13 Kesalahan Saat Interview Kerja

13 Kesalahan Saat Interview Kerja yang Harus di Hindari

Posted on

13 Kesalahan Saat Interview Kerja

13 Kesalahan Interview Kerja yang Harus di Hindari. Persaingan di untuk memasuki dunia pekerjaan saat ini semakin sulit dengan lesunya pertumbuhan ekonomi secara nasional. Mereka yang mencari pekerjaan pun tak sedikit yang mengalami kesulitan ketika telah sampai pada tahap interview kerja. Padahal, sampai pada tahap ini merupakan sebuah proses yang tak mudah dan sederhana, karena keberhasilan dalam menyisihkan puluhan bahkan ratusan pelamar yang siap menggantikan ketika kita tak lolos dalam tahap interview kerja.

Banyak sekali tips-tips yang telah di berikan dan banyak sekali ulasan di artikel yang membahas tentang tips ampuh dalam interview kerja. Namun banyak dari ualasan tersebut tak mencantumkan hal-hal paling mendasar, mengapa anda tak diterima bahkan setelah anda di interview kerja.

Berikut ini adalah 13 Kesalahan interview kerja yang di lakukan oleh sebagian dari kita.

 1. Datang Terlambat

Kesalahan Saat Interview Kerja

Datang terlambat ini seringkali terjadi pada mereka yang memiliki kecendrungan untuk tidak siap memasuki dunia pekerjaan. Banyak sekali kesan yang akan ditmbulkan jika anda terlambat datang saat interview kerja. Kesan yang akan anda timbulkan saat datang terlambat interview kerja yaitu; Kurangnya kedisiplinan, tidak menghargai waktu baik diri sendiri maupun orang lain. So jangan sekali-kali meremehkan ketepatan waktu saat interview kerja ya teman-teman.

2. Berpakaian Tidak Sopan

13 Kesalahan Saat Interview Kerja

Berpakaian tidak sopan akan mnimbulkan kesan yang sama buruk seperti halnya di saat anda datang terlambat interview kerja. Jangan sampai di momen interview kerja ini, anda justru mengenkan kostum yang salah, tidak formal, dan bahkan aneh. Hindari menggunakan kaos, serta celana berbahan jins. Terlebih kostum-kostum anak punk dan Rocker. Seksi ala penyanyi dangdut pun di larang yah, takutnya nanti interviewer nya gagal fokus dan ngasih saweran.

3. Bau Badan

13 Kesalahan Saat Interview Kerja

Karena interviewer juga terkadang lelah harus mewawancara sekampung calon pelamar kerja. Sehingga aroma pun terkadang menyebabkan mood naik turun. Segeralah untu menggunakan wewangian yang memiliki aroma segar agar dapat membangkitkan mood pewawancara dan juga interest pada pribadi anda. Cara sederhana dengan menghindari bau badan. Percakapan tak akan nyaman bukan, jika bau mulut anda seperti asinan kaus kaki.

4. Mengangkat Telepon

13 Kesalahan Saat Interview KerjaSaat bertemu dengan sahabat lalu kalian ngobrol dengan intens dan serius, namun di tengah jalan sahabat anda menyetop pembicaraan anda dengan mengangkat telepon yang masuk. Bagaimanakah perasaan anda? Pasti tentunya dongkol bukan? Hal itulah yang juga di rasakan oleh para pewawancara. Mereka yang sedianya harus mewawancarai banyak orang namun terhambat waktu karena anda mengangkat telepon di tengah wawancara.

5. Mengunyah Permen

13 Kesalahan Saat Interview Kerja (part 2)

Mengangkat telephon saja merupakan hal yang tidak sopan, apalagi anda nekat untuk mengunyah permen nih. Masa iya sih, di momen formal begitu anda ingin iseng untuk usil mengunya peremen. Memang hal ini mungkin akan membuat mengurangi rasa stress akibat tegang yang di rasakan, namun akan sangat baik lagi jika anda tidak mengunyahnya.

6. Minim Informasi

13 Kesalahan Saat Interview Kerja (part 2)

Informasi merupakan salah satu senjata terampuh yang dapat anda jual ketika proses interview berlangsung. Terlebih informasi tersebut merupakan informasi gambaran pekerjaan yang hendak anda lamar. Jika anda mengetahui informasi hingga mengetahui gambaran pekerjaan serta pembaharuan hingga bahkan gagasan kedepan untuk pekerjaan tersebut, maka dapat dipastikan posisi yang menjadi incaran anda akan di dapatkan.

Namun berbanding terbalik dengan mereka yang tak memiliki informasi sedikit pun tentang gambaran pekerjaan yang akan di lamarnya. Hal itu akan membuat penilaian buruk pada anda, tentu calon penerima tak menginginkan perusahannya di jadikan tempat ajang kelinci percobaan.

Usahakan anda untuk mencari tahu terlebih dahulu tentang perusahaan dan posisi yang akan kamu lamar sebelum datang untuk interview.

7. Bersikap Cuek

13 Kesalahan Saat Interview Kerja (part 2)

Peka pada kode-kode maupun keinginan sang pewawancara akan menambah nilai plus anda sebagai calon pelamar. Misalnya saja, jika anda di instruksikan sesuatu untuk meembuktikan kemampuan anda, namun sang pewawancara tak mengutarakan secara langsung melainkan dengan kode maupun sindirian. Jika anda tak paham dengan kode ini maka anda akan di anggap sebagai orang yang cuek. Hal ini pun tentu akan membuat penguji menganggap anda tidak serius dalam menjalani Interview ini.

