Contoh Surat Lamaran Kerja dan Pernak-Perniknya

10+ Contoh Surat Lamaran Kerja Terupdate Masa Kini

Posted on

contoh surat lamaran kerjaContoh Surat Lamaran Kerja – Surat bak laksana sebuah busana, ia menimbulkan sebuah kesan tertentu pada tiap orang dan memberikan kesempatan anda dalam mengungkapkan diri anda. Sesuai dengan namanya, maka lamaran ini adalah tulisan yang ditulis atau di ketik dalam bentuk bahasa surat. Mungkin anda akan menulis surat pada calon majikan yang mana isinya mengatakan bahwasanya anda mengetahui adanya lowongan pekerjaan, dan guna mengungkapkan latar belakang dari dan pengalaman sesuai bidang yang bersangkutan.

Dalam menulis lamaran pekerjaan, sebaiknya anda menuliskan beberapa informasi yang relevan dengan diri anda, guna membantu keberhasilan memikat calon majikan melalui perekrut di sebuah instansi atau perusahaan yang sedang anda tuju. Informasi yang tidak relevan hanya akan mencegah calon majikan mempertimbangkan anda.

Membuat surat lamaran kerja perlu dituliskan secara gamblang kemampuan yang anda miliki beserta background namun tidak bertele-tela, sehingga dari surat tersebut para majikan mampu mengetahui gambaran anda dan karakternya.

Pokok-pokok Penting Membuat Surat Lamaran Kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja – Apabila melamar sebuah lowongan kerja, anda harus mengingat bahwa, anda saat ini sedang menampilkan atau menjual diri anda lewat tulisan tentang kepribadian anda, pelatihan yang pernah di dapat, kualifikasi, pengalaman kerja dan lain sebagainya. Hal yang pokok dan harus anda tulis saat membuat lamaran kerja yaitu;

  1. Pertama dan yang paling penting, adalah anda harus menuliskan kualifikasi dan juga pengalaman kerja yang di butuhkan untuk mengisi posisi yang hendak di lamar. Surat lamaran yang tergolong baik sekalipun tak akan menolong apabila pengalaman, dan kualifikasi kerja atau kemampuan yang anda miliki tak sesuai dengan lowongan yang dilamar. Oleh sebab itu, janganlah membuang waktu calon majikan dan terlebih anda sendiri untuk melamar pada posisi yang tidaklah tepat bagi diri anda. Jika memang anda tetap ingin melamar pada posisi yang sedang lowong namun tidak sesuai dengan pengalaman dan kualifikasi anda, maka cantumkanlah kompensasi kekurangan anda dengan kelebihan yang dapat menutupi itu semua.
  2. Sebaiknya anda harus membangkitkan dahulu minat terhadap kualifikasi yang anda miliki, catatlah prestasi kerja dan juga penghargaan yang pernah anda peroleh.
  3. Cobalah untuk menonjolkan hal – hal yang positif
  4. Kecuali apabila anda diminta untuk mengirimkan sebuah surat lamaran kerja dalam bentuk tulisan tangan, maka sebaiknya anda mengetik surat lamaran kerja tersebut dengan rapi untuk memudahkan para pembaca. Susunlah dengan susunan yang jelas dan menarik perhatian dengan memberikan sebuah dampak visual pada bagian yang paling penting agar menjadi sorotan.
  5. Sebaiknya terstruktur dan tidak memberikan penjelasan yang loncat-loncat dalam surat lamaran.
  6. Tulislah surat dengan sudut pandang dari pembaca (artinya bahwa, surat lamaran haruslah yang memiliki “you attitude”) dan bukannya dari sudut pandang penulis, sebab pembaca adalah orang yang paling penting dalam dialog ini. tekankan saja apa yang dapat anda lakukan bagi calon majikan anda, bukan yang dapat ia lakukan untuk diri anda.
  7. Jika lowongan pekerjaan tersebut telah diiklankan, tentu banyak pula yang mengirimkan surat lamaran yang sama seperti anda bukan? Oleh sebab itu buatlah surat lamaran yang berbeda dari yang lainnya, yang mana surat anda tersebut memberikan sebuah kesan bagi majikannya. Cantumkanlah sebuah fakta yang anda miliki dan dapat anda buktikan saat pemanggilan wawancara kerja.

