Mitos Dan Fakta Seputar Introvert-EkstrovertFakta Seputar Introvert-Ekstrovert – Mitos dan Fakta seputar Introvert-Ekstrovert akan selalu menarik untuk di perbincangkan. Tak hanya gosip murahan seperti pencarian sensasi semata para artis, namun dengan memahami mitos dan fakta seputar introvert dan ekstrovert akan semakin membuka cakrawala wawasan mengenai kepribadian yang satu ini.

Berikut ini merupakan Mitos dan Fakta Seputar Introvert-Ekstrovert yang menarik untuk di ketahui.

  1. Semua Introvert Itu Pemalu

Mitos Dan Fakta Seputar Introvert-Ekstrovert

Banyak yang bilang bahwa mereka yang memiliki kepribadian Introvert adalah pemalu dan merugikan. Faktanya bahwa pemalu dan kepribadian introvert sama sekali tidak berhubungan. Ada juga loh orang yang introvert yang ga pemalu seperti yang kita kira. Orang introvert hanya harus membutuhkan alasan agar mau berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

2. Introvert Enggan Berbicara

Mitos Dan Fakta Seputar Introvert-Ekstrovert

“Duh aku introvert nih guyss”, lantas orang-orang di sekitarnya mencibir, “wah ini anak pasti sulit kalo di ajak berbicara”. Nah loh, jika seperti itu, berarti anda telah salah kaprah. Seorang introvert juga suka berbicara loh. Namun memang mereka hanya membicarakan yang dianggap penting dan terbatas pada orang-orang yang sudah dianggap dekat dengannya saja.

3. Introver Tidak Bisa Bergaul

Mitos Dan Fakta Seputar Introvert-Ekstrovert

Nah loh, ini juga seringkali di label kan pada mereka yang tidak suka bergaul. Padahal mereka yang tidak suka bergaul belum tentu memiliki kepribadian yang introvert, atau sebaliknya mereka yang introvert dipastikan tidak suka bergaul.

Memang benar apabila ada yang mengatakan Introvert hanya memiliki sedikit teman saja. Akan tetapi itu semua dikarenakan mereka sangatlah slektif dalam membina suatu hubungan.

4. Seorang Introvert Tidak Bahagia

Mitos Dan Fakta Seputar Introvert-EkstrovertBenarkah mereka yang memiliki kepribadian introvert tidak bahagia? Penulis sampai bingung deh jika ada yang

beranggapan seperti demikian. Karena setelah di research belum ada penelitian yang jelas dan valid hingga memfonis para pemilik kepribadian introvert tidak bahagia.

Faktanya pandangan ini muncul dikarenakan para introvert terlihat selalu diam dan menyendiri. Tentu saja hal ini adalah mitos yang salah kaprah, karena introvert juga memiliki kebahagiaan dengan cara mereka sendiri. Jadi jangan merasa minder ya jika anda termasuk ke dalam kepribadian yang introvert.

5. Introvert Lebih Cerdas Dari Ekstrovert

Mitos Dan Fakta Seputar Introvert-Ekstrovert

Selain para introvert terlihat pendiam, katanya sih orang yang memiliki kepribadian introvert adalah orang-orang cerdas. Namun Faktanya hal ini tidaklah benar 100%, karena kecerdasan seseorang tidaklah tergantung dari kepribadiannya. Bisa saja seseorang yang suka bicara akan lebih cerdas dari seseorang yang pendiam atau bahkan kebalikannya.

6. Ekstrovert Adalah Pembicara Handal

Fakta Seputar Ekstrovert Yang Harus Kita Ketahui

Seringkali mereka yang memiliki kepribadian terbuka diidentikan dengan pandai dalam bergaul, mudah untuk berkomunikasi dengan orang lain, dan handal dalam berbicara di muka umum.

Faktanya: hal ini belum tentu benar adanya, karena meskipun seorang ekstrovert suka berbicara, akan tetapi belum tentu mereka mampu dalam menarik perhatian dari orang lain dengan kata-kata mereka.

7. Ekstrovert Anti Suasana Sepi

Fakta Seputar Ekstrovert Yang Harus Kita Ketahui

Mereka yang memiliki kecendrungan ekstrovert di pastikan suka di keramaian dan anti dalam suasana sepi. Benarkah dengan pendapat yang demikian?

Faktanya: sebetulnya tak juga hal yang demikian, karena para ekstrovert terkadang juga membutuhkan waktu untuk menenangkan diri. Hanya saja di waktu yang di butuhkan tidak lama seperti orang yang memiliki kepribadian yang berkecendrungan introvert

8. Semua Ekstrovert Itu Dangkal

Fakta Seputar Ekstrovert Yang Harus Kita Ketahui

Apakah benar mereka yang memiliki kepribadian ekstrovert itu seringkali dangkal dalam berpikir? dimana Mereka selalu mendahulukan keterbukaan mereka untuk mengambil inisiatif tertentu atau keputusan tertentu?

Stop tunggu dulu ya

Faktanya: ini adalah pemikiran yang sangat salah. Anggapan ini telah muncul sejak dahulu kala yang menyatakan bahwa, orang yang banyak bicara pasti jarang berfikir. Orang ekstrovert juga punya cara belajar dan cara untuk memperoleh informasi untuk memperkaya wawasan mereka.

9. Mudah Membedakan Introvert & Ekstrovert

Fakta Seputar Ekstrovert Yang Harus Kita Ketahui

Sebuah kerumunan kelompok belajar atau kelompok ibu-ibu arisan, seringkali banyak orang yang suka menduga-duga kepribadian seseorang. “Nah tu lihat si anu dia sendirian, pasti kepribadian introvert” atau “nah itu loh jeng, si anu kalo bicara suka ngalor-ngidul, nyapa orang sok kenal, pasti dia memiliki kepribadian ekstrovert”.

Nah loh siapa yang suka menduga-duga hal yang demikian?

Faktanya: Sebetulnya hal ini cukup sulit untuk di ketahui. Ini karena setiap manusia adalah individu yang unik dan kompleks. Tidak selalu orang yang berbeda di keramaian itu ekstrovert, atau orang yang suka berada di tempat sepi itu introvert.

10. Tidak Ada Introvert Sekaligus Ekstrovert

10

Benarkah tidak ada introvert sekaligus ekstrovert. Nyatanya ada loh yaitu ambivert, namun untuk lebih lengkapnya anda dapat membaca artikel sebelumnya tentang Ambivert, keseimbangan antara introvert dan ekstrovert

Faktanya: Ada kepribadian yang dapat beradaptasi sesuai dengan situasi dan kondisi, yaitu ambivert. Ambivert dapat menjadi introvert saat sedang sendiri, atau menjadi ekstrovert saat sedang berkumpul bersama orang lain.

Nah jadi sudah taukan fakta seputar Introvert-ekstrovert yang sebenarnya.. yuk tetap pantengin www.psikoma.com. Monggo untuk di share agar bermanfaat untuk yang lain juga By: Muhamad Fadhol Tamimy