Mengintip Aktifitas Di Media Sosial Facebook

Aktifitas Di Media Sosial Facebook. Tidak dapat dipungkiri bahwa Facebook adalah salah satu situs sosial media yang paling banyak dikunjungi oleh banyak kalangan, tua muda, dan dimanapun negaranya.

Lalu kemudian, muncullah pertanyaan, sebenarnya, apa sih yang dilakukan oleh orang–orang atau user yang masuk ke dalam account Facebook mereka, paling tidak selama 5 menit saja login ke dalam account Facebook mereka.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Kevin Wise, Saleem Alhabash, dan Hyojung Park dalam jurnal berjudul emotional responses during social information seeking on facebook, telah menemukan sesuatu yang menarik dalam penelitiannya yaitu mengenai hal–hal apa saja yang dilakukan oleh user Facebook, ketika diberi kesempatan untuk masuk ke dalam account facebooknya selama 5 menit.

Penasaran dengan hal–hal yang paling sering dilakukan oleh para user di Facebook ketika mendapatkan kesempatan untuk login selama 5 menit? Berikut ini adalah hal yang paling sering dilakukan oleh pengguna Facebook, berdasarkan penelitian dari ketiga peneliti tersebut :

  1. Social Searching

Social Searching merupakan kegiatan dari para user atau pengguna Facebook dalam mencari nama–nama dari teman mereka secara spesifik, mulai dari melihat–lihat wall, album foto, daftar teman, dan juga berbagai macam kegiatan dari teman mereka di dalam Facebook.

Social Searching ini sama dengan istilah kepo dalam bahasa gaul saat ini, dimana para user secara secara spesifik mencari nama teman tertentu, dan kemudian dengan sengaja mengunjungi profile page, dan melihat–lihat kegiatan temannya tersebut. Dari 312 aktivitas yang telah diteliti, sebanyak 116 atau 37.2% diantaranya berada pada aktivitas social searching setelah di berikan waktu selama 5 menit.

 

  1. Social Browsing

Peringkat kedua dari hal yang paling sering dilakukan oleh pengguna Facebook adalah melakukan social browsing. Berbeda dengan social searching, dimana para user atau pengguna Facebook secara sengaja mencari nama teman tertentu, maka Social Browsing ini merupakan kondisi dimana user Facebook yang berpartisipasi, mengunjungi profile page dari temannya yang muncul di timeline atau news feed.

Dapat dikatakan, bahwa istilah social browsing ini merupakan istilah “kepo” secara tidak sengaja. Sedang melihat news feed dan timeline, secara kebetulan tiba–tiba ada nama teman yang muncul, lalu dikunjungilah profile page teman tersebut. Dari ke 114 aktivitas, atau sekitar 36.5% memperlihatkan bahwa seperti ini terjadi saat para partisipann di beri waktu 5 menit untuk membuka facebook.

Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, setiap aktivitas social browsing merupakan sebuah aktivitas yang menempati peringkat pertama dalam hal durasi. Hal tersebut artinya, para user dan pengguna Facebook lebih lama melakukan aktivitas social browsing dibandingkan dengan Social Searching.

  1. Hanya Login Saja

Dari 28% total sebanyak 312 aktivitas  responden di dalam Facebook, atau 28 aktivitas menunjukkan kondisi login saja. Jadi, dari sekian banyak aktivitas yang telah dilakukan oleh para user atau pengguna Facebook, hanya sedikit saja yang hanya sekedar login tanpa dibarengi dengan melakukan aktivitas apapun.

  1. Melakukan Komunikasi

Dari total sebanyak 312 aktivitas yang telah terekam dalam penelitian ini, sebanyak 27 aktivitas atau sekitar 9% adalah aktivitas komunikasi dan juga impresi. Aktivitas komunikasi merupakan aktivitas dimana para user atau pengguna dari Facebook melakukan komunikasi dengan temannya, misalnya chatting, ataupun menerima message. Sedangkan Impresi, berhubungan dengan kegiatan atau aktivitas mengganti profile picture.

Nah, ternyata hal yang paling sering dilakukan oleh pengguna Facebook menurut penelitian ini adalah melakukan pencarian nama teman, dan secara sengaja kepo dengan aktivitas teman – teman Facebook mereka. Bagaimana? Apakah anda juga merasakan hal yang sama?

By: Eduardus Pambudi