Melankolis, Plegmatis, Sangunis dan Koleris

Tipe kepribadian manusia – Mengapa setiap kepribadian yang dimiliki manusia itu berbeda – beda ? Apakah hal tersebut dikarenakan faktor keturunan dari ayah dan ibu yang berbeda ? Atau, hal tersebut dikarenakan oleh faktor lingkungan tempat tinggal seseorang ? Misalnya saja, orang yang tinggal di daerah pedalaman cenderung memiliki kepribadian yang lebih baik dari pada orang yang ada di kota. Seperti itukah ?

Atau kepribadian orang desa lebih memiliki sifat bersahaja, sedangkan orang yang tinggal di daerah perkotaan memiliki kepribadiann yang independen dan cenderung untuk cuek terhadap lingkungan sekitar?

Sebenarnya hal tersebut sudah lama sekali diteliti dan juga di bahas tentang kepribadian ini. Bahkan semenjak 400 tahun sebelum Masehi yang lalu, seorang tabib yang pandai ilmu filsafat dari Yunani, Hippocrates mengemukakan sebuah teori kepribadian. Ia banyak sekali merangkum kecenderungan dari kepribadian seorang manusia.

Hippocrates pun juga telah menyadari, bahwa teori yang membahas tentang kepribadian tersebut akan terus berkembang dan juga akan ada banyak sekali macam – macamnya. Dari semua jenis teori kepribadian tersebut, yang cukup populer dan dikembangkan adalah teori Hippocrates– Galenus. Teori ini adalah sebuah pengembangan dari teori yang ada sebelumnya, yakni Empedokretus. Sedangkan untuk tes kepribadian dibahas tersendiri di artikel psikoma.com.

Sepeti apa sajakah? Apakah teori ini sesuai dengan tipe kepribadian Manusia

  1. Si Sempurna Melankolis

Orang dengan tipe kepribadian melankolis adalah sosok yang sangat sempurna. Meskipun begitu, melankolis adalah orang yang memiliki kecenderungan daya juang yang kecil, lantas mudah untuk kecewa. Raut muka yang hampir selalu nampak muram, membuat melankolis sebagai orang yang cukup penakut dan sangat kaku terhadap peraturan.

Selain itu, orang yang memiliki tipe kepribadian ini cenderung orang yang sangat mudah untuk khawatir. Setiap masalah yang ada selalu dibuat penting dan tampak besar. Beberapa sifat lain yang sangat menonjol adalah orang ini sangat pemikir keras dan sangat sensitif. Jangan salah, dia adalah orang yang emosi dan ingin mengungkapkan perasaannya. Ia adalah orang yang memiliki kepedulian tinggi.

Meskipun begitu dalam hal ketelitian, orang yang melankolis adalah orangnya. Ia akan memiliki keunggulan yang jarang untuk dimiliki oleh orang lainnya yaitu jeli dalam mengerjakan sesuatu.

  1. Si Pembawa Kedamaian Plegmatis

Adalah tipe kepribadian yang santai dan tidak suka terburu – buru. Selain itu, plegmatis adalah orang yang membawa kedamaian dimana – mana. Ia tenang, susah untuk dipengaruhi dan dingin. Ia suka melakukan sesuatu karena keyakinan atas dirinya, bukan kebijakan atau naluri diri.

Selain itu, plegmatis adalah orang yang berani maju dan mengambil resiko karena semangat pantang menyerahnya. Meski begitu, ia tetap mau mengalah untuk menghindari konflik. Orang dengan tipe plegmatis ini, cenderung untuk menjadi orang yang diplomatis dan juga pendengar yang baik. Simpel namun sering menunda keputusan dan pekerjaan. Mungkin karena sifatnya yang terlalu santai.

Untuk anda yang memiliki tipe plegmatis berikut ini adalah tipe kecocokan dari seorang plegmatis

  1. Si Supestar Sanguinis

Adalah orang yang suka berbicara, karena ia adalah orang yang ramah, mudah bergaul, penuh senyum, dan periang. Kemampuan komunikasi dan menjalin relasi orang sanguinis adalah terbaik diantara yang lainnya. Pandai menguasai pembicaraan, karena orang sanguinis adalah orang yang suka diperhatikan. Tidak heran, jika orang seperti ini menjadi orang yang terkenal dan populer.

Sanguinis adalah orang yang sangat optimis. Tidak mengherankan jika ia akan terus berusaha saat sebuah kegagalan datang menghampiri. Orang ini juga memiliki kecendrungan Humoris, mudah bergaul, akan tetapi emosinya juga cenderung sering berubah – ubah. Orang seperti ini biasanya juga mudah terbawa emosi, seperti mudah menangis dan bahagia. Sayangnya tipe orang yang sanguinis adalah orang yang cenderung berfikiran pendek dan susah untuk berkonsentrasi.

