Investasi Online

8 Bisnis Online Menjanjikan yang Dapat Dilakukan Pelajar dan Mahasiswa

Posted on

Di masa modern seperti sekarang tentu ada berbagai peluang bisnis yang dapat dijalankan oleh semua kalangan, tak terkecuali untuk pelajar dan mahasiswa. Salah satu yang ramai peminat saat ini adalah bisnis online di berbagai bidang. Berikut ini adalah beberapa bisnis menjanjikan yang dapat menjadi sambilan bagi pelajar / mahasiswa dengan sistem online, di antaranya :

Bisnis online dengan sistem dropship

Salah satu bisnis online minim modal yang cocok untuk dilakukan sebagai bisnis sampingan di sela kesibukan sekolah atau kuliah adalah dengan memulai bisnis sebagai dropshipper. Dropship merupakan sebuah sistem bisnis dengan menjual barang / produk orang lain dan mengambil keuntungan dari selisih harga jual dengan harga yang dibeli dari supplier. Sebagai dropshipper, Anda tidak perlu repot melakukan stok produk untuk pengadaan, hingga pengiriman barang bila ada pembeli yang memesan. Seluruh proses ini akan dihandle sepenuhnya oleh supplier barang. Anda hanya perlu memasarkan produk dan mematok harga sesuai yang dikehendaki dan saat ada pesanan masuk Anda hanya tinggal menghubungi pihak supplier. Mudah. Bukan?

Sebagai contoh anak muda yang bernama Hermawan yang mengembangkan jualan bisnis berbasis dropship yang mampu menghasilkan omzet 600Juta perbulan dari Dropshiper yang melakukan penjualan. Dari blog yang dikelolanya tersebut yakni Bosku.id anda dapat mengakses dan daftar disana. Keuntungannya adalah selain anda mendapat informasi terkait dengan tatacara dropship, setting blog, cara iklan dan lainnya.

Selain itu anda juga dapat melakukan sendiri dengan teknik yang sederhana yakni
1. Dengan menjadi suplier di marketplace A dan menjual di marketplace B dan atau sebaliknya. Misalnya saja anda mencari suplier di Tokopedia kemudian anda menjualnya di Bukalapak dan atau Shopee.
2. Dengan mencari suplier di Marketplace dan dijual lagi di medsos atau dibuatkan blog.

Kedua cara tersebut agar lebih cepat mendapatkan penjualan maka yang perlu dilakukan adalah dengan setiap produk yang di jual diiklankan, baik itu di marketplace maupun di medsos maupun di google ads. Sebagai contoh dibawah ini adalah penghasilan saya dari dropship produk

Bisnis Online

Menjadi blogger

Bisnis online lainnya yang dapat Anda jalankan sebagai sampingan adalah menjadi blogger. Bagi Anda yang memiliki hobi menulis, menjadi blogger dapat menjadi sebuah penyaluran hobi yang menghasilkan uang. Anda bebas menulis tema apa pun dalam blog Anda. namun, Anda perlu bersabar dalam membangun blog sebelum blog Anda nantinya dapat menghasilkan uang tambahan. Saat blog Anda mulai ramai dan sering dikunjungi oleh netizen, Anda dapat memanfaatkan Google Adsense untuk memasang iklan pada blog dan memperoleh penghasilan dari pemasangan iklan tersebut. Agar website Anda menarik dan sering muncul pada seach engine, maka Anda perlu mengoptimalisasi konten blog yang Anda buat sesuai dengan kaidah SEO. untuk bisa sukses dan berkembang menjadi seorang blogger, Anda perlu untuk terus belajar dan mencari informasi – informasi terkini. Selain memanfaatkan Adsense bisa juga menggunakan affiliate

Menjadi blogger tentunya dibutuhkan pengetahuan terkait dengan blog, ada jenis blog yakni yang gratisan seperti blogspot.com atau wordpress.com disana anda akan mendapatkan sub domain. Sedangkan untuk yang berbayar anda menggunakan domain sendiri. Seperti psikoma.com dan untuk mendapatkan domain sendiri anda harus membelinya. Selain domain anda harus memiliki hosting. Keduanya ini vital apabila ingin serius untuk menjadi blogger.
1. Sebagai rekomendasi untuk membeli domain dan hosting yang sudah terbukti handal di Indonesia anda dapat mengunjungi niagahoster.co.id. Terbukti banyak di gunakan oleh blogger yang ada di Indonesia.
2. Sedangkan untuk belajar wordpress anda dapat belajar di Tutorial WordPress Pemula

