6 Manfaat Mendongeng Yang Baik Untuk Perkembangan Anak

6 Manfaat Mendongeng Yang Baik Untuk Perkembangan Anak

Posted on

Dongeng AnakDongeng Anak – Pernahkah anda di ceritakan dongeng oleh ibu saat masih kecil ? Seperti apakah cerita dongeng tersebut ? Apakah masih bercerita tentang si kancil yang mencuri timun di sawah pak tani ? Lantas bagaimana ? Benar, dongeng merupakan istilah yang sudah tidak asing di telinga. Masih ada beberapa keluarga mendengarkan dongeng sebagai pengantar tidur. Atau menceritakan dongeng untuk memberikan pelajaran baik saat anak mulai nakal.

Sayang, eksistensi dongeng saat ini berubah, menjadi kian memudar. Padahal dongeng ini memberikan banyak inspirasi bagi anak. Kisah – kisah kancil, siput, keong, babi hutan, buaya, sekarang tergantikan dengan beberapa sinetron – sinetron percintaan. Beberapa tayangan yang masih di gemari, dan mengandung unsur dongeng seperti kisah pada jaman dahulu, masha and the bear, dan lain sebagainya.

Banyak orang yang sudah mengabaikan dongeng. Terutama orang tua. Menganggap dongeng sebagai cerita yang terlalu mengada – ada. Ada juga orang tua yang memang tidak suka bercerita, sehingga tak pernah menceritakan apa – apa ke anak. Atau orang tua yang ingin bercerita, namun bingung harus mengisahkan apa. Padahal ada sejuta kisah yang bisa kita ambil, dan ceritakan pada anak.

Jika anda memulai mendongeng untuk anak, sebenarnya ada banyak sekali manfaat yang bisa di ambil. Terutama untuk tumbuh kembang anak di masa yang akan datang.

Lalu apa sajakah keistimewaan dari mendongeng ? Simak ulasan berikut :

Manfaat Dengong Anak Untuk Perkembangan

Tentu saja ada alasan mengapa anda harus mendongeng untuk anak. Ini penting, karena bisa membantu perkembangan dan pertumbuhan anak. Seperti apakah ?

  1. Mendekatkan orang tua dan anak

Alasan utama mengapa anak perlu di berikan cerita dongeng setiap hari adalah agar anak dan ibu atau bapak bisa dekat. Karena setiap malam, ada jam khusus waktu bersama selama sesi mendongeng. Meskipun hal tersebut memang melelahkan dan merepotkan, akan tetapi ketahuilah bahwa dengan menceritakan kisah dongeng yang anda ceritakan setiap malam tersebut akan dapat membuat anak merindukan anda. Bahkan hingga dewasa nanti.

Kasih sayang dari sesi mendongeng dapat anda manfaatkan agar sang anak menjadi anak berbakti pada orang tuanya kelak.

  1. Mengembangkan kecerdasan emosional

Dongeng yang anda sajikan setiap hari bukan sekedar cerita biasa. Di dalam cerita, tentu akan ada bagian prolog, inti, dan epilog. Guna mendapatkan inti cerita yang baik dan menarik, tentu saja sebuah cerita harus di awali dengan prolog yang menarik. Pengaturan irama cerita dan hal inilah yang akan membantu anak meningkatkan kecerdasan emosional.

  1. Pengembangan imajinasi anak

Masa kanak – kanak adalah masa yang paling tepat untuk digunakan saat sesi bermain. Dalam fase ini mereka banyak sekali membayangkan sesuatu yang bersifat imajinatif. Seperti menciptakan teman imajiner, dan lain sebagainya. Bayangan dan imajinatif ini terkadang berpengaruh negatif bagi anak. Itulah mengapa perlu dongeng untuk mengembangkan daya imajinatif yang positif dalam diri anak.

  1. Melatih kemampuan berbahasa

Dongeng anak manfaat yang keempat adalah melatih kemampuan bahasa. Untuk mengantarkan cerita, perlu kemampuan verbal yang baik. Saat anda bercerita, tentu saja banyak sekali kata-kata baru yang akan terdengar asing bagi anak. Beberapa hal anak mungkin belum pernah menemukannya di lingkungan sekitar. Menemukan hal baru lewat cerita akan membantu anak meningkatkan kemampuannya dalam berbahasa. Anak akan terus berusaha  untuk memahami makna di balik cerita.

  1. Anak berlatih kemampuan verbal

Anak yang biasa di ceritakan dongeng setiap malam akan dapat memiliki perbendaharaan kata yang lebih banyak dibandingkan anak yang tidak di dongengkan. Setiap malam orang tua mengasah kemampuan verbal anak lewat cerita. Biasanya lewat cerita itulah anak berlatih kemampuan verbal. Ia menjadi lebih aktif dari anak – anak lain seusianya. Bahkan anak menjadi lebih kritis ketika menemui masalah baru.

  1. Mengembangkan minat baca

Manfaat Mendongeng yang terakhir adalah mengembangkan minat baca. Biasanya yang  memiliki teman buku. Bukan berarti ia menjadi kuper atau lainnya. Hanya saja, anak yang biasa mendapatkan dongeng cenderung memiliki minat baca yang tinggi. Berawal dari buku – buku bergambar untuk meningkatkan imajinasi. Lantas berkembang menjadi buku – buku yang berat. Bukankah orang hebat di mulai dari membaca ? Selamat mencoba dan melihat manfaat mendongengkan bagi anak kalian. Psikologi Mania