Cara Membuat Anak Semangat Belajar Dengan 3 Cara Ini

Cara Membuat Anak Semangat Belajar, Membaca dan Sekolah

Posted on

Cara Membuat Anak Semangat Belajar Dengan 3 Cara IniAnak yang malas atau tidak semangat dalam belajar merupakan masalah yang sering dialami oleh tenaga pendidik dan orang tua. Hal ini terjadi karena banyak faktor yang mempengaruhi anak menjadi malas dan tidak bersemangat untuk belajar. Anak cenderung lebih suka bermain dengan teman sebaya hingga sore bahkan membuat mereka lelah sebelum belajar. Anak juga lebih suka menonton televisi atau bermain game. Penting sekali untuk mencari cara membuat anak agar semangat belajar

Mereka yang malas belajar cenderung berpikiran bahwa yang mereka lakukan adalah hal yang biasa, tidak istimewa, dan membosankan. Bahkan, anak menganggap bahwa orang tua atau guru hanya membuat mereka sengsara dengan menyuruh mereka belajar setiap hari. Jika nilai mereka jatuh, mereka harus menerima konsekuensi seperti dimarahi di rumah dan harus menanggung rasa malu.

Mereka cenderung belajar untuk menyenangkan orang lain. Anak belum secara sadar butuh belajar. Hal-hal inilah yang sering membuat anak malas dalam belajar. Lalu, bagaimana membuat anak-anak semangat lagi dalam belajar? Coba simak tiga tips berikut untuk membuat anak semangat belajar.

  1. Sapa dan Peluk

Anda tentu pernah atau sering melihat sang anak pulang dengan wajah yang sangat kusut maupun cemberut. Jika iya, maka sebenarnya mereka sedang merasa terpaksa untuk melakukan proses belajar selama satu hari ini atau selama satu hari ke depan. Mereka hanya berusaha menyenangkan Anda saja, tidak lebih dari itu. Sekarang, cobalah menyapanya dengan riang ketika ia masuk rumah.

Perlihatkan wajah senang Anda ketika ia memasuki rumah agar ia menangkap bahwa Anda sudah sangat lama menunggunya di rumah. Tunjukkan pada anak bahwa Anda ingin segera bertemu dengannya. Berikan pelukan sebagai bentuk penghargaan atas kerja kerasnya hari itu. Percaya atau tidak, sebuah pelukan dapat meningkatkan mood anak untuk belajar lagi.

  1. Hypnosleep

Ketika anak tidur, cobalah melakukan hypnosleep. Lebih disarankan ketika tidur di malam hari karena tujuannya adalah merelaksasi pikirannya. Terkadang, anak malas belajar karena ia merasa apa yang mereka lakukan belum membuat Anda senang. Ketika hypnosleeping dilakukan, utarakan bahwa Anda sangat bangga padanya, bahwa Anda sangat menyayanginya, dan Anda sangat berterimakasih dengan apa yang mereka lakukan. Puji mereka dengan tulus agar mereka percaya bahwa Anda sangat mencintai mereka.

  1. Alasan Belajar

Berikan arahan pada anak tentang apa yang akan mereka pelajari. Tunjukkan pada anak alasan mereka harus belajar. Dengan begitu, mereka akan memahami kebutuhan diri mereka sendiri. Hal tersebut akan membuat anak memiliki pikiran bahwa ia sedang belajar untuk dirinya sendiri bukan untuk orang lain.

Mendidik anak memang membutuhkan kerja keras yang ekstra, Anda sebagai orang tua diharuskan memahami karakter anak dan melakukan hal terbaik untuk mereka. Jangan pernah menyerah untuk mendidik mereka. Mendidik dalam hal akademis memang sangat penting namun yang tak kalah penting dengan mendidik mereka agar menjadi pribadi yang positif untuk orang lain.

3 Teknik Membuat Anak Semangat Sekolah

3 Cara Membuat Anak Semangat Sekolah Pernahkah Anda mengamati anak-anak yang sedang dalam perjalanan menuju ke sekolah? Jika pernah, apa yang Anda lihat dari wajah anak-anak tersebut? Semangat atau sedih? Atau mungkin Anda sedang melihat anak kecil dengan bekas lelehan air mata yang belum kering? Ya semua hal tersebut sering kita lihat, tidak jarang sebelum pergi ke sekolah anak-anak menangis karena mungkin masih ngantuk namun tidak jarang pula kita melihat anak-anak yang begitu semangat berangkat ke sekolah bahkan mereka berani berangkat sendiri ke sekolah.

Sebagai tenaga pendidik, tentu hal tersebut menjadi tugas yang cukup berat bukan untuk membuat anak-anak menjadi gemar ke sekolah? Tenaga pendidik diharuskan membuat anak-anak tersebut percaya pada Anda dan membuat mereka yakin bahwa sekolah adalah tempat yang sangat menyenangkan dan nyaman untuk mereka. Lalu, bagaimana cara membuat anak-anak gemar pergi ke sekolah? Berikut beberapa tips untuk Anda cara membuat anak rajin sekolah.

  1. Reward

Biasanya mereka mudah sekali mengalami perubahan mood. Oleh karena itu, coba ubah mood mereka dengan menyambut peserta didik Anda di pintu gerbang atau pintu kelas. Mereka akan merasa nyaman dengan kehadiran Anda. Mereka akan merasa bahwa sekolah adalah rumah mereka di mana mereka menemukan sosok “Ibu” di sana. Berikan satu bungkus permen atau satu buah pensil atau penghapus dengan bentuk yang lucu kepada anak-anak yang pada hari itu kurang semangat ketika masuk sekolah, dengan begitu mereka akan merasa bahwa Anda sangat senang dengan kehadiran mereka.