Hal-hal Yang Harus Dihindari Contoh Surat Lamaran Kerja

Ini dia beberapa hal yang sebaiknya anda hindari saat menyusun surat lamaran kerja

  1. Janganlah melamar pada pekerjaan yang anda sendiri tak mampu untuk menanganinya
  2. Cobalah untuk tidak mengirimkan surat dengan tulisan hasil fotokopi atau tulisan tangan terkecuali diminta.
  3. Jangan menuliskan anda akan menerima pekerjaan apapun, sebaiknya cantumkan pekerjaan yang spesifik. Menulis bersedia menerima pekerjaan apapun hanya semakin memperlihatkan anda masih bingung apa yang hendak di kerjakan.
  4. Jangan menyebutkan diri anda sendiri sebagai “penulis” atau dengan “yang bertanda tangan di bawah ini”. Sebaiknya gunakan kata ganti orang pertama atau tunggal seperti “saya”
  5. Hindari kata yang sifatnya bombastis, atau asing
  6. Sebaiknya hindari keluhan tentang pekerjaan anda sebelumnya.
  7. Hindari hal-hal yang memancing belas kasihan calon majikan, seperti mengungkapkan penderitaan keluarga atau permasalahan yang sedang di hadapi.
  8. Janganlah menyinggung permasalahan gaji. Seperti misalnya anda menuliskan, gaji tidaklah penting atau gaji adalah nomer dua. Hal ini tidak mudah untuk di percaya yang mana mengakibatkan surat anda akan di singkirkan.
  9. tidak memberi komentar secara langsung mengenai karakter anda. Serahkan penilaian tersebut pada calon majikan atau kepada orang yang namanya anda berikan untuk referensi.

Tak perlu lama dan bertele-tela berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja yang dapat menjadi bahan referensi anda untuk menuliskannya.

Contoh Surat Lamaran Kerja

 Posisi HRD

Samarinda, 15 Januari 2017

Kepada Yth

Pemasang Iklan

Po Box 6768

Samarinda 500000

Dengan Hormat

LAMARAN KERJA POSISI HRD

Saya merasa bahwa sata telah memiliki kualifikasi dan juga pengalaman yang telah isyaratkan untuk mengisi posisi HRD dalam iklan yang di terbitkan oleh “Republika” pada hari….. dan akan sangat senang apabila bapak/ibu mempertimbangkan lamaran ini.

Saya berusia….. tahun, belum menikah/telah menikah dan memiliki kesehatan yang baik. Saya lulusan Magister Psychology dari Yale University dan menduduki peringkat pertama dalam sidang ujian master universitas Yale dimana saya mendapatkan nilai terbaik dengan mata kuliah…. Dan……

Di samping kualifikasi di atas, saya pun pernah mengikuti workshop Certified Behavioral Anlysis yang di adakan oleh lembaga keprofesian di Amerika Serikat. Selain bahasa inggris saya fasih berbahasa Arab, Mandarin, dan Jepang yang mana akan mempermudah dalam berkomunikasi dengan para karyawan asing yang bekerja di perusahaan Bapak/ibu.

Saat ini saya merupakan HRD dengan pengalaman dan juga prestasi selama ….. tahun. Sebenarnya saya bisa saja tetap bekerja sebagai tenaga ahli di biro consultasi Human Development… di kota Washington DC namun saya tergerak untuk berkarir dan memajukan sistem human development perusahaan dalam negeri. Harapannya cita-cita saya dapat terwujud melalui perusahaan yang bapak/ibu pimpin.

Terimakasih atas perhatian dan pertimbangan dari bapak/ibu semoga ada kabar baik.

Hormat Saya

Nama

  1. Contoh Surat Lamaran Kerja 1

Kepada Yth :

PT.BUMI LANGIT

Di tempat

Dengan Hormat.

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                    : blablan

Tempt Tanggal Lahir        : Lamongan, 08 Mei 1990

No Hp                                   : 00000000000

Dengan ini mengajukan surat lamaran kerja kepada Bapak/Ibu pimpinan untuk menjadi karyawan di perusahaan yang  Bapak/Ibu pimpin, sebagai bahan pertimbangan. Bersama ini saya lampirkan :

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Pas Foto
  3. Scan KTP
  4. Scan NPWP
  5. Scan SIM A
  6. Scan Ijazah
  7. Scan SKCK
  8. Scan Kartu Kuning
  9. Scan Surat Pengalaman Kerja
  10. Scan Surat Kesehatan

Demikian surat lamaran kerja yang saya buat , besar harapan saya agar dapat di terima di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian Dan terkabulnya permohonan ini, Saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

( blablabla )

  1. Contoh 2

Sawahlunto, Oktober 2019

Kepada

Yth Hrd PT. Segar Selalu

Di Kalimantan Timur

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                        : blabblana

Tempat/TanggalLahir            : Sawahlunto, 18 maret 1997

Jenis kelamin                            : Laki-laki

Pendidikan                               : S1 Pertambangan

Alamatdomisili                         : Alamat lengkap Domisili

No.Tlpn                                    : 0000000000

Denganini menyampaikan surat lamaran agar dapat bekerja di perusahan bapak/ibu. Sebagai bahan pertimbangan, berikut disampaikan hal-hal sebagai berikut :

