Ternyata Ini Dia Beragam Jenis Dan Tujuan Tes Psikologi

Ternyata Ini Dia Beragam Jenis Dan Tujuan Tes Psikologi

Posted on

Ternyata Ini Dia Beragam Jenis Dan Tujuan Tes PsikologiBeragam jenis dan tujuan tes psikologi. Tes Psikologi menurut beberapa sumber diartikan sebagai sebuah kegiatan yang digunakan sebagai kegiatan pengukuran atau penilaian untku mengungap aspek-aspek tertentu dari seseorang melalu cara-cara tertentu dan pastinya sistematik. Biasanya tes psikologi ini membahas seputar informasi pikiran, perasaan, persepsi atau perilaku seseorang sebagai tolak ukur penarikan kesimpulan mengenai penilaian terhadap seseorang.

Dalam melakukan tes psikologi, ada beberapa jenis beserta tujuan utama mengapa dilakukannya tes psikologi. Tujuan tes psikologi tersebut mulai dari tes intelegensi, tes bakat, tes kepribadian dan tes minat, beikut ini adalah penjabaran mengenai jenis beserta tujuan tes psikologi.

  1. Tes Psikologi Untuk Mengetahui Tingkat Intelegensi

Dalam tes psikologi intelegensi ini bertujuan untuk mengetahui sebarap besar kemampuan seseorang. Kemampuan ini memiliki beberapa aspek penting dalam tes intelegensi dianataranya tingkat fokus, adaptasi, dan mengahadapi sebuah masalah. Kemampuan yang pertama adalah kemampuan untuk berfokus dalam menyelesaikan satu-persatu masalah yang dihadapinya. Dalam penarikan kesimpulan tes psikologi, jika seseorang mampu berfokus dan terpusat pada satu masalah dahulu maka bisa dipastikan tingkat intelegensinya terbilang tinggi. Namun jika intelegensi rendah atau rata-rata, maka akan cenderung mudah berpindah ke masalah yang lainnya.

Kemampuan selanjutnya dalam aspek tes psikologi jenis tes intelegensi ini adalah kemapuan untuk beradaptasi. Maksudnya disini adalah apabila tingkat intelegensi yang dihasilkan dalam tes psikologi seseorang tinggi, maka seseorang tersebut cenderung memikirkan lebih dari satu penyelesaian dengan pertimbangan beberapa kemungkinan yang akan muncul.dan kemapuan terakhir adalah bagaimana ia mampu menghadapi kritik tajam dari seseorang. Jika tingkat intelegensi seseorang tinggi, maka kritik tersebut akan dijadika sebuah motivasi untuk bisa menyelesaikan masalah yang dihadapinya.

  1. Tes Psikologi Untuk Mengetahui Bakat Seseorang

Setiap orang diciptakan dengan bakat mereka masing-masing, ada yang ahli bahasa, ahli matematika, musik atau sejenisnya. Bakat itu sendiri merupakan kemampuan khusus seseorang yang kemudian tumbuh menjadi potensi, prestasi dengan diasah melalui latihan-latihan tertentu. Mengetahu bakat yang ada dalam diri ini sangatlah penting, karena dengan mengetahui bakat kita bisa menentukan pilihan terbaik serta sesuai denga kemampuan yang kita punya. Mengetahui bakat dan kemampuan diri ini diperoleh dari tes psikologi.

  1. Tes Psikologi Untuk Mengetahui Kepribadian Seseorang

Kepribadian seseorang bisa kita ketahui dengan melakukan tes psikologi. Dalam tes psikologi jenis tes kepribadian ini biasanya ada observasi, inventori, dan teknik proyektif. Adapun aspek yang diukur dalam tes psikologi ini biasanya seputar pengendalian diri, kepercayaan diri, hubungan interpersonal, komitmen, optimisme dan sepuat kepribadian.

  1. Tes Psikologi Untuk Mengetahui Minat Seseorang

Salah satu jenis dan tujuan dilakukannya tes psikologi adalah untuk mengetahui minat seseorang. Minat nantinya akan menunjukkan keinginan seseorang untuk melakukan sesuatu. Dari minat inilah nantinya akan ditemukan potensi apa yang ada dalam diri seseorang. Tes psikologi yang digunakan untuk mengetahui minat seseorang biasanya diterapkan dalam seleksi keperluan dunia kerja, pemilihan jurusan atau sejenisnya, karena nantinya akan menentukan bidang pekerjaan seseorang. By: Nurus Syarifatul ‘Aini