Menangani Perilaku Self Injury Yang Sangat Mengkhawatirkan

Menangani Perilaku Self Injury Yang Sangat Mengkhawatirkan

Posted on

Menangani Perilaku Self Injury Yang Sangat MengkhawatirkanNama : xx
E-mail : ndnrnxxna@gmail.com
Judul : Bagaimana cara menghentikan teman/kerabat dari self injury?
Isi Konsultasi : Assalamualaikum. Saya mau bertanya mengenai self injury. Sy mempunyai teman umur 17 tahun an, ia sudah 5 tahun terakhir ini melakukan self injury dengan banyak cara seperti menyayat dirinya, atau memukulkan tangannya di tembok. Bagaimana caranya agar \’gangguan\’ yang dialami teman saya hilang?

Jawaban

Hai xx, bagaimana kabarnya? Semoga selalu baik dan sehat selalu ya.

Wah, perilaku self injury atau juga bisa disebut dengan bunuh diri memang merupakan suatu hal yang merepotkan, terutama bagi orang terdekatnya seperti yang anda alami saat ini. Pertama-tama yang harus dipastikan adalah, apakah teman anda memiliki suicide idea di dalam dirinya (keinginan untuk bunuh diri)? Apabila terdapat gejala suicide idea di dalam dirinya, maka anda harus memperketat pengawasan, jangan sampai teman anda sendirian, mengalami stress, depresi, atau berpergian ke tempat yang jauh dan asing tanpa ditemani.

Namun bukan berarti apabila teman anda tidak memiliki suicide idea, anda juga bisa tenang-tenang saja. Perilaku Bunuh diri, meskipun tanpa adanya suicide idea juga sangatlah berbahaya, karena akan mengganggu fisik teman anda juga.

Pencegahan darurat yang bisa anda lakukan adalah meningkatkan pengawasan, dan mempelajari kapan perilaku tersebut muncul. Ini merupakan suatu bentuk langkah preventif, yaitu mencegah munculnya perilaku self injury dengan cara menahan, mengawasi, mencegah, bahkan mungkin bisa juga dilakukan dengan menyingkirkan semua benda tajam dan benda yang berpotensi menjadi alat untuk melakukan bunuh diri.

Namun, cara preventif seperti itu tidaklah cukup. Mungkin bisa menghentikan atau mencegah sementara munculnya perilaku Bunuh diri Hal berikutnya yang bisa dilakukan adalah dengan membawa ke Psikolog untuk melihat, sebenarnya hal apa yang menyebabkan teman anda melakukan perilaku self injury tersebut. Akan membutuhkan waktu yang cukup lama, dan pastinya menguras energi untuk melihat penyebab utama dari munculnya perilaku self injury tersebut. Kebanyakan, orang dengan perilaku self injury bisa saja:

  • Mengalami Trauma
  • Merasa rendah diri dan tidak berguna
  • Merasa depresi
  • Pola pikir/rasio yang tidak berkembang dengan baik
  • Dan lain sebagainya.

Jadi, saran terbaik adalah membawa ke psikolog untuk pemeriksaan lebih lanjut, karena akan sangat sulit untuk mengatasi perilaku seperti ini tanpa melihat penyebab utama yang membuat teman anda mengalami hal tersebut. Psikologi Mania