  1. Suratlamaran
  2. Scan KTPdan SIM A
  3. Pas photo berlatar merah
  4. Scanijaza dan transkrip nilai
  5. Scan surat keteranganpelatihan AK3 umum
  6. Scan surat pengalaman kerja
  7. Scan SKCK

Demikian surat lamaran ini dibuat. Adapun seluruh data dandokumen yang saya berikan adalah benar. Apabila dalam surat lamaran ini ada beberapa persyaratan yang kurang lengkap maka akan saya lengkapi dikemudian hari besar harapan saya agar diterima di perusahaan bapak/ibu. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,

Tertanda

(blabblana)

  1. Contoh 3

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Pimpinan

Di tempat

Hal : Lamaran Pekerjaan

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama                          : Hapid Sukamal

Tempat/Tgl. Lahir     : Tangerang, 06 November 1995

Alamat                        :

HP                                : ——–

E-mail                         : hapidsukamal@gmail.com

Merasa tertarik untuk bergabung pada perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, dengan harapan dapat memberikan yang terbaik. Untuk itu, saya mengajukan surat lamaran kerja yang kiranya saya dapat diterima bekerja diperusahaan Bapak/ Ibu. Bersama ini dilampirkan:

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Scand Ijazah Terakhir dan SKHUN
  3. Scand Kartu Tanda Penduduk(KTP)
  4. Scand Tanda Pencari Kerja
  5. Scand SKCK
  6. Scand Foto
  7. Sertifikat Balai Latihan Kerja Industri Provinsi Banten
  8. Surat Pengalaman Kerja (Paklaring)

Demikianlah permohonan ini saya buat dengan sesungguhnya, besar harapan saya untuk bisa bekerja diperusahaan Bapak/Ibu. Atas perhatian dan kemurahan hati Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Hapid Sukamal

  1. Contoh 4

Jakarta, 08 Oktober 2019

Kepada Yth.                                                                                       

Bapak/Ibu Pimpinan PT. Angin Ribut

DiTempat.

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                                    : Bolang

Tempat, Tanggal Lahir                      : Jakarta, 28 Juni 1996

Alamat                                                  : ——–

Telepon                                                 : ——

Email                                                    : bolangbolangbolang@gmail.com

Bersama ini saya mengajukan surat lamaran pekerjaan kepada Bapak/Ibu pimpinan PT. Angin Ribut agar dapat sekiranya diterima sebagai karyawan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Untuk dijadikan bahan pertimbangan, saya sertakan lampiran sebagai berikut :

  • Fotocopy Ijazah Terakhir
  • Fotocopy KTP
  • Fotocopy Kartu Keluarga
  • Fotocopy SKCK
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Sertifikat Magang
  • Surat Pengalaman Pekerjaan
  • Surat Pencari Kerja (Ak-1)

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat. Besar harapan saya agar bisa diterima sebagai karyawan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Bolang

 

  1. Contoh 5

Jakarta,  05 Oktober 2019

Perihal : Lamaran Pekerjaan

Kepala Yth,

Bapak Pimpinan PT. Jakarta Sehat

Di Tempat

Dengan Hormat,

Dengan ini Saya Bermaksud Melamar Pekerjaan Bagian Mekanik Pada Perusahaan Bapak Pimpin. Berkaitan Dengan Hal Tersebut, Saya Sampaikan Data Diri Pribadi Sebagai Berikut :

Nama                             :   Blabla

Tempat,Tanggal lahir  :  Jakarta , 03 Oktober 1992

Pendidikan Terakhir    :  S1 Pendidikan Guru SD

Alamat                           :   —

No HP                            :   00000000

Status                            :    Belum Menikah

Untuk Melengkapi Beberapa Data Yang Diperlukan Sebagai Bahan Pertimbangan, Saya Lampirkan Juga Kelengkapan Data Diri Sebagai Berikut:

1.Daftar Riwayat Hidup

2.Sertifikat

3.Ijazah

4.KTP

5.Surat Pengalaman Kerja

6.Surat Perilaku Baik / SKCK

Demikian Surat Lamaran Pekerjaan Saya, Besar Harapan Saya agar dapat dipertimbangkan. Atas Kebijaksanaan dan Perhatiannya Saya Ucapkan Terima Kasih.

