Inilah Beberapa Dampak Negatif Pekerjaan Yang Dilakukan Di Rumah

Inilah Beberapa Dampak Negatif Pekerjaan Yang Dilakukan Di Rumah

Posted on

Inilah Beberapa Dampak Negatif Pekerjaan Yang Dilakukan Di RumahDampak negatif pekerjaan yang dilakukan di rumah – Mungkin anda adalah orang yang senang bekerja. Sayang, pekerjaan rumah anda tidak bisa ditinggal. Lantas, apa yang akan anda lakukan ? Tentu saja galau, bimbang, dan resah. Rasanya masih kuat bekerja dan ingin bekerja. Tetapi tidak ada atau belum menemukan lahan yang tepat dan mau mengerti kondisi dan juga kebutuhan anda.

Jangan khawatir. Karena sekarang sudah banyak pekerjaan yang bisa di monitoring dari rumah. Anda tidak perlu lagi terjun langsung ke dunia dan lapangan kerja yang ada di luar sana. Cukup duduk manis di dalam rumah dan mengerjakan pekerjaan rumah. Sambil sesekali memonitoring apa yang terjadi di luar. Tentu saja pekerjaan seperti ini yang anda harapkan atau bahkan di harapkan seseorang pada umumnya.

Namun anda jangan salah tanggap dahulu. Karena pekerjaan ini tidak semudah seperti yang anda bayangkan. Stressor yang datang dari luar tetap saja berat. Berikut ini adalah bahaya pekerajaan yang bisa dimonitoring di rumah :

6 Dampak Negatif Pekerjaan Yang Dilakukan Di Rumah

  1. Masalah pekerjaan dibawa-bawa dalam rumah

Dampak negatif pekerjaan yang dilakukan dirumah yang pertama adalah masalah pekerjaan. Karena pekerjaan yang anda lakukan di rumah, tentu saja masalah yang ada dalam pekerjaan sering tercampur dengan masalah rumah. Misalnya saja karena ada beberapa pekerjaan atau hal yang belum selesai, namun jatah waktu kerja anda tersebut sudah berakhir. Padahal waktu itu adalah waktunya untuk bertemu dengan suami dan anak (Quality time with family). Wajah cemberut dan rasa kesal tersebut akhirnya secara langsung atau tidak langsung dapat berimbas loh dengan mereka.

  1. Manajemen waktu lebih susah

Pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah biasanya cenderung memiliki waktu yang fleksibel. Oleh karena fleksibelitas inilah yang membuat suatu pekerjaan menjadi lebih banyak menghabiskan waktu. Biasanya anda lebih suka menyelesaikan beberapa pekerjaan sekaligus. Jika ternyata memerlukan waktu yang lebih lama, maka anda akan berkutat dengan pekerjaan yang lebih lama. Akibatnya pekerjaan rumah jadi sedikit terbengkalai. Imbas lain tentu saja, fungsi status anda di dalam rumah. Untuk anda yang berstatus sebagai suami dan ayah tentu fungsi dari seorang ayah dan suami dapat sedikit terbengkalai. Di satu sisi, fungsi anda sebagai istri dan ibu dari anak-anak anda juga akan lebih tidak maksimal.

  1. Sibuk dengan handphone dan tablet

Jika anda adalah pekerja yang memiliki bisnis online shopping, tentu saja akan lebih banyak waktunya dalam menyambangi dunia media sosial. Kadang waktu makan, diselingi dengan melihat perkembangan penjualan anda. Saat mau solat, mampir melihat notifocation dulu. Saat mau melakukan sesuatu akhirnya harus melihat pemberitahuan agar konsumen kita tidak hilang. Inilah yang menyebabkan anda terlalu sibuk dengan dunia maya dari pada dunia nyata.

  1. Kelelahan lebih tinggi dari pekerja normal

Bagi wanita yang memiliki pekerjaan di remote dari rumah cenderung memiliki kelelahan lebih tinggi. Sebab waktu yang diperlukan untuk bekerja lebih banyak dan lebih lama dari pada orang normal yang memiliki batasan waktu bekerja. Inilah yang menyebabkan kebanyakan wanita lebih merasa lelah saat ia harus memonitoring pekerjaannya dari media sosial.

  1. Tingkat depresi lebih tinggi

Bagi anda yang bisa memonitoring pekerjaan dari media sosial cenderung memiliki tingkat depresi lebih tinggi dari pada orang yang bekerja normal. Sebab pekerjaan ini membutuhkan waktu lebih lama. Stressor yang muncul juga lebih banyak. Oleh sebab itu, depresi yang ada juga lebih tinggi.

  1. Cenderung lebih mudah burnout dan bosan

Dampak negatif pekerjaan yang di bawa dirumah yang terakhir adalah rawan untuk mengalami burnout. Pekerja yang memiliki akses dunia maya cenderung lebih cepat bosan dan akhirnya burn out. Sebab pekerja yang aktif di dunia maya cenderung terbiasa untuk mendapatkan sesuatu yang cepat. Akhirnya ia mengalami kelelahan dan kebosanan saat melakukan pekerjaan yang lainnya, yang mana pekerjaan tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama.

Bekerja bisa di lakukan dimana saja, baik di rumah maupun di tempat kerja. Hanya saja pasti ada manfaat dan bahaya yang muncul setiap pekerjaan. Asalkan bisa mengantisipasi bahaya yang datang. Pilihlah sebuah pekerjaan secara bijak untuk saat ini dan jangka panjang ke depannya. By: Izzatur Rosyida