3 Cara Meningkatkan Kecerdasan Di Fase Usia Emas Anak

3 Cara Meningkatkan Kecerdasan Di Fase Usia Emas Anak

Posted on
3 Cara Meningkatkan Kecerdasan Di Fase Usia Emas Anak

Di Usia Emas Anak, menjadi salah satu moment penting yang harus diperhatikan oleh orang tua dimanapun berada. Usia yang menurut ahli psikologi berada di rentang 0 sampai 5 tahun tersebut, menjadi sangat krusial bagi perkembangan anak kedepannya. Dikatakan krusial karena di usia inilah perkembangan secara ukuran, psikis, afektif, dan motoric benar-benar terlihat.

Bahkan sekitar 50% dari kecerdasan orang dewasa, akan mulai terbentuk pondasinya di usia 4 tahun ini. Artinya di usia emas anak ini 0-5 tahun jika tidak dimaksimalkan dengan baik, maka akan berimbas pada lambatnya pola perkembangan anak itu sendiri.

Namun terkadang disebabkan karena tidak meratanya edukasi, banyak dari orang tua yang justru abai atau bahkan meremehkan beberapa hal. Inilah 3 hal yang seyogyanya menjadi perhatian para orang tua di usia emas anak.

3 Cara Meningkatkan Kecerdasan Di Fase Usia Emas Anak

1. Pola Asuh

Pola asuh berhubungan pada bagaimana cara membesarkan anak dengan baik. Pola ini juga berkaitan dengan pemberian asupan gizi yang baik, serta kebutuhan tempat tinggal yang layak. Selain itu juga penting untuk memberikan pakaian yang bersih dan nyaman walaupun tidak mesti mahal. Dan yang juga tak kalah penting dalam pola asuh yang baik adalah, menjaga selalu kebutuhan kesehatan anak, karena kesehatan yang baik juga akan mempengaruhi perkembangan kecerdasan anak.

2. Pola Asih

Penerapan pola asih dapat memperkuat pola hubungan antara orang tuanya dengan anak. Hubungan batin yang terjalin dengan kuat, dapat memupuk rasa kash sayang antara orang tua, anak, dan anak dengan sesamanya. Cara yang dapat dilakukan agar terjalin pola asih yang baik adalah dengan memberikan penghargaan, pengalaman baru, kasih sayang, rasa tanggung jawab, kemandirian, dan yang tak kalah penting adalah memberikan pujian.

Seringkali orang tua abai dalam memberikan pujian, bahkan tak sedikit diantaranya membanding bandingkan anaknya dengan anak orang lain. Sehingga membuat anak semakin insecure terhadap dirinya sendiri. Pujilah dan hargailah apa yang dilakukan anak, dengan begitu sang anak akan muncul rasa percaya dirinya dengan baik.

Dengan munculnya kepercayaan diri dari sang anak, maka akan membentuk kecerdasan emosi yang baik pula. Berikan pula keteladanan dan kasih sayang, agar anak selalu merasakan kehangatan sehingga ia dapat mengaplikasikan pula pada orang disekitarnya.

3. Pola Asah

Dan yang tak kalah penting adalah pola asah anak itu sendiri. Pola asah ini adalah kegiatan merawat, dimana tujuannya adalah untuk merangsang potensi dan kemampuan yang dimiliki oleh anak. Hal ini juga dapat pula membuat bakat anak tumbuh berkembang.

Orang tua dapat melakukan pola asah dengan berbagai macam cara sesuai dengan perkembangan zaman yang ada. Banyak sekali metode yang dapat dilakukan, salah satunya adalah dengan menggunakan sarana yang ada.

Fasilitas Mengasah Pola Asah Anak

Adapun fasilitas yang dapat dilakukan untuk mengasah pola asah anak dapat dilakukan dengan berbagai cara. Dan hal ini dapat dilakukan oleh para Ayah dan Bunda dimanapun berada. Berdasarkan pengalaman yang telah dilakukan oleh sebagian orang tua serta rekomendasi dari ahli psikologi diantaranya adalah.

1. Membacakan Buku Cerita Dongeng Anak

Menurut Friedrich Froebel seorang bapak pendiri gerakan pendidik sejak TK, aktivitas mendongeng adalah metode ideal guna memperkenalkan pendidikan terhadap anak-anak kecil. Selain itu, mendongeng secara lisan juga memiliki kegunaan dalam meningkatkan fokus dan bersosialisasi, mengembangkan kemampuan visualisasi, meningkatkan kemampuan kognitif, meningkatkan keterampilan berpikir kritis, dan memahami budaya lain.

Buku-buku pilihan dongeng terbaik diantaranya sebagai berikut;

Buku dongeng kisah pembentuk karakter
Buku dongeng kisah budi pekerti
buku dongeng kisah penuh moral
Buku dongeng kisah pembangkit motivasi

Adapun untuk memesan buku-buku dongeng tersebut dan buku dongeng koleksi kami lainnya dapat melalui link pemesanan berikut ini

2. Bermain Role Play

Memainkan peran adalah bentuk permainan yang dapat merangsang kecerdasan imajinasi dan emosi pada anak. Dengan kata lain, bermain peran adalah cara membuat mereka untuk dapat memahami, mengeksplorasi semua kejadian ataupun pengalaman barunya. Adapun beberapa cara bermain peran diantaranya adalah anda bermain guru-murid, polisi-polisian, dan lain sebagainya.

3. Poster Edukatif

Fasilitas selanjutnya yang dapat anda gunakan adalah dengan menggunakan poster edukatif. Poster edukatif ini bisa bermacam jenis, diantaranya adalah poster berhitung, huruf abjad, pengenalan benda dan hewan, hingga cerdas pandai membaca huruf hijaiyah. Adapun poster yang dimaksud akan sangat lebih baik jika disesuaikan dengan perkembangan zaman.

Salah satu poster edukatif yang telah sesuai dengan perkembangan zaman, dimana dilengkapi berbagai macam fitur, dan yang lebih penting adalah dapat mempercepat pola kecerdasan anak adalah poster edukatif Jumbo yang dirancang mengikuti perkembangan zaman berikut ini

Poster Edukatif Jumbo

Baca juga: TIPS MENGAJARKAN ANAK KECIL HAFAL AL-QUR’AN

Adapun untuk memesan buku-buku dongeng tersebut dapat melalui link pemesanan berikut ini