  1. Pahami Anak Murid

Perhatikan anak-anak peserta didik Anda baik-baik. Cobalah untuk memahami apa yang mereka rasakan hari itu dan coba untuk mengerti apa yang membuat mereka tidak minat sekolah hari itu. Mengantuk dan takut biasanya mendominasi pikiran mereka hingga membuat mereka enggan pergi ke sekolah.

Dekati mereka pelan-pelan lalu ajak mereka berkomunikasi dengan lembut dan jangan memaksa untuk tahu apa yang terjadi. Berikan mereka waktu untuk siap bercerita pada Anda. Tidak jarang hal tersebut akan membuat anak-anak menangis tanpa sempat bercerita pada Anda. Oleh karena itu, peluklah anak tersebut dengan erat dan katakan bahwa ia tidak sendirian.

  1. Mengajar yang Menyenangkan

Bagaimanapun memiliki sifat cepat sekali bosan jika masuk dalam proses belajar mengajar. Oleh sebab itu, carilah metode yang menyenangkan untuk mereka seperti belajar budi pekerti lewat dongeng yang diperagakan dengan boneka. Teruslah menggali metode belajar yang ringan dan menyenangkan untuk mereka, sebab hal itu akan membantu mereka untuk terus semangat ke sekolah.

Peserta didik memang bukanlah anak Anda sendiri. Mereka adalah anak orang lain yang harus Anda ambil alih untuk sementara waktu. Ya, memang hanya sementara waktu namun Anda harus menyadari bahwa dalam waktu yang sedikit tersebut sebenarnya Anda sedang membekali mereka untuk melangkah di masa depannya. Jadi, sayangi mereka dan lindungi mereka.

Agar Anak Gemar Membaca

Cara Membuat Anak

Apakah Anda suka membaca dan mengoleksi buku di rumah? Jika iya, lalu apakah si kecil juga suka membaca buku seperti yang Anda lakukan? Jika iya, tentu menyenangkan sekali. Anda bisa melakukan hobi Anda dengan si kecil bersama-sama. Tapi, bagaimana jika si kecil tidak suka dengan buku dan belum mau membaca buku?

Membaca adalah proses menyerap informasi baik yang bersifat serius atau bersifat hiburan. Membaca akan membuat otak merelaksasikan dirinya dan memperbarui informasi yang sudah ada. Membaca juga dapat merangsang kemampuan untuk menulis dan membuat imajinasi serta ide yang segar.

Kebiasaan membaca tentu tidak bisa dicetak secara instan. Kebiasaan ini membutuhkan rangsangan sedikit demi sedikit. Lalu, bagaimana cara membuat si kecil mencintai kegiatan membaca ini? Berikut ada beberapa langkah yang bisa Anda terapkan di rumah cara membuat anak gemar membaca.

  1. Dongeng

Dongeng merupakan jenis bacaan yang paling disukai oleh si kecil. Sediakan waktu sebelum Anda dan si kecil tidur untuk mendongenginya. Dongeng untuk si kecil biasanya diberikan ketika si kecil belum bisa membaca kalimat-kalimat dengan lancar atau bahkan si kecil belum bisa membaca sama sekali. Dongeng akan membantu si kecil mengenal tentang apa yang disebut dengan cerita. Selain itu, dia akan membuat imajinasinya sendiri. Jika si kecil sudah bisa membaca, mengenal warna dan gambar, Anda bisa membawa buku dongeng tersebut ke tempat tidur dan mengajak si kecil untuk membuka halaman bersama. Menyenangkan bukan?

  1. Panggung Cerita

Ambil salah satu dongeng di buku yang Anda miliki dan buatlah sebuah panggung cerita. Tak perlu muluk-muluk, cukup ambil kertas kardus bekas yang tingginya kurang lebih 50-75 senti, kemudian gambarlah atau fotokopi gambar tokoh yang ada, gunting dan tempelkan pada lidi atau stik es krim. Jika Anda memiliki boneka tangan akan sangat baik sekali.

Setelah itu, berceritalah menggunakan peraga tersebut. Anda juga bisa menambahkan gambar-gambar sederhana dengan warna yang menarik. Lakukan hal ini setiap akhir pekan di sore hari setelah si kecil bangun tidur. Selain menyenangkan, hal ini juga bisa membangun mood yang baik untuk anak belajar membaca.

  1. Temukan Bacaan yang Si Kecil Suka

Ajak si kecil untuk pergi ke toko buku dan lepaskan si kecil di sana. Biarkan tangan-tangan mungilnya menyentuh dan menarik buku-buku tersebut dari rak namun Anda harus terus mengawasinya. Berikan kesempatan pada si kecil untuk mencari buku apa yang ingin dia baca.

Arahkan mereka untuk menemukan buku-buku yang mereka suka. Sebaiknya. Anda memberikan masukan tentang buku-buku atau bacaan yang sesuai dengan usianya namun jangan memaksanya untuk membeli buku yang hanya menurut Anda bagus tapi si kecil tidak suka, ya?

Memberikan ruang yang luas untuk si kecil belajar mencintai kegiatan membaca memang akan membutuhkan waktu dan kesabaran yang tidak sedikit bagi orang tua namun sebagai orang tua, Anda pasti mampu melakukannya, menciptakan hobi tentu boleh-boleh saja asal tidak memaksa dan tidak mengekang si kecil. Terima kasih sudah membaca artikel kami tentang cara membuat anak rajin sekolah, belajar dan membaca. By Tri Indarti