Hormat Saya,

 

Blabla

  1. Contoh 6

Jakarta ,  23 September 2019

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Pimpinan

PT. KONCO KONCO

Di Tempat

Dengan Hormat

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                           : SARIPUDIN, SH

Alamat                                     : ——

Tempat, Tanggal Lahir : Jakarta, 29 Oktober 1980

Pendidikan Terakhir    : S1 Ilmu Hukum

Handphone                  : ——

Dengan surat ini saya ingin mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin sebagai LEGAL OFFICER. Saya memiliki pengalaman praktek sebagai LEGAL STAFF di salah satu lembaga Bantuan Hukum Ternama di Jakarta, Saya memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang sangat baik, Saya juga pernah Praktek di luar negeri jadi saya mengerti tentang disiplin dan bekerja di bawah tekanan selain itu saya juga memiliki kemampuan berkomunikasi yang sangat baik selai itu saat ini saya berprofesi sebagai Advokat di Jakarta.

Dengan surat permohonan ini saya siap untuk memberikan kompetensi tenaga dan waktu saya apabila dibutuhkan. Besar harapan saya agar dapat diberikan kesempatan wawancara maupun tes lainya.

Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan :

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Foto Copy Ijazah Terakhir
  3. Foto Copy Transkip Nilai
  4. Foto Copy KTP
  5. Foto Copy Kartu Keluarga
  6. Foto Copy Sertifikat
  7. Surat Pengalaman Kerja
  8. Pas Foto Terbaru Ukuran 4×6 1 Lembar

Demikian surat lamaran kerja ini, saya ucapkan banyak terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat Saya

 

SARIPUDIN, SH

 

Itulah beberapa hal tentang Contoh Surat Lamaran Kerja yang sekiranya dapat menjadi bahan referensi dalam menuliskan surat lamaran kerja. Semoga apa yang anda cari bisa didapatkan dan dimudahkan jalannya. Tetap semangat dan jangan pantang menyerah walaupun anda harus berjibaku melamar dan bersaing dengan para tenaga kerja asing khususnya dari negeri China yang masuk ke indonesia. Karena andalah orang-orang yang istimewa di negeri Indonesia. Siap menjadi merdeka di negeri sendiri.

Apa Yang Harus Dilakukan (Atau Tidak) Ketika Menulis CV?

Apa Yang Harus Dilakukan (Atau Tidak) Ketika Menulis CV ?. – Di pasar akademik dan pekerjaan, riwayat hidup atau CV sangat penting setelah surat lamaran Anda. CV adalah perkenalan pertama Anda dengan departemen rekrutmen atau bagian personalia. CV adalah sebuah dokumen singkat  yan berisi ringkasan latar belakang pendidikan, penelitian, dan tentunya pengalaman profesional. CV Anda adalah alat untuk membantu Anda berpindah dari lamaran menuju ke sebuah wawancara kerja.

Apa Yang Harus Dilakukan (Atau Tidak) Ketika Menulis CV?

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Menulis CV?

CV Anda akan bersaing dengan puluhan, ratusan, hingga ratus ribuan CV yang masuk dan harus diseleksi bagian personalia sebelum waktu rekrutmen berakhir. Tentunya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam menulisnya, seperti:

  • Membuat CV Anda terlihat menarik secara visual. Cari tahu bagaimana orang lain membuat CV mereka. Tanyakan profesor dan rekan Anda untuk mencari contoh CV yang sesuai .
  • Mulailah CV Anda dengan informasi kontak umum yang meliputi nama, alamat, telepon, email, dan alamat website jika Anda memilikinya.
  • Sertakan bagian ini di CV Anda: informasi kontak, pendidikan, dan pengalaman. Bagian ini sangat tergantung pada kekuatan dan minat, prestasi dan penghargaan, lokasi mengajar dan penelitian, publikasi, presentasi, kegiatan profesional (seperti keanggotaan komite, pengalaman magang, pekerjaan sukarela yang relevan), keterampilan (bahasa kedua dan/ atau kemahiran komputer), dan referensi.
  • Periksa CV Anda dengan hati-hati untuk ejaan dan kesalahan ketik.
  • Gunakan format seperti peluru, beri font miring atau huruf tebal untuk poin-poin penting, dan menggunakan kertas yang putih, krem atau warna netral yang beratnya antara 70 dan 80gr.

Apa yang Tidak Harus Dilakukan Ketika Menulis CV?

  • Jangan mencoba dan melakukan semuanya sendiri pertama kalinya. Cobalah mencari bantuan dari orang lain seperti penasihat fakultas, spesialis karir atau kolega.
  • Jangan jadikan CV terlalu panjang dan membosankan. Tapi harus diingat bahwa CV harus profesional dan mencakup data penting Anda.
  • Jangan menyertakan informasi berikut yang tidak begitu diperlukan, seperti usia, identitas etnis, afiliasi politik, preferensi agama, hobi, status pernikahan, tempat Lahir, foto, tinggi, berat badan, dan kondisi kesehatan.
  • Jangan memenuhi CV Anda dengan mencantumkan informasi terlalu rinci tentang penelitian atau mengajar. Cukup berikan judul proyek penelitian dan nama yang diperlukan saja bersama dengan ringkasan singkat dari pekerjaan Anda.
  • Jangan menyertakan informasi yang lucu. CV adalah bukan tempat bercanda atau menjadi “lucu.”

