Macam-macam Stress Yang Dialami Oleh Manusia

Macam-macam Stress Yang Dialami Oleh Manusia

Posted on

Macam-macam Stress Yang Dialami Oleh ManusiaMacam-macam Stress – Tentu saja kita sudah sering kali mendengar istilah stres. Seperti di jalan ketika hendak pergi ke kantor atau sekolah, lantas melihat orang berjalan kemana – mana tidak mengenakan baju. Biasanya kita menyebutnya dengan nama ‘orang gila’ atau ‘orang stres’. Benarkah ?

Atau ketika sedang berada di kantor atau sekolah. Karena anda tidak bisa mengerjakan tugas yang ada, lantas merasa semuanya tampak suram. Susah untuk konsentrasi. Tidak bisa melanjutkan pekerjaan dan ingin rehat sejenak. Lantas, ketika ditanyai oleh orang lain, ‘Kamu kenapa?’. Kira – kira jawaban apa yang akan kamu berikan ? ‘Aku stres! rasanya pusing banget.’ Seperti itukah ?

Stres merupakan keadaan dimana tubuh sudah merasa sangat terbebani dengan pekerjaan atau kondisi yang ada. Hal ini biasanya berkaitan dengan masalah kerja, lingkungan, hubungan sosial, ekonomi, dan lainnya. Tingkat stres seseorang juga berbeda – beda. Termasuk pula cara mereka untk mengatasi stres tersebut.

Kondisi stres sebenarnya adalah hal yang normal. Bisa mengenai siapa saja. Tidak terkecuali bagi bayi yang masih kecil, sampai manula. Asal mereka memiliki masalah atau keluhan yang berkaitan dengan hidupnya. Sumber stres seseorang juga berbeda – beda. Tergantung dari sisi mana mereka nyaman dengan keadaan.

Macam-macam stress pada manusia

Sebenarnya dalam psikologi, stres ada banyak jenisnya. Hal ini dibedakan dari mana ia mengalami stres, bagaimana cara menghadapinya, dan respon tubuh untuk menanggapi rasa stres tersebut. Menurut jenisnya, Stres pada manusia itu ada 3 macam. Seperti apa sajakah ?

  1. Eusstress

Manusia memiliki sumber stres tertentu. Bahkan berbeda – beda setiap orang. Maksud dari eus stress adalah seseorang yang mengalami masa stres yang baik. Maksudnya rasa stres itu akan membantunya menjadi lebih baik dari sekarang. Jenis stres seperti ini adalah stres yang baik. Bahkan orang – orang dituntut untuk mendapatkan stres yang seperti ini. Agar mereka semakin meningkatkan optimasi diri.

Misalnya pelajar yang sedang mengerjakan soal fisika. Sama sekali ia tidak paham dengan materi yang diberikan. Lantas ia merasa stres karena tidak bisa mengerjakan soal tersebut. Rasa stres yang ia miliki mendoronganya untuk bisa mengerjakan soal. Setelah ia bisa mengatasi stres ini, kemampuan di bidang ilmu fisika akan bertambah.

2. Stress

Stres jenis ini adalah stres yang tarafnya masih normal. Biasanya stres ini kerap dijumpai oleh orang – orang. Untuk mengatasinya cukup mudah. Asalkan seseorang sudah berada pada tahap nyaman, rasa stres akan hilang. Meskipun begitu, stres seperti ini lebih mudah datang dan pergi pada orang – orang.

Contohnya saat kita yang menyukai ketenangan. Namun terpaksa berada di area ramai bahkan gaduh. Sama sekali kita tidak bisa berkonsentrasi. Rasanya akan jengkel dan kesal. Untuk menanganinya, setiap orang memiliki cara yang berbeda – beda. Seperti menyalakan suara musik yang sesuai dengan selera. Atau pergi sementara waktu ke tempat yang nyaman. Dengan begitu stres ini akan hilang sendiri.

3. Disstres

Lantas, inilah jenis stres yang dipandang paling berat. Bahkan orang – orang yang tidak mampu menangani stres jenis disstres, ia akan mengalami hambatan atau gangguan. Disstres seperti inilah yang menyebabkan kita sering menemui orang – orang mati gantung diri karena tidak bisa menyelesaikan masalahnya. Atau orang – orang yang kerap jalan ke sana ke mari tanpa berbusana.

Baca juga CARA MENGHILANGKAN STRES

Misal seperti yang di alami oleh Pak Ami. Beliau mencalonkan dirinya sebagai calon gubernur. Beliau sudah mengerahkan semua kekayaanya, bahkan hutang sana sini untuk pemelihan ini. Menurut prediksinya ia akan menang. Sayangnya tidak. Beliau kalah. Karena merasa malu, tidak percaya diri, bahkan kesulitan untuk melunasi hutang, Pak Ami akhirnya stres. Tidak punya tujuan dan alasan lain, akhirnya beliau bubuh diri.

Berdasarkan jenis dan macam-macam stress di atas, setiap orang memiliki tingkat kemampuan alami yang berbeda-beda dalam menangani stress tersebut. Terkadang ada yang dapat dengan mudah menangani stress tersebut, namun ada pula individu yang sulit dalam menanganinya dan membutuhkan bantuan dari orang lain. Tak usah khawatir dengan stress terkadang stress yang melanda pun memiliki efek positif bagi manusia, misalnya ia dapat belajar bagaimana cara menghadapi permasalahan yang sama jika menimpa kembali.

Dengan belajar macam-macam stress di atas semoga kita mampu bersikap bijak dalam menghadapi segala bentuk persoalan. By; Izzatur Rosyida