada tema perselingkuhan. Jadi yang dibahas adalah mengenai bagaiman tips untuk bisa menghindari keretakan rumah tangga akibat perselingkuhan. Jangan beranggapan bahwa karena kamu seorang yang terpelajar lalu tidak akan mungkin terjadi hal demikian dalam kehidupan berumah tanggamu, karena mereka yang terjebak dalam lingkaran perselingkuhan juga kerap kali melakukannya tanpa pernah berencana. Jadi yang harus dilakukan adalah mencegahnya, maka tips ini cocok kamu jadikan benteng untuk menghindari keretakan rumah tangga yang diakibatkan oleh perselingkuhan.

  1. Ketahui Dahulu Penyebab Terjadinya

Hal pertama dan utama yang dilakukan untuk menghindari keretakan rumah tangga karena perselingkuhan adalah dengan mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab seseorang bisa terjebak perselingkuhan. Setelah mengetahui penyebabnya barulah kita berpikir bagaimana untuk mencari solusinya sehingga perselingkuhan dalam rumah tangga tidak terjadi. Dan akhirnya akan membangun keharmonisan dalam rumah tangga karena kita sudah mengerti apa-apa saja penyebabnya. Karena memang, mencegah lebih baik daripada mengobati.

  1. Bangun kedekatan emosi dengan pasangan

Salah satu cara untuk menghindari keretakan rumah tangga akibat perselingkuhan adalah dengan mulai membangun kedekatan emosi dengan pasangan sebelum mulai berkomitmen menjalani hidup bersama. Kedekatan emosi yang tinggi antar pasangan ini bisa membangun rasa cinta, peduli, kasih dan sayang sehingga akan mampu menghindari adanya penghiantan yang terjadi nantinya termasuk perselingkuhan. Membangun emosi ini juga berfungsi untuk menjadi tameng agar pasangan lebih meras dihargai keberadaannya, dengan demikian akan susah untuk pasangan kita berpaling karena memang tingginya kedekatan emosional.

  1. Jaga Komunikasi dengan Pasangan

Keretakan rumah tangga seringkali terjadi disebabkan olehnya, dan kadang hal ini terjadi berawal dari hal biasa. Seperti misalnya kurangnya komunikasi antar pasangan, sehingga untuk menghilangkan kebosanan kadang mencari sosok baru adalah jalan keluarya. Pencarian sosok baru inilah bisa menjadi penyebab terjadinya perselingkuhan, karena pasangan tersebut merasa kesepian dan tidak ada komunikasi timbal balik oleh pasangannya. Untuk itu, maka jagalah komunikasi dengan pasangan untuk menghindari adanya keretakan rumah tangga akibat perselingkuhan.

  1. Hargailah keberadaan pasangan

Dalam rumah tangga juga kadang disebabkan oleh kurangnya penghargaan atau pasangan yang kurang merasa dihargai keberadaannya. Percaya atau tidak, dalam sebuah hubungan baik itu hubungan rumah tangga atau sebelum berumah tangga, menghargai keberadaan pasangan adalah bukti bahwa cinta itu benar adanya. Namun jika sudah pada titik keberadaan pasangan yang tidak dihargai, bisa jadi akan timbul perasaan ragu sehingga mengakibatkan pasangannya mencari seseorang yang lebih mampu menghargai keberadaannya. By: Nurus Syarifatul ‘Aini