Banyak kan yang sudah dibahas di contoh surat lamaran kerja, ada baiknya ada dapat mempertimbangkan saran ketika akan membuat surat lamaran kerja.

16 Situs Yang Akan Membantumu Menemukan Info Lowongan Kerja

contoh surat lamaran kerjaSelain anda mengetahui contoh contoh surat lamaran kerja, anda juga harus mengetahui job portal mana yang menyediakan lowongan kerja. Mencari info lowongan kerja saat ini semakin mudah. Terlebih di era digital saat ini. Dahulu mungkin kita diharuskan untuk mencari info lowongan kerja di beberapa media cetak seperti Koran, maupun majalah. Atau mencari info lowongan kerja di beberapa dinding informasi instansi-instansi terkait hingga menunggu di bukanya bursa lowongan pekerjaan.

Namun hambatan-hambatan tersebut saat ini telah luntur, manakala sejumlah portal informasi yang menyediakan info lowongan kerja telah lahir. Berikut ini kita akan memberikan informasi seputar situs yang menyediakann info lowongan kerja yang dapat memudahkan anda dalam mencari infor lowongan kerja saat ini.

16 Situs Info Lowongan Kerja

  1. Karir

Karir merupakan situs penyedia lowongan kerja lokal asal Indonesia yang didirikan pada tahun 1999 di bawah naungan PT. Trinet Pacific Internasional, karir menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk anda para fresh graduate yang ingin mencari informasi seputar lowongan pekerjaan.

  1. JobIndo

Ia berdiri sejak tahun 2005 yang tepatnya di Jakarta. Jobindo adalah situs penyedia lowongan pekerjaan buatan lokal Indonesia. Telah beroerasi semenjak 12 tahun silam di bawah naungan PT Jobindo Indonesia, yang tujuannya untuk memudahkan para pencari kerja dengan menyediakan beragam menu lowongan kerja teratas, perusahaan teratas, lowongan terbaru, lowongan paling popular, lokasi kerja popular, dan perusahaan terbaru.

  1. Zelos

Zelos adalah platform yang berguna untuk melakukan pencocokan pekerjaa yang mampu dalam mempertemukan para pelajar dan juga lulusan prospektif pada para pemilik bisnis dan perusahaan berdasarkan pada minat dan juga keahlian. Para penggunanya didominasi oleh para mahasiswa atau pemilik pekerjaan. Disini anda akan menemukan banyak sekali pilihan pekerjaan, mulai dari pekerjaan paruh waktu hingga purnawaktu. Informasi magang pun anda akan dapatkan di sini. Zelos sendiri didirikan oleh Markus L. Rahardja sejak 1 september 2015.

  1. JobStreet

Ia telah berdiri semenjak 1995, Jobstreet seringkali mengklaim dirinya sebagai salah situs rekrutment online paling terkemuka di tingkat asia pasifik. Sekalipun ia berasal dari negara Malaysia, jobstreet pun menyediakan beberapa informasi lowongan pekerjaan dari beberapa negara lainnya di asia tenggara seperti Singapura, Fillipina, Vietnam, jepang dan tentu saja di Indonesia.

  1. KapanKerja

Kapan kerja telah mengudara semenjak akhir bulan desember 2015 lalu. KapanKerja dibentuk untuk meewadahi para pelaku usaha dan juga pencari kerja yang terus berevolusi mengikuti era transformasi dunia digital saat ini. Mereka consen terhadap para pelaku UMKM.

Startup yang didirikan oleh Willian Salim ini pun dibentuk berdasarkan pada keprihatinan terhadap tinggat pengangguran yang tinggi di Indonesia, di sisi lain para pelaku usaha di Indonesia pun kesulitan untuk mencari karyawan. Oleh sebab itulah harapannya dengan hadirnya Kapankerja ia mampu menghadirkan platform lapangan pekerjaan yang mudah dan gratis bagi para pemasang iklan lowongan pekerjaan, ataupun user.

  1. Urbanhire

Urbanhire tadinya hanya akan menampilkan beberapa informasi lowongan pekerjaan dari perusahaan yang telah menjadi patner mereka. Akan tetapi baru-baru ini Urbanhire meluncurkan sebuah layanan baru yang mereka beri nama Urbanhire Search. Urbanhire search merupakan aggregator yang dapat menampilkan beberapa info lowongan kerja dari beragam situs. Tak hanya lowongan kerja yang mereka sediakan sendiri saja. Dengan menyatukan informasi tersebut, maka anda tak perlu lagi membuka situs – situs lowongan kerja satu persatu.

