Ini Dia Pelatihan-Pelatihan Yang harus Diikuti Sebagai Seorang Psikolog

Ini Dia Pelatihan-Pelatihan Yang harus Diikuti Sebagai Seorang Psikolog

October 16, 2016 Off By admin

Ini Dia Pelatihan-Pelatihan Yang harus Diikuti Sebagai Seorang PsikologSebagai seorang psikolog, anda tidak bisa hanya terpaku pada apa yang anda peroleh di dalam kelas saja. Secara umum, anda juga harus mampu untuk mengembangkan diri anda lebih baik lagi, supaya anda bisa menjadi seorang psikolog yang kredibel dan juga berkualitas.

Pelatihan Yang Harus Diikuti Sebagai Seorang Psikolog

Salah satu hal yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan profesionalisme dan juga kredibilitas adalah mengikut pelatihan. Ada banyak sekali pelatihan yang harus diikuti sebagai seorang psikolog, terutama untuk meningkatkan kompetensi dan juga profesionalisme dari seorang psikolog. Secara umum, tanpa memandang spesialisasi, berikut ini adalah beberapa pelatihan yang harus diikuti sebagai seorang psikolog :

  1. Pelatihan mengenai konseling

Konseling adalah salah satu “senjata” andalan dari psikologi manapun. Psikolog diharuskan mampu untuk melakukan konseling sebagai salah satu bentuk intervensi terhadap klien. Beberapa tokoh mengatakan bahwa konseling adalah sebuah pilihan intervensi psikologis yang paling sederhana, memiliki efek yang besar, namun harus dilatih agar mampu memberikan hasil yang maksimal. Konseling meliputi sesi tanya jawab antara psikolog dengan kliennya, tanpa dilakukan teknik-teknik psikoterapi khusus.

Pelatihan mengenai konseling sangat penting untuk diikuti oleh psikolog, agar para psikolog, paling tidak paham dan kompeten dalam teknik intervensi yang paling sederhana ini, mampu untuk memahami klien dengan baik, dan mampu memberikan masukan dan juga saran bagi klien, supaya klien benar-benar merasakan manfaat yang luar biasa dari sesi konseling yang mereka ikuti.

  1. Pelatihan mengenai alat-alat tes psikologi

Apabila dihitung, ada ratusan alat tes psikologi yang sudah terstandardisasi, dan akan terus bertambah, mengingat di Indonesia sendiri, pengembangan mengenai alat tes psikologi masih terus dilakukan. Karena itu, pelatihan mengenai alat-alat test psikologi, berikut cara melakukan interpretasinya sangatlah penting untuk diikuti oleh psikolog. Hal ini akan sangat membantu pekerjaan psikolog dalam memberikan diagnosa dan juga melihat masalah umum dan masalah utama yang dimiliki oleh klien.

Tidak harus semua alat tes dikuasai. Anda bisa mengikuti pelatihan mengenai alat tes yang benar-benar anda minati saja.

  1. Pelatihan psikoterapi

Psikoterapi adalah pelatihan yang harus diikuti sebagai seorang psikolog selanjutnya, terutama psikolog yang berfokus pada perannya sebagai seorang terapis. Psikoterapi adalah salah satu bentuk intervensi psikologis, yang lebih kompleks dan juga lebih rumit dibandingkan teknik konseling. Psikoterapi bertujuan untuk membantu menolong klien dari masalahnya dengan teknik-teknik tertentu.

Maka dari itu, untuk bisa melakukannya, psikolog haru mengikuti pelatihan terlebih dahulu, agar kompeten dalam melakukan pelatihan psikoterapi tersebut. Beberapa teknik psikoterapi yang seringkali dibuat pelatihannya antara lain adalah :

  • Hypnotherapy
  • Art Therapy
  • Play Therapy
  • Family Therapy
  • Dan masih banyak lagi

Nah, 3 hal tersebut adalah pelatihan yang harus diikuti sebagai seorang psikolog untuk menjadi psikolog yang kompeten, profesional dan juga berkualitas. Meski demikian, masih ada banyak pelatihan-pelatihan lain yang bisa diikuti, seperti misalnya seminar kasus dan seminar penelitian, untuk menambah wawasan dalam isu-isu terbaru di dalam dunia psikologi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua. Psikologi Mania