Fakta Menarik Mengenai Psikologi Anak Yang Perlu Anda Ketahui

7 Fakta Menarik Mengenai Psikologi Anak Yang Perlu Anda Ketahui

Posted on

Psikologi AnakPsikologi anak merupakan salah satu bagian atau cabang dari ilmu psikologi yang mempelajari tentang segala sesuatu mengenai anak, mulai dari perkembangan psikologis, psikososial, psikoseksual, dan berbagai macam masalah yang muncul pada masa kanak-kanak. Nah, berikut ini adalah beberapa fakta menarik mengenai psikologi anak yang perlu anda ketahui:

  1. Psikologi anak tidak hanya fokus pada masalah anak yang mengalami kekurangan, namun juga fokus pada masalah anak yang mengalami kelebihan

Tidak hanya mempelajari kekurangan, seperti misalnya intellectual disorder, ADHD, dan lainnya, psikologi anak juga mempelajari mengenai kelebihan anak-anak. Anda pasti pernah mendengar istilah anak indigo dan juga anak jenius bukan? Nah, psikologi anak juga mempelajari masalah-masalah seperti itu.

  1. Masalah pada anak-anak sangat banyak, bahkan jauh lebih banyak dibandingkan masalah pada dewasa

Jangan beranggapan bahwa masa anak-anak adalah masa yang mudah dan tanpa beban. Faktanya, anak-anak memiliki potensi munculnya gangguan psikologis atau mental yang sama banyak, bahkan lebih banyak dari orang dewasa. Bahkan saat ini banyak muncul buku dan literatur yang khusus membahas abnormalitas dan psikopatologi pada anak-anak.

  1. Trauma pada masa anak-anak berpotensi memunculkan gangguan psikologis pada masa remaja hingga dewasa

Masa anak-anak haruslah dikawal dengan baik. Trauma dan kesedihan mendalam pada masa anak-anak akan menyebabkan si anak nantinya mengalami berbagai permasalahan. Katakanlah si anak mengalami kekerasan di dalam keluarga, maka hal ini cepat atau lambat akan sangat berpotensi untuk menimbulkan gangguan psikologis pada masa remaja, atau bahkan dewasa.

  1. Pola asuh adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan pada anak-anak

Pola asuh merupakan faktor krusial yang mempengaruhi perkembangan anak-anak. Kesalahan pola asuh, atau pola asuh yang kurang tepat akan sangat mempengaruhi berbagai macam aspek kehidupan dari sang anda kelak.

  1. Penerapan teknik behavioral merupakan teknik yang paling efektif diterapkan pada anak-anak

Anda ingin mencari terapi psikologis yang paling efektif untuk anak anda, terutama dari segi perilaku dan sikap? Kalau begitu teknik behavioral sangat cocok dan pas diterapkan pada anak-anak. Teknik behavioral akan lebih efektif lagi apabila digabungkan dengan pemberian hadiah atau reward yang tepat untuk anak-anak.

  1. Anak-anak juga memiliki konflik di dalam dirinya

Banyak yang menyangka, hidup jadi anak-anak kok enak yah, bisa bermain terus tanpa peduli tanggung jawab. Jangan salah. Sejak usia kira-kira 3 tahun pun ternyata anak-anak juga memiliki konflik loh di dalam dirinya.

Seorang tokoh psikologi bernama Erik Erikson mengungkapkan bahwa selama hidupnya, manusia memiliki konflik yang bisa menimbulkan krisis, bahkan ketika seorang anak baru saja lahir. Dimulai dari usia 0-1 tahun, dimana Erikson mengungkapkan bahwa ada konflik atau krisis kepercayaan di dalam diri seorang bayi, dimana seorang bayi bisa saja percaya pada dunianya yang baru, atau tidak percaya pada dunianya yang baru, tergantung bagaimana dunianya memperlakukan dia (dalam hal ini, orangtua).

Konflik dan krisis ini akan terus muncul dan berkesinambungan selama perkembangan psikososial seorang anak hingga tua nanti.

  1. Kepribadian pada masa anak-anak akan sangat mungkin terulang pada masa lansia/tua

Pernah mendengar tentang seorang kakek atau nenek yang sikapnya seperti anak kecil? Ternyata hal ini memang benar terjadi. Teori perkembangan manusia menjelaskan bahwa pada masa lansia, sifat yang pernah dimiliki sewaktu masih anak-anak dulu akan muncul kembali.

Itulah beberapa hal yang dapat kita ketahui tentang psikologi anak dalam kehidupan sehari-hari. Banyak daripada kita yang terkadang mengabaikan permasalahan ini. Dengan uraian di atas, harapannya kita lebih mampu untuk menjadi para pendidik maupun orang tua yang baik, bagi perkembangan buah hati kita.

Hal Ini Bisa Membantu Si Kecil Menjadi Lebih Percaya Diri

Psikologi Anak: Hal Ini Bisa Membantu Si Kecil Menjadi Lebih Percaya DiriDalam psikologi anak, ada banyak sekali hal-hal penting yang harus anda perhatikan. Bahkan hal-hal yang kecil sekalipun juga akan berpengaruh terhadap perkembangan anak ke depannya. Salah satu yang menjadi kekhawatiran banyak orangtua adalah anaknya yang kurang percaya diri dan pemalu. Kurang percaya diri dan pemalu ini memang tidak buruk, terutama kalau berkaca dari psikologi kepribadian. Namun demikian, sedikit banyak, kurang percaya diri yang berlebihan malah akan menimbulkan masalah lain yang lebih besar. Karena itu penting bagi para orangtua untuk membiasakan sang anak supaya bisa lebih percaya diri, atau minimal mampu untuk menunjukkan dirinya sendiri. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan supaya si kecil bisa menjadi lebih percaya diri :

  1. Berikan tugas/tanggung jawab yang sesuai dengan usianya

Tugas dan tanggung jawab haruslah dikenalkan kepada si kecil sejak dini, sebagai bagian dari pendidikan anak usia dini. Misalnya belajar, menepati waktu, menepati janji, dan sebagainya. Ajarkan pada anak untuk memenuhi tugas dan tanggung jawabnya, dan pastikan si anak berhasil memenuhinya dengan baik. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan diri si kecil.