  1. JobsDB

JobsDB hadir setelah 3 tahun kemunculan Jobstreet, yang tepatnya lahir di Hongkong pada tahun 1998. JobsDB mengklaim dirinya sebagai portal lowongan kerja yang paling favorit di seantero Asia bagi para pencari kerja khususnya di China, Malaysia, Indonesia, Singapura, Thailand, dan Filipina. Yang paling menariknya adalah, bagi anda pengguna asal Indonesia yang mendambakan lowongan kerja sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil), secra terkhusus JobsDB menyediakan pula informasi lowongan kerja terkait PNS tersebut.

  1. StudentJob

StudentJob adalah adalah portal kerja khusus untuk para pelajar SMA/ SMK, Mahasiswa dan juga par fresh graduate yang memberikan beragam informasi seputar lowongan kerja part time, magang, volunteer, dan juga full time jobs. Student Job memiliki beragam jaringan komunitas yang kuat dan juga solid se-Indonesia. Student job memberikan beragam tips, serta informasi seputar event dan quiz.

  1. Loker

Loker merupakan salah satu platform penyedia informasi lowongan kerja yang mengklaim dirinya sebagai pionir lokal dalam ranah ini. Loker sendiri berdiri pada 20 Maret 2007 di bawah naungan CV. Jemari. Loker pun memiliki jaminan keabsahan yang akurat, karena di setiap informasi lowongan pekerjaan yang telah masuk di meja redaksi selalu diperiksa secara manual, sebelum ia di publikasikan secara online. Meskipun klaim sebagai pioneer penyedia informasi lowongan kerja di Indonesia namun hal tersebut terbantahkan oleh situs Karir yang lebih dahulu hadir di tahun 1999. Walaupun begitu, anda masih dapat menggunakannya dengan nyaman kok.

  1. JobSmart

JobSmart adalah salah satu satrup berbasis di Jakarta yang didirikan Tiffany Effendy dan Juga Peter Wijaya. Didirikan JobSmart didasarkan pada pengalaman sering kali perusahaan yang dikecewakan pada saat mengiklankan lowongan pekerjaan dari segi masukan lamaran. Perusahaan banyak menerima CV yang tak cukup untuk memenuhi persyaratan dari perusahaan, hal ini pun menjadi perhatian dari JobSmart dalam menyuguhkan layanannya.

Di layanan ini mereka menggunakan sebuah sistem yang dinamakan dengan Smart Hunter yang akan secara otomatis mencocokkan dengan apa yang diinginkan perusahaan dari para calon pekerja. Fitur ini pun dinilai efisien dan juga akan memberikan kesempatan bagi para perusahaan untuk mendapatkan filtering secara otomatis. Informasi yang diberikan pun bukan hanya infrmasi dasar, seprti latar belakang pendidikan ataupun pengalaman kerja yang dimiliki saja, melainkan juga tipe kepribadian dan karakteristik daripada kandidat. Smart huter dikembangkan dengan menggunakan algoritma yang menjadikan Jobsmart memungkinkan untuk merinci para calon dan mampu menyaring jutaan kandidat.

  1. Qerja

Qerja adalah “Glassdoor versi indonesia” yang mana mereka memberikan informasi dari gaji dan juga tempat kerja beragam perusahaan di Indonesia. Qerja juga pernah meluncurkan layanan Jobs.id yang berfokus pada situs lowongan pekerjaan. Qerja pun akhirnya resmi di luncurkan pada tanggal 8 Maret 2014 oleh  Veronika Linardi dan Rinaldo Augusta.

Ide membuat situs Qerja berawal daripada hasil dari lembaga riset Gallup yang telah mengeluarkan fakta bahwa hanya dari 8% orang indonesia saja yang benar-benar puas dengan pekerjaannya. Hasil riset lain yang menguatkan, menurutnya adalah dari Accenture yang telah melakukan riset di lebih 30 negara. Dari hasil riset tersebut, karyawan Indonesia justru paling tak bahagia. Hanya 18 persen saja yang puas dengan pekerjaan mereka saat ini.

  1. Rekruta

Rekruta didirikan oleh Silvia Pratama dan juga yanuar Wibiso. Rekruta diklaim sebagai startup pertama bidang SaaS yang digunakan oleh human resources applicant tracing system di Indonesia. Rekruta memberikan solusi yang mana mereka dapat meringankan pekerjaan perusahaan dalam proses perekrutan SDM dan membuat sebuah keputusan berdasarkan data yang telah terintegrasi.

Secara sederhana, solusi yang ditawarkan oleh Rekruta adalah mempercepat proses perekrutan SDM yang telah terintegrasi berdasarkan data yang telah di set secara otomatis.