Berjualan di marketplace atau Toko Online

Di era serba digital seperti sekarang ini, sangat mudah memasarkan barang yang Anda jual dengan memanfaatkan internet. Bisnis online dengan berjualan di marketplace dapat menjadi solusi berjualan minim modal yang dapat dikembangkan oleh semua kalangan, termasuk bagi pelajar dan mahasiswa yang tak banyak memiliki uang saku. Di internet, ada berbagai marketplace besar dan terpercaya seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee hingga Lazada yang dapat Anda manfaatkan untuk tempat berjualan dan mengembangkan bisnis online Anda.

Salah satu keuntungan berjualan di marketplace adalah media ini memang khusus dibuat untuk memudahkan konsumen dalam mencari barang yang diinginkan. Sehingga setiap orang yang masuk ke website atau pun aplikasi marketplace ini sudah tentu memerlukan untuk membeli suatu barang, sehingga kemungkinan produk yang Anda tawarkan dapat terjual semakin besar. Barang – barang yang dapat Anda jual di marketplace pun sangat beragam sehingga dapat dikatakan Anda dapat menjual apa pun melalui media ini.

Pertanyaannya darimana sih supplier produk yang akan jual di marketplace tersebut. Anda mencari supplier lokal untuk produk-produk yang di produksi lokal, namun anda juga dapat untuk mencari supplier international dan melakukan import barang sendiri. Untuk zaman sekarang ini tidaklah susah untuk mendapatkan barang dari luar negeri bahkan free ongkir sampai ke rumah anda. Beberapa web yang pernah admin coba adalah aliexpress.com. Disana berjuta inspirasi produk yang anda bisa cek dan beli.

Menjadi youtuber

Profesi sebagai seorang youtuber menjadi salah satu yang kini banyak dilirik oleh anak – anak muda. Anda sebagai pelajar atau mahasiswa juga dapat mencoba peruntungan dengan terjun dalam bisnis online satu ini. dengan media video, Anda dapat membuat konten – konten menarik sehingga membuat akun youtube Anda ramai subscriber. Bila Anda rajin untuk mengunggah konten youtube menarik sesuai passion Anda, misalnya youtube tentang tips trik teknologi terkini, hingga tutorial make up, tak jarang popularitas yang Anda dapat di youtube bahkan tak kalah dengan artis atau selebriti sekali pun. Selain dari banyaknya subscriber, pemasukan dapat Anda peroleh dari pemasangan iklan di video youtube Anda.

Anda ada dua opsi, yakni membangun channel dengan mengandalkan popularitas seperti Atta Halilintar dan Ria Ricis atau menggunakan teknik SEO berkaitan dengan keyword yang anda kuasai atau hobi yang sedang anda senangi. Untuk mendapatkan uang dari youtube pada dasarnya tidak hanya dari google adsense, bisa juga affiliate ataupun jualan online. Sebagai contoh pemuda yang telah berhasil selain dari popularitas adalah Handoko, anda dapat belajar langsung kepada empunya di Handoko Edukasi atau bisa di kulik Channelnya sebagai sarana belajar anda Handoko PS. Salah satu video yang menjelaskan tentang monetize selain dari adsense

Jasa pembayaran online

Peluang bisnis online lainnya yang mudah dan dapat Anda lakukan di sela – sela waktu luang Anda sebagai pelajar atau mahasiswa, adalah dengan menyediakan jasa pembayaran online, seperti pembayaran token listrik hingga pembelian pulsa. Pulsa tentu merupakan salah satu kebutuhan penting bagi setiap orang untuk memudahkan komunikasi. Sementara pembayaran atau pembelian token listrik secara online lebih memudahkan, apalagi bagi banyak orang dengan kesibukan yang padat. Untuk memulai usaha ini Anda dapat mulai mendaftarkan diri sebagai distributor dan menyediakan beberapa layanan lain yang terkait. Tak hanya mempromosikannya pada teman dan orang – orang terdekat, usaha online ini dapat Anda kembangkan secara luas dengan membuat website terkait jasa yang Anda tawarkan, baik berupa website berbayar mau pun website yang dapat Anda buat gratis.

