5 Buku Dasar Sakti Mempelajari Ilmu PsikologiMempelajari ilmu psikologi memberikan kita pengetahuan tentang bagaimana cara kita dapat memahami perilaku seseorang. Tak jarang pula sebagian dari mereka yang telah menguasai ilmu psikologi mampu dengan tepat untuk menganalisis kecendrungan dari kepribadian seseorang.

Memang seorang mahasiswa psikologi akan dituntut untuk lebih sensitive dan tajam untuk melihat lingkungan sekitar, sebagai syarat untuk melakuan observasi. Dan tentunya kemampuan seperti itulah yang sampai saat ini dianggap sebagian besar orang bahwa mahasiswa psikologi ataupun professional psikologi mampu “menebak” keprbadian seseorang.

Ada sebuah proses panjang dalam belajar ilmu psikologi sampai dengan taraf menguasai hal untuk memahami kepribadian orang lain. Memang telah banyak beredar panduan-panduan nyeleneh untuk memahami kepribadian orang lain, yang mana ilmu tersebut cendrung bersifat pseudoscience (ilmu semu atau ilmu yang dipercayai ilmiah namun sebenarnya tidak).

Nah berikut ini akan kita bahas mengenai 5 buku dasar teoritikal yang seharusnya dikuasai terlebih dahulu sebelum mempelajari ilmu psikologi terapan. 5 buku ini merupakan buku pegangan wajib yang harus dimiliki dan di pelajari untuk menguasai ilmu psikologi secara pasti.

5 Buku Dasar Sakti Mempelajari Ilmu Psikologi

  1. Pengantar Psikologi

Pengantar psikologi adalah buku dasar yang memang sebaiknya di pelajari terlebih dahulu sebelum beranjak untuk mempelajari cabang ilmu psikologi yang lainnya. Apabila diibaratkan sebagai sebuah bangunan, maka pengantar psikologi ini adalah sebuah buku pondasi yang akan menentukan kuat tidaknya bangunan keilmuan psikologi anda.

Betapa pentingnya menguasai pengantar psikologi ini disebabkan bahwa buku ini mengajarkan kita semua aspek dalam psikologi secara dasar dan penting. Seperti pada sejarah psikologi itu sendiri, tokoh psikologi, teori kepribadian, dan masih banyak lagi dasar-dasarnya.

  1. Psikologi Kepribadian

Psikologi KepribadianUntuk mengarahkan anda dapat memahami ilmu psikologi memang ranah yang mempelajari kepribadian seseorang adalah hal yang menjadi rekomendasi kami. Buku tersebut adalah buku psikologi kepribadian. Buku psikologi kepribadian biasanya berisi tentang kumpulan teori dari tokoh-tokoh peletak pondasi dasar ilmu psikologi.

Di dalam buku psikologi kepribadian anda akan di ajarkan mengenai tentang teori kepribadian dalam berbagai sudut pandang keilmuan, mulai dari psikoanalisa, behavioral, humanism dan lain sebagainya. Salah satu teori tokoh yang akan anda pelajari di dalamnya adalah Sigmund freud, jung, erikson, dan lain sebagainya.

  1. Psikologi Perkembangan

Setiap makhuk akan selalu berkembang. Dalam setiap perkembangan aka nada fase yang harus dihadapi dimana fase tersebut akan selalu membutuhkan penanganan yang berubah untuk memaksimalkan perkembangannya. Begitupun dengan manusia, ia akan selalu berkembang seiring berjalannya waktu.

Perkembangan yang terjadi selalu menghadapi sebuah kondisi yang berbeda, dimana seseorang harus mampu menghadapi setiap persoalan yang ada dengan baik agar ia menjadi manusia yang lebih baik. Ketidakmampuan seseorang menghadapi perkembangan akan membuat orang tersebut mengalami nasib kemalangan dalam hidup.

Dalam buku psikologi perkembangan akan di ajarkan beberapa hal yang berkaitan dengan perkembangan. Dalam buku tersebut juga akan kita temukan pelajaran mengenai tugas perkembangan dan kecendrungan sifat seseorang dalam setiap rentang waktu perkembangannya.

  1. Psikologi Sosial

Manusia adalah makhluk sosial. Oleh sebab itu manusia akan memiliki pengaruh atau terpengaruh dengan setiap interaksi yang dilakukannya. Dan buku psikologi sosial ini akan mempelajari tentang bagaimana sebuah interaksi seorang individu mampu membentuk kepribadian yang dimilikinya.

  1. Pengukuran psikologi

Karena ilmu psikologi adalah ilmu yang ilmiah, bukan ilmu mengada-ada apalagi ilmunya para dukun, maka psikologi pun memiliki serangkaian metode pengukuran yang ilmiahnya. Dalam buku pengukuran psikologi inilah setiap pembelajar psikologi akan mempelajari beragam tentang pengukuran dalam psikologi.

Baca juga 11 Buku Wajib Psikologi Yang Harus Anda Miliki Untuk Menguasai Ilmu Psikologi

Itulah 5 buku wajib yang semoga anda dapat mengambil pelajaran dari buku tersebut. Begitu pentingnya mempelajari ilmu psikologi secara pasti dan runtut disebabkan karena untuk menghindari bias dari ilmu psikologi itu sendiri. Untuk itu carilah ilmu dan referensi yang memang benar-benar memiliki kaidah tentang keilmuan yang benar. Semoga sukses selalu. Salam Psikologi Mania

 

untuk pemesanan dapat langsung menghubungi kami di WA http://bit.ly/2u9t2ot