  1. Karirpad

Layanan ini didirikan guna memudahan perusahaan di Indonesia agar dapat melakukan proses perekrutan secara otomatis (tidak manual). Karirpad menawarkan RMS, sebuah piranti lunak yang telah diklaim dapat memenuhi kebutuhan perusahaan di saat mencari kandidat terbaik.

RMS sendiri memungkinkan setiap lowongan kerja yang telah dipasang di situs perusahaan secara otomatis juga dapat dipublikasikan di situs Karirpad. Fitur tersebut seperti export dan juga import yang telah tersedia guna memudahkan perpindahan data dari sistem RMS ke sistem HRIS (Human Resource Information System) yang telah dimiliki oleh masing – masing perusahaan.

Karirpad juga mengklaim dirinya sebagai, satu – satunya penyedia layanan e-recrutment lokal Indonesia, dengan pesaing yang berbasis di luar negeri. Hal ini pun memudahkan karirpad untuk melakukan beberapa pelatihan dan juga troubleshooting bagi para kliennya.

  1. KerjaDulu

KerjaDulu adalah startup media sosial karir dan juga platform pencari kerja yang mana ia menghadirkan sebuah layanan integrasi layaknya situs di media sosial lainnya. KerjaDulu juga menghadirkan pengalaman layaknya berselancar di media sosial dari kalangan professional. Penggunapun dapat menemukan keunggulan seperti kemampuan dalam berbagi informasi pekerjaan, menjalin relasi bisnis, professional, dan juga menemukan sebuah peluang karir yang berguna untuk siapa saja yang ingin mengembangkan karir. Karir ini sebenarnya lebih mirip layanan yang telah ada seperti Linkedln, namun KerjaDulu bercita rasa lokal indonesia yang kental.

  1. Glints

Glints hadir di tanah air di awal tahun 2016 yang mana memiliki tujuan anak muda untuk menemukan passion mereka. Startup pencari kerja ini merupakan startup pencari kerja asal negeri singapura. Glints menglaim memiliki sedikitnya 20 ribu nama yang terdaftar menjadi user dan beberapa di antaranya dari kalangan muda. Sedikitnya ada 2 ribu perusahaan yang telah memberikan listing lowongan kerj di dalamnya.

Meskipun begitu Glints masih kurang mentereng di bandingkan startup lokal indonesia serupa yang telah lebih dulu eksis di indonesia. bahkan glints pun belum mampu menandingin eksistensi Jobstreet situs pencari kerja asal Malaysia di ranah indonesia. kita tunggu perkembangan selanjutnya.

  1. CariJob.com

CariJob.com merupakan portal Iklan lowongan kerja online yang memiliki tujuan sebagai sebuah media tempat bertemunya para pencari kerja dan pelamar kerja. CariJob.com didirikan semenjak tahun 2007 dengan niat dan juga cita-cita untuk mengentaskan pengangguran dan juga memberikan solusi atas kebutuhan dari lapangan kerja di Indonesia.

Itulah 16  Situs yang dapat membantu anda dalam menemukan infor lowongan kerja terkini. Tak perlu risau dan tak perlu galau di era digital saat ini, karena informasi mudah sekali untuk didapatkan dengan murah dan mudah. Namun ingat, karena kemudahan yang ditawarkan, tak jarang jika kita tidak cermat kita akan menjadi korban penipuan. Selamat membranding diri dan mencari informasi. Anda juga dapat mengiklankan lowongan kerja yang anda miliki dengan tarif yang terjangkau bersama psikoma.com, situs terlengkap informasi psikologi dan terapannya di Indonesia.

Perubahan Mencari Dan Melamar Kerja Dari Masa Ke Masa

Perubahan Mencari Dan Melamar Kerja Dari Masa Ke MasaSetelah anda membaca contoh surat lamaran kerja dan job portal yang ada di indonesia, ada baiknya anda mengetahui trend yang berkembang saat ini. Dari masa ke masa seseorang dalam mencari pekerjaan tak kunjung surutnya. Pekerjaan yang dilamar pun bervariasi dan yang terpenting dalam mencari pekerjaan adalah sebuah kebutuhan. Baik itu kebutuhan akan penghidupan maupun aktualisasi diri dan memaksimalkan potensi diri.

Dari masa ke masa pula tata cara dalam melamar pekerjaan maupun memasang lowongan kerja pun mulai menunjukan perubahan. Misalkan saja dahulu era 60-90an atau tepatnya di era generasi baby boomer dan generasi x, proses pemasangan lowongan kerja masih berbatas pada panflet maupun media masa.

Prosesi dari mulut ke mulut pun juga masih digunakan, sehingga mereka yang memiliki kedekatan dengan karyawan maupun pimpinan suatu perusahaan akan diuntungkan. Maka jangan heran apabila di masa ini kedekatan antar karyawan lebih kentara.

