5 Hal yang Bisa Anda Lakukan untuk mengurangi stres

5 Hal yang Bisa Anda Lakukan untuk mengurangi stres

September 12, 2018 Off By admin

5 Hal yang Bisa Anda Lakukan untuk mengurangi stress

Stress sepertinya seringkali menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari manusia. Setiap manusia pasti pernah memiliki stress. Stress banyak disebabkan karena ketidakmampuan individu dalam melakukan sesuatu, dan banyak mengarah kepada masalah emosi, terutama emosi negative. Sayangnya, banyak individu yang stress, lalu kemudian salah salam memaknai stress. Misalnya saja melakuakn represi terhadap stress, sehingga malahan menjadi depresi dan semakin tertekan. Atau karena stress, mereka melampiaskan stress itu dengan benda atau orang lain yang cenderung destruktif alias merusak. Hal ini tentu saja harus kita hindari, karena malah dapat berdampak buruk. Berikut ini adalah 5 hal yang mungkin terlihat sulit, namun sebenarnya sangatlah sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengurangi stress :

  1. Relaksasi dan Meditasi

5 Hal yang Bisa Anda Lakukan untuk mengurangi stress

Hal pertama yang bisa anda lakukan untuk mengurangi stres adalah melakukan relaksasi dan juga meditasi. Relaksasi dan juga meditasi sudah menjadi salah satu bentuk intervensi psikologis yang sangat efektif untuk membantu mengurangi stress. Tidak perlu menggunakan metode yang rumit dan membutuhkan banyak biaya. Meditasi dan juga relaksasi bisa anda lakukan dengan mudah dan juga simple dengan menggunakan alat – alat yang anda miliki di rumah, seperti :

  • Pemutar MP3, kaset, atau CD
  • Speaker, atau headphone
  • Ruangan yang nyaman

Anda cukup mencari lagu dalam format MP3, kaset, ataupun CD yang bertema relaksasi, misalnya seperti music tradisional, music klasik, suara – suara alam seperti air terjun, sungai, ataupun suara lainnya. Disarankan untukmenggunakan headphone, agar lebih focus dengan suara yang ada.

Lakukan relaksasi dan meditasi degnan berfokus pada suara yang ada. Tarik nafas dengan menggunakan pernapasan perut, dimana perut dikembmangkan saat menarik napas, dan dikempiskan saat membuang nafas. Tutup mata dan konsentrasilah dengan hal – hal apapun yang bisa membuat anda senang, misalnya pemandangan alam, pegunungan, ataupun tempat lain yang bisa membuat anda merasa super nyaman.

Anda bisa melakukan meditasi ringan dan mudah ini setiap pagi setelah bangun tidur, dan juga malam hari sebelum anda tidur.

  1. Menulis untuk meredakan dan mengurangi stres

5 Hal yang Bisa Anda Lakukan untuk mengurangi stress

Stress merupakan salah satu bentuk emosi negative yang dipendam. Karena itu, kita harus bisa mencari cara bagaimana melepaskan emosi negative tesebut, supaya bisa keluar dengan baik. Salah satu metode yang bisa anda lakukan adalah menulis. Menulis sudah banyak dijadikan bahan penelitian sebagai metode pelepasan emosi yang efektif, apalagi ketika anda suka menulis. Ada banyak hal yang bisa menjadi materi atau topik tulisan anda seperti :

  • Life journal, yaitu jurnal kehidupan anda mulai dari masa lalu, masa kini, hingga masa depan
  • Tulisan mengenai perasaan anda saat ini
  • Coretan asal pada sebuah kertas
  • Perasaan anda megnenai hal – hal yang membuat anda stress, misalnya tugas kantor, diputuskan pasangan, kehilangan orang yang disayangi, dan sebagainya

Selain itu, anda juga bisa mengkreasikan topik anda tersendiri, dan yang terpenting, topik tersebut haruslah berhubungan dengan emosi anda, dan perasaan yang membaut anda merasa stress. Setelah itu, anda bisa membakar tulisan anda, mengubur tulisan anda, ataupun menyimpan hasil tulisan anda. ini merupakan simbolisasi dari emosi anda yang sudah berhasil dilepaskan dari diri anda.

  1. Bermain dengan seni alias art

Selain menulis, kesenian atau art juga sangat efektif dalam membantu melepaskan emosi negative yang menyebabkan stress pada diri anda. melukis, menggambar, membuat patung, membuat kerajinan tangan, membuat biorama, dan sebagainya bisa anda lakukan untuk mereduksi stress anda akibat emosi negative. Asusmsinya adalah, setiap coretan lukisan / gambar atau setiap bentuk yang anda tuangkan di dalam karya seni yang anda buat adalah representasi dari emosi negative yang membuat anda merasa stress.

Dengan menggambar dan memvisualisasikannya, maka anda akan mampu untuk menghandle emosi negative tersebut dan juga melepaskannya, sehingga tidak mengganggu anda dan menyebabkan stres.

  1. Berdoa dan menjalankan agama

mengurangi stres

Salah satu pendekatan lainnya dalam mengurangi stres adalah religion focused coping, alias segala sesuatu yang berhubungan dengan doa, ritual keagamaan, dan juga kepercayaan. Shalat, pergi ke geraja, membaca kitab suci, berserah, dzikir, doa Rosario, pergi ke kuil, dan segala bentuk ritual keagamaan yang anda anut merupakan salah satu bentuk penurunan stress yang berfokus pada kepercayaan. Apabila anda adalah seorang yang memiliki nilia serta jiwa spiritual yang tinggi, maka hal ini sangat cocok pada anda.

Misalnya saja anda merasa stress akan situasi hidup anda yang tidak berubah, dan monoton. Maka anda bisa membuka kitab suci, dan mencari ayat – ayat mana saja yang sesuai dengan situasi hidup anda, lalu merenungkannya. Hal ini akan membantu anda mengurangi tingkat stres yang muncul.

  1. Menjalankan hobi

Anda memiliki hobi? Anda bisa melampiaskan hobi anda tersebut untuk mengurangi stress. Fakta menunjukkan bahwa melakukan kegiatan yang kita senangi akan sangat efektif dalam mereduksi stress. Berjalan – jalan, traveling, berbelanja, berkumpul dengan teman, makan, tidur, memancing, mengoprek – oprek mobil atau motor, adalah sedikit dari berbagai macam hobi yang dapat membantu kita dalam mengurangi stress. Cobalah focus pada hobi anda paling tidak seminggu sekali.

Bagaimana? Apakah anda berminat untuk mencoba melakukan hal – hal diatas untuk meredakan stress anda agar dapat terkendali?  by: Eduardus Pambudi