Inilah Fakta Menarik Tentang Gambaran Kebahagiaan Remaja Saat Ini

Inilah Fakta Menarik Tentang Gambaran Kebahagiaan Remaja Saat Ini

Posted on

Kebahagiaan Remaja

Kebahagiaan Remaja. Bahagia menjadi sebuah emosi yang di dambakan kehadirannya. Ia merupakan sebuah respon emosi positif yang dimiliki oleh setiap manusia. Menurut sudut pandang psikologi sendiri, kebahagiaan didefenisikan sebagai suatu keadaan secara subjektif oleh setiap manusia (Snyder & Lopez dalam Oetam & yuniarti, 2011).

Menurut pengertian tersebut dapat diartikan bahwa kebahagian merupakan segala sesuatu keadaan yang dirasakan oleh setiap orang yang sifatnya berbeda menurut pandangan satu orang dan ornag lainnya. Bisa jadi satu orang menganggap apa yang ia rasakan merupakan kebahagiaan yang sesungguhnya, namun bisa jadi hal tersebut berbeda dengan yang lainnya.

Kebahagiaan selalu memberikan fakta menarik penyebab munculnya. Berikut ini akan kita bahas tentang fakta menarik tentang gambaran sumber kebahagiaan yang dilansir dari jurnal berjudul Orientasi Kebahagiaan Siswa SMA, Tinjauan Psikologis Indigenous Pada Siswa Laki-laki Dan Perempuan yang telah diterbitkan dalam jurnal Humanitas, Vol.VIII No.2 Agustus 2011.

Dari penelitian yang dilakukan pada sejumlah sampel remaja SMA sebanyak 459 orang tersebut dilakukan dengan menggunakan instrumen dari metode indigenous psychology. Para responden di ajukan beberapa pertanyaan untuk mengungkapkan peristiwa yang membuat para remaja merasa bahagia

Data hasil jawaban para responden tersebut kemudian dilakukan analisis dengan menggunakan tabulasi silang yaitu memasukkan data kuantitatif dalam SPSS. Setelah data di masukan terlihat data dalam bentuk grafik menunjukkan bahwa, secara keseluruhan peristiwa yang membuat paling bahagia adalah peristiwa yang berhubungan dengan keluarga sebesar 31,6%, selanjutnya diikuti oleh prestasi sebesar 28,8%. Selanjutnya diikuti oleh Mencintai dan dicintai, Spiritualitas, Teman, waktu luang, Uang, dan Lain-lain

Gambaran Sumber Kebahagiaan Remaja

  1. Keluarga

keluarga

Sumber kategori kebahagiaan ini termasuk dalam beberapa kategori. Kategori besar keluarga terdiri dari kategori-kategori kecil yang meliputi kategori dicintai orangtua, kebersamaan dengan keluarga, bertemu ibu dan ayah, liburan dengan keluarga, membahagiakan keluarga, membahagiakan orang tua, membanggakan orangtua, membantu keluarga, memiliki keluarga harmonis dan bahagia, memiliki orangtua yang baik, memiliki adik, serta selamat dari musibah. Keluarga ini sendiri di bahas lebih detail di psikologi keluarga.

  1. Prestasi

Kategori prestasi meliputi kategori berguna bagi orang lain, berprestasi, cita-cita tercapai, diterima di sekolah yang diinginkan, juara, keinginan tercapai, menemukan sesuatu, mengalahkan orang lain, nilai bagus dan sukses. Ketika hal tersebut salah satunya tercapai maka kebahagiaan pun akan kian tumbuh.

  1. Mencintai Dan Dicintai

Kategori mencintai dan dicintai terdiri dari kategori kecil bertemu orang spesial, cinta, dicintai,, diperhatikan, diterima orang lain, kebersamaan dengan orang yang dicintai, memaafkan, serta ulang tahun yang dirayakan oleh orang-orang sekitar.

  1. Spiritualitas

Kategori spiritualitas merupakan kumpulan dari kategori fisik yang baik, hidup, lahir dan kelahiran, serta spiritualitas. Dengan tercapainya spiritual yang baik, maka sumber-sumber dari ketenangan batin pun akan tercipta. Mereka yang memiliki keadaan spiritual yang baik di lingkungannya memiliki kecenderungan memiliki kebahagiaan yang lebih tinggi

  1. Teman

Kategori teman meliputi kategori kecil bertemu orang spesial, kebersamaan dengan teman, memiliki pacar, serta memiliki teman. Teman memrupakan salah satu sumber kebahagiaan bagi para remaja. Teman disamping membawa kebahagiaan pada diri seorang remaja, ia juga terkadang menjadi sumber penderitaan bagi para remaja. Bagi para remaja yang tak di bimbing dalam pola pergaulannya rentan untuk mendapatkan lingkungan teman yang cenderung berperilaku ke arah yang lebih negatif.

  1. Waktu Luang

Kategori waktu luang terdiri dari kategori bercanda, bermain, liburan, serta menonton filem. Pernah mengalami kan, momen dimana guru di kelas mendadak berhalangan masuk untuk mengisi pelajaran? Nah momen tersebut terkadang membuat sebagian dari para remaja girang merasakan kebahagiaan yang luar biasa. Dari situ pun dengan suka cita mereka lampiaskan dengan gaduh tiba-tiba di dalam kelas. Mungkin sebagian dari para remaja di kelas tersebut ada yang tidak suka, namun percayalah bahwa di dalam lubuk hati terdalam ia sebenarnya pun berbahagia pula. Hanya saja karena gengsi dan mencoba untuk berbeda makanya mereka mencoba untuk tak suka. Atau dapat juga diisi dengan kerja part time untuk menambah penghasilan selain mendapatkan uang saku dari orang tua.

  1. Uang

Inilah Fakta Menarik Tentang Gambaran Kebahagiaan Remaja Saat Ini

Kategori uang merupakan kategori yang terdiri dari satu kategori kecil yaitu kategori uang itu sendiri. Siapa yang tak suka ketika mendapatkan uang banyak. Jangankan para remaja, anak kecil pun yang kebanjiran uang di saat lebaran juga bahagia. Apalagi para remaja, yang sudah mengerti makna dan kegunaan uang.

  1. Lain-Lain

Kategori “Other” merupakan kategori besar yang terdiri dari jawaban-jawaban yang tidak sesuai dengan kategori yang sudah ada seperti kategori kecil beruntung, bisa makan, kebebasan, membahagiakan diri sendiri, serta mendapatkan kejutan dan jawaban yang tidak mewakili pertanyaan seperti Irrelevant answer serta missing atau responden tidak menjawab pertanyaan dalam aitem pertama

Beberapa hal di atas mungkin tak semuanya tepat, karena sifat dari keilmiahan adalah akan terbantahkan seiring penemuan yang terbarukan. Oleh sebab itu hal ini mungkin kiranya dapat menambah khasanah wawasan dan keilmuan kita, tentang bahagia menurut sisi dari Ilmu Psikologi. Semoga bermanfaat.