Cara Menghilangkan Sifat Pemalu Dalam Diri

Cara Menghilangkan Sifat Pemalu Dalam Diri

Posted on

Cara Menghilangkan Sifat Pemalu Dalam DiriNama : Nana
E-mail : phantomxxx@yahoo.com
Judul : Cara Menghilangkan sifat pemalu Dalam Diri
Isi Konsultasi : Saya nana (nama samaran). Usia saya 18 tahun. Saya adalah tipe org yg susah bergaul. Saya juga tidak pandai berkomunikasi dgn org lain, dgn teman sekalipun. Di sekolah pun saya anak yg pemalu dan pendiam. Sangking pendiam nya, bahkan teman sebangku saya sering pindah2 tempat duduk. Teman saya pun hanya sedikit. Teman akrab saya mungkin hanya 2-3 orang. Saya jg bukan tipe org yg bisa membuka pembicaraan dgn orang lain. Saya bingung harus ngobrol apa saat berdua dgn teman. Saat berkumpul pun saya hanya sebagai pendengar. Juga saat bicara dgn orang lain, saya tidak berani menatap mata lawan bicara saya tersebut. Saat berpapasan dgn org yg saya knal di jalan, saya jg lbih memilih menghindar/pura2 tdk lihat. Dalam hati ingin menyapa, tpi saya tidak tau harus ngomong apa. Apakah saya termasuk introvert? Tapi biasanya orang introvert kebanyakan pandai menulis, sedangkan saya tidak pandai menulis. Mohon saran dan masukannya, krn sifat saya ini sangat mengganggu. Terima kasih.

Jawaban

Cara Menghilangkan sifat pemalu Dalam Diri – Untuk nana yang baik hati, sebelumnya perlu kita sama-sama ketahui bahwa sifat Introvert tidak ada hubungannya dengan kemampuan menulis. Masih ada juga loh orang yang extrovert yang justru jago dalam membuat artikel, tulisan, hingga tulisannya yang di muat di media cetak nasional.

Sifat yang anda miliki tersebut, memang memiliki kecendrungan yang sama dengan seorang introvert. Lantas, apakah salah atau justru kekurangan jika menjadi seorang yang introvert?

Tentu saja tidak. Menjadi orang yang introvert hanya sebuah kecendrungan sifat saja. Dimana orang yang introvert lebih menyukai obrolan berkualitas dengan beberapa orang, dan cendrung lebih asik dengan dunia privasi. Untuk kepedean dalam hal berkomunikasi hal tersebut dapat dilatih. Yang terpenting adalah anda berani untuk memulai.

Cara Menghilangkan sifat pemalu Dalam Diri

Cobalah untuk sesekali (tak usah seringkali) dalam menyampaikan pendapat, ataupun apa yang sedang anda pikirkan saat anda berbicara. “tapi takut jika tidak mendapatkan respon atau bahkan diabaikan” tenang saja, hal tersebut bukanlah masalah atau hal yang memalukan. Namanya juga mencoba. Semakin sering anda mencoba, anda akan terlatih untuk terampil dalam berbicara dan akhirnya meningkatkan rasa percaya diri yang anda miliki.

Jika bertemu dengan orang lain yang anda kenal, mulai sekarang sapalah mereka, walaupun misalnya saja mereka tidak merespon. Mungkin saja mereka tidak lihat ataupun memang tidak mendengarkan sapaan anda. Dengan melatih hal tersebut, saya rasa pada saatnya nanti anda akan menjadi orang yang percaya diri di situasi apapun.

Ingat satu hal, bisa karena niat. Jadi tumbuhkanlah niat dalam diri anda. Bisa karena mencoba. Jadi anda tidak akan begitu saja bisa tanpa mencoba. Bisa karena konsisten. Kemampuan dan kebiasaan kita adalah buah dari kekonsistenan diri dalam mencoba segalanya. Dan selalu menjadi diri sendiri. Semoga berhasil dan sukses. Psikologi Mania.