  1. Apresiasi segala hal yang dilakukan

Banyak orang tua, baik secara sadar ataupun tidak lebih sering memarahi anaknya akan suatu hal ketimbang memberikan apresiasi. Padahal, sekecil apapun apresiasi yang diberikan, akan membantu si anak supaya lebih percaya diri dalam melakukan suatu hal. Sebaliknya, terlalu sering memarahi dan tidak mempedulikan kegiatan si kecil malah akan membuat si kecil merasa rendah diri, dan pastinya akan mengurangi kepercayaan diri.

  1. Dorong si kecil untuk berbicara

Banyak terjadi juga dimana orangtua seringkali tidak memberikan kesempatan bagi anaknya untuk memberikan pendapat. Seringkali dibalas dengan perkataan “anak kecil tau apa sih?”. Nah, sebisa mungkin hindari hal ini, dan seburuk apapun ide atau pendapat yang diberikan si anak, orangtua haruslah menghargai dan mendorong si anak untuk bisa mengutarakan pendapat dengan baik. Berilah kesempatan kepada sang anak supaya mau berbicara dan mengemukakan pendapat mereka.

  1. Dukung kegiatan si kecil

Dukunglah apapun hal baik yang ingin dilakukan si kecil. Olahraga, bermain sepeda, menekuni hobinya, apapun itu asalkan merupakan hal yang baik, orangtua sebisa mungkin harus mendukungnya. Hal ini membantu si anak untuk belajar mengambil keputusan sendiri, dan lebih berani dalam bertindak dalam hal yang baik tentunya.

  1. Tunjukkan rasa percaya diri anda

Orangtua adalah role model terbaik bagi seorang anak. Anak-anak akan mengikuti sikap orangtuanya dengan lebih mudah dan cepat. Karena itu, apabila anda ingin supaya anak anda lebih percaya diri, maka anda bisa menunjukkan sikap percaya diri yang kuat, yang bisa menjadi role model terbaik bagi anak anda.

Itulah 5 hal penting yang bisa anda lakukan supaya si kecil bisa memiliki kepercayaan diri yang kuat. Ingat, sikap dan perilaku si kecil akan muncul sesuai dengan perlakuan anda kepada mereka. apabila anda memperlakukan mereka sebagai orang yang memiliki kepercayaan diri tinggi, maka si kecil akan tumbuh sebagai anak yang penuh percaya diri.

Konsultasi Psikologi Berkaitan dengan Anak

Psikologi AnakNama : poponxx
E-mail : pongxxsii2@yahoo.co.id
Judul : psycology skill (Mengatasi Masalah Pada Anak Dengan Metode Psikologi)
Isi Konsultasi : 1.anak saya usia 4,5thn tp bicara nya masih gak jelas gtu,dan kata2 nya kadang terbalik.. 2.darihasil tes psikolog attitude scale ketahanan 19,inklusi 95,kerjasama 82. 3.pyschological skill behavioral development control 39 katanya nya mash d bwah rata. gimana cara mengatasinya??terima kasih

Jawaban

Hai Popong Suryani, bagaimana kabarnya? Semoga selalu sehat ya.

Mengenai keluhan yang anda ajukan, anak dengan usia 4.5 tahun dengan bicara yang masih nggak jelas dan suka terbalik, saya rasa hal tersebut masih dalam batas wajar. Perkembangan anak sangat cepat, dan apabila dibiasakan dalam waktu setengah tahun, anak anda mungkin akan mengalami perubahan yang sangat signifikan.

Oleh Karena itu, anda bisa menstimulasi anak anda dengan permainan-permainan yang berhubungan dengan pola bahasa, tata bahasa, ejaan yang benar, dan sebagainya. Saat ini banyak poster mengenai belajar membaca, dan berbagai mainan serta alat bantu belajar anak-anak yang sangat menarik. Anda bisa mencoba untuk menggunakan hal tersebut untuk menstimulasi anak anda supaya lebih cepat belajar.

Mengenai hasil test yang sudah pernah dilakukan, mungkin agak sulit diinterpretasi karena kurang jelas alat test yang digunakan apa. Apabila anda menyertakan nama alat test yang digunakan, maka akan lebih mudah untuk menginterpretasikan nilai. Karena saat ini ada luar biasa banyak  sekali alat test yang digunakan untuk melakukan test psikologi kepada anak-anak, dan pastinya tidak semua alat test dapat dipahami atau diketahui oleh psikolog sekalipun. Ada khusus alat-alat tes tertentu saja.

Selain itu untuk alat tes pun akan lebih baik jika mengkombinasikan dengan alat tes khusus mengukur kemampuan pada anak tersebut.

Saran terbaik yang mungkin bisa anda lakukan adalah yang seperti sudah dikatakan di awal, yaitu mencoba untuk menggunakan alat bantu permainan belajar, untuk membantu menstimulasi perkembangan anak anda. apabila dalam waktu kurang lebih 6 bulan tidak ada perubahan yang signifikan, maka anda bisa mencoba memeriksakan lagi ke psikolog. Terima kasih. Psikologi Mania