Kedekatan yang bisa jadi dianggap sebagai sebuah hal yang positif maupun negative seperti halnya nepotisme.

Di masa itu pula banyak para pelamar yang pada akhirnya harus membawa segepok surat lamaran kerja yang di taruh di banyak perusahaan. Baik itu perusahaan yang membutuhkan pekerja, maupun perusahaan yang memang sedang tidak membutuhkan tenaga pekerja tambahan.

Ketidak efisienan sangat terlihat di masa ini, lantaran pada akhirnya banyak berkas lamaran kerja yang harus ditumpuk ke dalam gudang dan memakan space tempat ruangan para HRD.

Melamar Kerja Era Generasi Y dan Millenial

Kemajuan zaman dengan berkembangnya internet membuat metode melamar kerja dan memasang lowongan kerja mulai semakin maju. Tak hanya itu saja, dengan memanfaatkan internet yang effisien para pemasang lowongan kerja tak perlu lagi repot-repot harus mengeluarkan biaya lebih guna memasang iklan lowongan kerja di media masa.

Tak hanya itu saja porsesi perekrutan pun semakin mudah dengan fasilitas pengiriman berkas lamaran melalui email, maupun aplikasi yang telah disediakan.

Sementara itu para pencari kerja pun tak lagi harus repot mencari pekerjaan dengan memborong Koran yang ujung-ujungnya hanya dijadikan bungkus makanan. Pemanfaatan search engine dengan mengetikkan keyword tertentu, maupun mengunjungi situs perusahaan yang diinginkan adalah kemudahan dan kepraktisan yang terlihat.

Namun kemajuan terkadang membawa sisi dua sisi yang tak semuanya menguntungkan. Dikatakan tak mengunntungkan lantaran membuat para HRD maupun rekruter di sebuah perusahaan harus bekerja keras melakukan sortir para kandidat yang mengirimkan email. Bahkan seorang rekruter di sebuah perusahaan tambang mengatakan bahwasanya dalam sehari ia menerima ribuan berkas di email dari para pencari kerja.

Strategi Menarik Simpati Para HRD

Di era kemajuan internet ini memang kemudahan informasi membawa pada persaingan yang semakin banyak dalam melama pekerjaan. Namun bagi mereka yang mampu memanfaatkan internet dengan baik tentu saja akan ada perbedaan dan keunggulan dibandingkan mereka yang tak paham. Kemampuan mengadaptasi contoh surat lamaran kerja sangat di perlukan.

Salah satu hal yang dapat anda manfaatkan adalah dengan melakukan branding diri agar mampu terlihat berbeda dari pada orang yang lainnya. Kecendrungan orang akan lebih mengingat seseorang yang memiliki perbedaan menonjol adalah kunci yang harus anda terapkan.

Anda bisa menonjolkan perbedaan yang sekaligus menjadi keahlian anda dengan membuat sebuah kontent maupun sebuah ulasan di media sosial maupun blog yang anda miliki. Misalnya saja seseorang yang hendak melamar sebagai seorang staf humas di sebuah perusahaan, maka cobalah untuk aktif dan rutin memposting beberapa tulisan yang menggambarkan anda ahli dalam menjelaskan beragam peristiwa.

Foto-foto anda saat sedang menjadi pembicara maupun mengikuti sebuah forum adalah nilai plus yang bisa anda lampirkan di media sosial nantinya. Dan masih banyak hal yang bisa dilakukan untuk dapat menonjolkan kelebihan anda dalam meningkatkan personal branding anda.

Sharing-mu, Personal Branding-muDalam buku sharing mu personal branding mu yang saya tulis telah lengkap mengulas, bagaimana cara meningkatkan personal branding diri anda di media sosial untuk kesuksesan anda kedepan. Dalam buku tersebut telah saya bahas bagaimana metode posting foto maupun content apa saja yang bisa dibuat guna memperkuat personal branding. Anda bisa mendaptkan langsung di gramedia terdekat atau pada link berikut ini http://bit.ly/2u9t2ot

Semakin berkembangnya zaman tentu saja metode mencari dan melamar kerja akan terus menerus berubah. Kesimpulannya anda dapat memanfaatkan contoh lamaran kerja sebagai acuan untuk untuk melamar pekerjaan di job portal yang sudah di bahas dan juga dapat mengetahui trend-trend yang berkembang saat ini. Namun hal tersebut kembali lagi pada diri anda bagaimana anda dapat meyakinkan para penyedia kerja hingga akhirnya andalah yang terpilih untuk mengisi lowongan yang ada. Semoga sukses untuk anda semua. By: Muhamad Fadhol Tamimy