Berikut Ini Adalah Bagaimana Menghadapi Gosip Di Lingkungan KerjaGosip dan juga bullying di tempat kerja adalah salah satu hal yang umum dan wajar terjadi di dalam dunia kerja. Hal ini terjadi karena banyak hal. Namun demikian, melawan balik tidak lah efektif, karena malah akan menimbulkan masalah baru. Karena itu, anda harus bisa mencari cara atau hal-hal lainnya yang bisa membantu anda menghadapi gosip di lingkungan kerja.

Menghadapi gosip di lingkungan kerja

Berit Brogaard dalam psychologytoday.com mengatakan ada beberapa hal yang bisa menjadi cara dalam menghadapi gosip di lingkungan kerja. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menghadapi gosip di lingkungan kerja:

  1. Berbicara dengan boss anda

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk menghadapi gosip di lingkungan kerja adalah berbicara dengan atasan anda. Namun, perlu diingat, hal ini akan berhasil apabila atasan anda adalah orang yang kooperatif, mau bekerja sama, dan mau membantu bawahannya. Apabila atasan anda bukan tipe orang seperti itu, maka ada baiknya anda tidak usah mencoba cara yang pertama ini.

  1. Terbuka dengan gosip yang ditujukan kepada anda

Hal berikutnya yang bisa anda lakukan untuk menghadapi gosip di lingkungan kerja anda adalah dengan terbuka akan gosip yang ditujukan kepada anda. Misalnya saja anda digosipkan bahwa mengalami masalah di dalam rumah tangga, maka yang harus anda lakukan adalah terbuka saja dengan kondisi tersebut, dan mengatakan bahwa “Ya, saya memang mengalami masalah di dalam rumah tangga saya.”, meskipun sebenarnya anda tidak mengalami hal tersebut. Hal ini akan membuat para penggosip menjadi diam, karena tidak akan menyangka bahwa anda memang mengalami hal tersebut.

  1. Memberikan kinerja terbaik di dalam pekerjaan

Apabila cara kedua tidak berhasil, maka untuk menghadapi gosip di lingkungan kerja, anda bisa melakukan cara ini, yaitu memberikan kinerja terbaik dan mencetak prestasi di dalam pekerjaan anda. Menjadi karyawan teladan, selalu mencapai target, mendapatkan promosi, dan pencapaian prestasi kerja lainnya jauh lebih penting dibandingkan menghadapi gosip. Disamping itu, ini adalah suatu tamparan halus kepada para penggosip, bahwa anda adalah orang yang berguna, dan bisa diandalkan oleh kantor. Hal ini akan membuat penggosip anda akan berkurang.

  1. Melaporkannya kepada bagian personalia, dengan bukti yang cukup tentunya

Melaporkan kepada bagian personalia bisa menjadi pilihan lainnya untuk menghadapi gosip di tempat kerja. Namun, anda harus melampirkan bukti yang cukup, dan juga otentik. Misalnya saja bukti rekaman gosip, saksi mata, dan sebagainya. Bagian personalia memiliki hak untuk melakukan investigasi terkait hal ini, karena berhubungan dengan iklim organisasi yang tidak sehat.

  1. Abaikan dan bekerja secara optimal

Masih belum berhasil juga? Kalau begitu, anda bisa menghadapi gosip di tempat kerja dengan cara mengabaikannya saja, dan masa bodoh dengan gosip tersebut. Fokus saja pada pekerjaan dan tugas anda di dalam kantor, dan jangan memperdulikan gosip tersebut. Tetap tersenyum dan menyapa mereka yang menggosipkan anda, seolah tidak ada apa-apa.

Itu adalah 5 tips atau 5 hal yang bisa anda lakukan untuk menghadapi gosip di tempat kerja. Selamat mencoba, dan semoga berhasil. By: Eduardus Pambudi