  1. Si Kuat Koleris

Adalah orang yang penuh semangat berkibar. Ia adalah orang dengan daya juang tinggi, penuh optimis, namun hatinya juga mudah terbakar karena amarah. Koleris adalah seorang pemimpin, karena wataknya yang suka mengatur dan penguasa. Sayang, watak buruknya yang mendendam dan suka membalas lebih kejam.

Koleris adalah orang yang mudah marah dibangkitkan gairahnya, tapi juga mudah tenang saat lawan sudah menyerah kalah. Tipe orang yang suka mencari kesibukan. Suka memerintah dan mengatur orang lain. Sifatnya ini membuat sanguinis terlalu mencintai dirinya sendiri. Ketika ada yang melukainya, koleris akan sakit hati luar biasa. itulah pemaparan mengenai menentukan dengan tepat tipe kepribadian manusia, silahkan untuk ditela’ah.

4 temperamen ini banyak juga diartikan sebagai 4 kepribadian manusia, yang membentuk perilaku serta sikap seseorang dalam menghadapi situasi atau masalah tertentu. Bisa dikatakan, teori mengenai 4 kepribadian ini adalah salah satu teori kepribadian yang paling kuno dan sudah ada sejak jaman Yunani, dimana salah satu fisikawan dari Yunani bernama Hippocrates mengembangkan teori ini untuk kepentingan medis.

Seiring dengan perkembangan dan juga berjalannya waktu, teori medis ini berkembang menjadi bentuk-bentuk kepribadian, dan sudah banyak dikembangkan atau digunakan, bahkan sebelum ilmu psikologi dan teori-teori mengenai kepribadian dikembangkan.

Dibeberapa literasi ada perbedaaan pembahasan

Berikut ini adalah 4 jenis kepribadian pada manusia yang sering muncul:

  1. Sanguinis

Kepribadaian pertama adalah kepribadian sanguinis. Kepribadian ini, pada perkembangannya dikaitkan dengan elemen udara, dimana mereka yang memiliki tipe kepribadian atau temperamen sanguinis ini cenderung lebih fleksibel, seprti layaknya istilah “gone with the wind”.

Mereka yang memiliki ciri kepribadian ini, biasanya cenderung banyak berbicara, mudah dalam melakukan sosialisasi, optimistis, dan juga merupakan pribadi yang hangat. Mereka sangat mudah dalam menemukan teman-teman baru, dan juga mampu mengembangkan berbagai macam ide, pikiran, dan juga solusi dalam memecahkan masalah dengan baik dan variatif. Bisa dibilang, mereka yang memiliki kepribadian ini, adalah orang yang kreatif.

  1. Koleris

Kepribadian yang kedua dari 4 macam kepribadian kuno ini adalah tipe koleris. Dalam perkembangannya, tipe kepribadian koleris ini diasosiasikan dengan elemen api.

Mereka yang memiliki kepribadian ini cenderung mudah marah, impulsif, dan juga cenderung emosional. Mereka mampu meluapkan emosi dengan mudah, dan terkadang mengganggu dan seringkali membuat orang lain merasa tidak nyaman. Mereka banyak melakukan tindakan agresi, serta memiliki energi tubuh yang cukup kuat.

Apabila dikaitkan dengan kehidupan dan aktivitas sehari-hari, mereka yang memiliki kepribadian ini cenderung fokus dalam tugas-tugas, dan berusaha sebaik mungkin agar tugas yang dilakukan bisa selesai dengan efektif dan juga tepat waktu. Mereka baik dalam memimpin dan juga merencanakan sesuatu, dan merupakan salah satu contoh atau panutan yang bisa diandalkan.

  1. Melankolis

Tipe kepribadian berikutnya adalah tipe kepribadian melankolis. Tipe kepribadian ini diasosiasikan dengan elemen tanah atau bumi.

Mereka yang memiliki kepribadian ini cenderung terlihat sebagai orang yang serius dan juga berhati-hati. Banyak juga dari mereka yang memiliki kepribadian ini yang cenderung introvert dan dan juga sering terkesan “moody”. Mereka lebih senang menyendiri, atau melakukan segala sesuatu sendirian, karena merasa tidak cocok dengan berbagai macam tipe orang.

  1. Plegmatis

Tipe kepribadian berikutnya adalah plegmatis. Plegmatis diasosiasikan dengan elemen air. Mereka yang memiliki kepribadian ini cenderung penuh pertimbangan, tenang, sabar, toleran, dan juga cenderung perhatian terhadap siapapun.

Mereka yang memiliki kepribadian ini cenderung memiliki aura atau atmosfer yang tenang dan membuat nyaman. Banyak dari mereka yang memiliki kepribadian plegmatis ini, yang sering dijadikan sebagai sahabat dan juga teman dekat.

Nah, itulah 4 macam kepribadian manusia, menurut salah satu teori kepribadian yang bisa dibilang tertua yang ada di dalam ilmu mengenai kepribadian manusia. Kira-kira, anda masuk ke dalam tipe kepribadian yang mana yah?