Jasa fotografi

Bagi Anda yang memiliki ketertarikan pada bidang fotografi, dapat mengubahnya sebagai sebuah hobi yang menghasilkan. Anda dapat membangun sebuah bisnis online dengan menawarkan jasa fotografi untuk berbagai keperluan, mulai dari pas foto, foto album kenangan sekolah, hingga foto lain seperti pre wedding. Bagi Anda yang telah memiliki kamera DSLR, bisa dikatakan bahwa tak perlu mengeluarkan modal besar lain lagi untuk menjalankan bisnis ini  Agar skill fotografi Anda terus meningkat dari waktu ke waktu, Anda perlu untuk terus belajar dan mengembangkan potensi diri sehingga hasil foto Anda dapat bertambah kualitasnya seiring waktu.

Jasa desain grafis

Sebagian besar pelajar mau pun mahasiswa di masa kini tentu memiliki kemampuan atau pun ketertarikan di bidang desain. Hal ini tentu dapat dikembangkan sebagai salah satu bisnis online sampingan yang menjanjikan. Bila Anda menguasai program – program desain grafis seperti Photoshop, Coreldraw hingga Illustrator, Anda dapat memanfaatkannya dengan berbisnis membuka jasa desain untuk berbagai kebutuhan, mulai dari desain poster, spanduk, undangan, flyer hingga desain untuk kebutuhan lainnya.saat ini kebutuhan jasa desain grafis meningkat dari waktu ke waktu, sehingga bisnis ini dapat menjadi pengisi waktu luang yang menghasilkan uang tambahan.

Jika anda belum mahir untuk design anda dapat mengikuti kursus-kursus online yang banyak tersebar di internet, salah satunya Kursus Desain Adobe Illustrator

Jasa penulis artikel

Bagi Anda yang gemar menulis tapi menganggap bahwa menjadi seorang blogger yang produktif dan menghasilkan uang memerlukan waktu yang lama dan proses yang panjang, Anda dapat memilih untuk menjual jasa sebagai seorang penulis artikel melalui banyak situs. Bila Anda jeli mencari di internet, Anda akan mudah menemukan banyak peluang sebagai freelancer penulis artikel berbagai tema yang dapat Anda kerjakan untuk menghasilkan tambahan pemasukan. Ada beberapa situs marketplace yang banyak membuka lowongan untuk bisnis online satu ini, mulai dari sribulancer, projects.co.id dan berbagai situs penulisan artikel lainnya.

Agar bisnis online pelajar sebagai penulis artikel ini berjalan lancar, tentu ada beberapa hal dalam penulisan artikel yang perlu Anda perhatikan mulai dari kebutuhan pengulangan kata kunci (keyword) yang proporsional, metadeskripsi untuk keseluruhan isi artikel, hingga pemahaman yang baik tentang kaidah SEO.

Freelance

Di Online ini sangatlah luas untuk kerja freelance, beragam keahlian yang dapat anda tawarkan seperti
1. Design Grafis
2. Digital Marketing
3. Programing
4. Video dan Animasi
5. Musik dan Audio
6. Customer Service
7. Akuntansi
8. Web dan Mobile Development
9. Menulis dan Translate

Sebetulnya masih banyak lagi yang bisa anda explore untuk freelance di bisnis online ini, anda dapat menjual keahlian anda menjadi penghasilan anda. Ada beberapa yang web yang saya rekomendasi untuk menjual jasa anda yakni di
1. Fiverr.com
2. Upwork.com
3. Envato.com
Di Indonesia sendiri sudah banyak freelancer yang sudah mendapatkan penghasilan dari freelance ini, cuma memang anda untuk masuk komunitas tersebut harus rajin cari-cari komunitasnya baik itu di ads.id atau di facebook dan atau di youtube.

Beragam pilihan bisnis online di atas tentu dapat Anda pilih dan sesuaikan dengan passion dan ketertarikan Anda, dan perlu juga dipahami bahwa sebagai pelajar / mahasiswa, Anda tetap harus pandai membagi waktu antara bekerja freelance dan tugas wajib untuk menuntut ilmu.