Bagaimana Cara Supaya Teman Mau Menerima Kita?Nama : Bona
E-mail : xx.u@yahoo.co
Judul : Konsul (Bagaimana Cara Supaya Teman Mau Menerima Kita?)
Isi Konsultasi : Bagaimana caranya agar kita bisa dekat dengan orang lain? (Teman baru) dan bagaimana supaya kita bisa asyik dengan mereka dan mereka pun mau menerima saya saya teman baru nya? Dan bagaimana agar terhindar dark hal2 masa lalu yg msh trsimpan detik ini?

Hai Bona, bagaimana kabarnya? Semoga selalu baik ya.

Menjawab pertanyaan yang pertama, bagaimana supaya kita bisa dekat dengan orang lain, dalam hal ini adalah teman yang baru kenal, atau mungkin baru bertemu. Biasanya untuk urusan dekat dengan orang baru ini sangat berkaitan erat dengan kepribadian yang anda miliki. Katakanlah kita menggunakan teori mengenai kepribadian ekstrovert dan juga introvert.

Mereka yang memiliki kepribadian ekstrovert akan lebih natural dan alamiah untuk dekat dengan teman dan orang baru. Sebaliknya, mereka yang introvert memiliki kecenderungan menutup diri dan sulit langsung dekat dengan teman baru. Nah, apabila anda memang memiliki kecenderungan kepribadian yang ekstrovert, maka bukan hal yang sulit bagi anda untuk langsung dekat dengan teman baru atau orang baru.

Lalu, bagaimana apabila anda adalah seorang yang introvert? Introvert bukan berarti anda tidak bisa dekat dengan orang baru. Anda tetap bisa dekat dengan orang baru, namun membutuhkan suatu proses yang bervariasi. Komunikasi yang intens dan juga minat yang sama bisa menjadi hal yang mempercepat kedekatan seseorang. Jadi, apabila anda ingin dekat dengan orang lain atau teman baru, anda bisa mencoba meningkatkan intensitas komunikasi, bisa menggunakan sosial media, chatting, atau mungkin hangout bersama. Sering bertemu, berkomunikasi, dan sering bersama akan membuat anda menjadi lebih mudah dan dekat dengan teman baru.

Bagaimana Supaya Bisa Diterima Sebagai Teman Baru?

Lalu, bagaimana caranya supaya anda bisa diterima sebagai teman baru?  Cara paling mudah adalah menjadi diri anda apa adanya, dan anda juga harus bisa menerima kelebihan dan kekurangan teman anda.

Paling tidak anda juga sebelumnya harus terbuka dengan teman anda. Hal ini dinamakan self disclosure (keterbukaan diri). Dengan self disclosure, anda bisa mengungkapkan sebenarnya diri anda itu seperti apa sih? Dan teman – teman anda pun akan lebih mau menerima anda ketika anda sudah bisa melakukan self disclosure tersebut.

Bagaimana Terhindar Dari Masa Lalu?

Masa lalu yang dimaksud ini seperti apa? Apakah masa lalu yang menyedihkan, menyebalkan, menyenangkan, mengharukan, atau masa lalu seperti apa? Kira – kira, apa efek yang timbul pada diri anda saat ini, apabila kenangan masa lalu tersebut muncul?

Beberapa orang bisa saja mengalami stress dan depresi apabila teringat masa lalu. Atau ada juga yang tiba – tiba mood nya menurun drastis akibat terpikirkan masa lalu. Nah, kalau anda kira – kira akan menjadi seperti apa ketika teringat masa lalu? Apakah akan stress, sedih, atau mengalami hal apa?

Selama tidak membahayakan, sepertinya tidak apa-apa. Namun apabila sangat mengganggu anda, sampai menyebabkan stress dan bahkan muncul masalah psikologis lainnya, mungkin anda bisa melakukan relaksasi. Relaksasi bisa dilakukan dengan beberapa cara, seperti misalnya :

  1. Tidur, merupakan cara relaksasi paling mudah dan simple
  2. Deep breathing relaxation (pernah dibahas di dalam salah satu post di psikoma)
  3. Meditasi
  4. Yoga
  5. Melakukan kegiatan yang membuat anda senang dan nyaman, misalnya saja jalan – jalan, belanja, berenang, olahraga, dan sebagainya.

Nah, itulah jawaban dari pertanyaan anda. Semoga dapat bermanfaat bagi anda ya. Psikologi Mania