Kondisi Stres Hingga Depresi Saat Ditinggal Menikah Mantan

Kondisi Stres Hingga Depresi Saat Ditinggal Menikah Mantan

January 21, 2018 Off By Admin

Kondisi Stres Hingga Depresi Saat Ditinggal Menikah MantanDitinggal seseorang yang pernah menghadirkan kisah cinta dalam hidup kita memang tidak semuanya nyaman dan membuat hati lega. Sebagian orang bahkan merasa kondisi tersebut adalah kondisi yang membuat dirinya merasa stress hingga depresi saat ditinggal menikah oleh mantan kekasih.

Kisah sang mantan yang ditinggal menikah ini memang seringkali viral di media sosial, misalnya Risna (22) tahun wanita asal bulukumba dimana ia menghadiri pernikahan mantan yang telah menjalin hubungan selama 7 tahun dengannya harus menikah dengan orang lain. Video menangis di pelukan mantan pun beredar luas di kalangan netizen. Sementara kisah lain seorang pria asal dompu nusa tenggara yang dengan tegar datang ke acara pernikahan mantan pacarnya. Bahkan dalam pernikahannya ia menyumbang lagu sembari menitihkan air mata, seperti di lansir dalam tribunnews (4/8/17).

Lain lagi dengan rahma (23) tahun asal samarinda yang merasakan kondisi kecewa, sedih selama beberapa bulan saat ia di putuskan oleh kekasih untuk menikah dengan wanita lain. Bahakan ia mengungkapkan, seringkali terbawa mimpi hingga saat terbangun ia menangis dan merasakan kesedihan yang mendalam.

Kondisi yang dirasakan oleh risna, pria asal dompu, dan rahma sebenarnya adalah sebuah kondisi dimana sang mantan yang ditinggal merasakan sensasi dari romantisme masa lalu. Romantisme masa lalu yang terkenang akhirnya membuat gejolak emosi meningkat yang disertai dengan perasaan sedih yang mendalam atau perasaan lega yang dirasakan.

Kondisi tersebut adalah hal yang wajar saja terjadi, mengingat romantisme kisah yang dirasakan dahulu membuat kenangan yang tak terlupakan, dan tiba-tiba ia harus mengakui bahwa itu semua sudah tak dapat lagi dirasakan dengan yang tersayang.

Hal ini dapat menjadi lebih buruk lagi saat kisah yang pernah ia lalui di bahas kembali oleh rekan yang tidak mengerti kondisi yang tengah dirasakan. Dengan enteng sang rekan menggoda sekaligus sindiran “sabar ya tong, dia bukan jodoh mu” “jadi ingat dulu, elu nempel mulu sama dia”.

Kondisi Psikologis Seseorang Yang Ditinggal Mantan Menikah

Sebagian yang lain harus dihadapkan pada rasa sulit untuk menerima kenyataan disebabkan pengalaman putus yang menyedihkan dimana hal tersebut terjadi padanya dan justru berbanding terbalik dengan wanita/pria yang beruntung mendapatkan cintanya. Menurut Grace Larson seorang peneliti bidang psikologi relasi dari Northwestern University menyebutkan bahwa pengalaman putus cinta dapat mengubah hidup seseorang, seperti dilansir dalam tirto.id (13/1/18).

Putusnya hubungan membuat dirinya kehilangan sumber afeksi secara fisik, intimasi, dan juga kepedulian timbal balik dimana hal ini akan memicu timbulnya kondisi stres. Pada taraf yang lebih berat hal ini dapat mencapai puncak depresi yang membuat seseorang muncul niatan untuk melakukan bunuh diri.

Stres dan depresi hingga bunuh diri juga pernah terjadi dimana seorang pria yang ditinggal oleh sang istri dengan pria lain melakukan bunuh diri melalui live streaming facebook. Artinya kondisi patah hati yang ditinggal oleh mantan kekasih menjadi sebuah fase kritis yang tidak bisa dianggap remeh. Terlebih meremehkan orang yang sedang patah hati. Mereka butuh dukungan sosial, sama seperti orang-orang yang tengah mengalami kondisi depresi.

Hentikan untuk menganggap mereka bodoh karena menangisi seseorang, mungkin apa yang anda anggap remeh temeh tersebut, justru menjadi hal yang cukup membuat jiwa orang yang diputusin atau ditinggal menikah teroncang. Mulai dari sekarang mari tingkatkan kepedulian kita pada saudara yang tengah mengalami patah hati. Hibur mereka, karena hal kecil untuk menghibur mereka sangat berarti untuk menyelamatkan dirinya.

Teknik Terapi Psikodinamika

Apabila gangguan psikologis sudah sedemikian beratnya terjadi, maka ia dapat dilakukan terapi psikodinamika. Terapi psikodinamika sendiri adalah salah satu teknik yang dilakukan dengan menggunakan prinsip psikoanalisa Sigmund Freud. Terapi ini dilakukan dengan cara menumbuhkan sebuah insight baru tentang konflik yang terjadi dalam hidupnya dengan menuntunya untuk menemukan penyelesaian konflik bawah sadarnya.

Teknik terapi psikodinamika memang sebaiknya dilakukan dengan bantuan professional psikolog untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan optimal. Mendekatkan diri dengan yang maha kuasa juga menjadi salah satu pelampiasan emosi negative secara tepat dan benar. Sehingga harapanya setelah anda mengadu dengan sang pencipta rasa tenang dan lega dapat dirasakan.

Cinta adalah rasa yang hanya dapat dirasakan oleh orang yang mencinta. Dengan cinta kehidupan akan menjadi bermakna dan penuh warna. Salam untuk semua, Sharing-mu, Personal Branding-mu. By: Muhamad Fadhol Tamimy