8. Bersuara Terlalu Keras

13 Kesalahan Saat Interview Kerja (part 2)

Adakalanya seseorang dengan suara pelan membuat obrolan menjadi tak nyaman, namun ada kalanya pula orang yang bersuara keras justru membuat percakapan menjadi tegang. Lalu bagaimanakah model suara yang harus di lakukan saat interview kerja ?

Model intonasi suara ketika anda di interview hendaknya, menggunakan intonasi suara yang jelas dan pas. Pas tersebut dalam artian tak terlalu pelan dan juga tak terlalu keras. Berbicaralah dengan sopan jangan seperti orang berteriak maupun menantang karena saking kerasnya volume suara anda dalam menjawab pertanyaan.

 9. Terlalu Banyak Bertanya

13 Kesalahan Saat Interview Kerja (part 3)

Bertanya adalah salah satu cara terbaik untuk menghindari ketidak tauan, namun adakalanya terlalu banyak bertanya justru akan membuat sang interviwer menjadi bosan. Oleh sebab itu maka sebaiknya bertanyalah hal penting saja saat anda di beri kesempatan untuk bertanya. Jangan bertanya hal-hal seperti rahasia perusahaan atau seputar masalah kehidupan priabdi orang lain.

10. Sok Tahu

13 Kesalahan Saat Interview Kerja (part 3)

Untuk hal yang satu ini juga menjadi hal yang harus di hindari. Jika anda berlagak sok tau di perusahaan tersebut ketika di wawancarai malah justru akan membuat anda seolah-olah menyepelekan bidang pekerjaan yang akan kamu lamar. Oleh sebab itulah penting untuk mempelajari terlebih dahulu jenis pekerjaan yang akan anda lamar di bidang tersebut. Agar nantinya kecendrungan sok tau terhindarkan.

Jangan bersikap seolah-olah kamu lebih tahu mengenai perusahaan bahkan menyepelekan bidang pekerjaan yang kamu lamar.

11. Menjelekkan Kantor Lama

13 Kesalahan Saat Interview Kerja (part 3)Hindari untuk menjelekkan kantor lama disaat anda sedang di wawancara. Menjelekkan tersebut seperti pada saat anda ditanya, alasan mengapa anda keluar dari tempat pekerjaan anda. Meskipun menjelekkan tersebut memang merupakan dari alasan utama anda keluar. Dengan menjelekkan kantor lama justru akan membuat anda terlihat seperti seorang yang tidak setia dan tidak dapat menjaga rahasia perusahaan.

12. Mempertanyakan Gaji

13 Kesalahan Saat Interview Kerja (part 3)

Mempertanyakan gaji sejatinya adalah hal yang lumrah terjadi, ketika pertamakali di wawancara. Namun memang tidak sepantasnya untuk menanyakan terlebih dahulu besaran gaji pada tahap awal interview, apalagi anda hanya seorang fresh graduate yang baru saja lulus. Ada waktu-waktu tertentu yang tepat untuk menanyakan gaji seperti di sela-sela ketika anda di Tanya ingin meminta gaji seberapa besar.

13. Menyela Pembicaraan

13 Kesalahan Saat Interview Kerja (part 3)Kesalahan terakhir yang umumnya terjadi saat interview berlangsung adalah menyela pembicaraan. Sebaiknya jangan sekali-kali menyela saat penguji sedang berbicara ataupun menyaksikan sesuatu. Karena hal ini justru akan memberi kesan anda, orang yang tidak sopan.

Itulah beberapa hal yang dapat kiranya diperhatikan ketika sedang melakukan interview kerja. Dengan mempraktikkannya sedikit banyaknya akan menambah peluang lolos anda di pekerjaan dan bidang yang anda impikan.

Kesalahan Interview kerja Non Verbal

Kesalahan Saat Interview Kerja non VerbalDi tengah persaingan dalam lapangan pekerjaan, akhirnya turut menuntut setiap orang untuk mampu menampilkan diri sesempurna mungkin di hadapan calon bos, melalui tangan-tangan recruternya.

Segala aspek mulai dari review profile diri yang tertera dalam daftar riwayat hidup, hingga kemampuan berkomunikasi pun akan selalu di uji. Salah satu hal yang menentukan keberhasilan anda di terima di suatu perusahaan adalah sesi wawancara.

Banyak orang yang mengabaikan hal yang sangat penting dan krusial ini, karena ia terlalu yakin bahwa ia akan di terima setelah mendapatkan panggilan wawancara kerja. Padahal hal itu adalah salah.

Penting pula untuk memperhatikan bagiamana anda mempromosikan dan meyakinkan diri anda di hadapan recruiter perusahaan tempat anda akan bekerja nantinya. Media mempromosikan diri dan meyakinkan adalah interview kerja.

Berikut ini akan di bahas beberapa kesalahan interview kerja yang seringkali dilakukan para pelamar kerja

Kesalahan 1

Kesalahan Interview Kerja Yang Seringkali Dilakukan Para Pelamar Kerja

Kesalahan yang pertama saat melakukan interview kerja adalah tidak melakukan kontak mata. Sebanyak 67% kesalahan yang terjadi pada saat wawancara kerja adalah tidak melakukan kontak mata.

Padahal para pelamar melakukan hal ini dengan para interviewer. Hal ini di karenakan, dengan melakukan kontak mata berarti anda memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Ada rasa confidence di dalam diri anda. Dan sikap confidence inilah yang akan menggambarkan, seberapa anda mampu untuk tetap tenang dalam menghadapi tekanan dalam dunia pekerjaan nantinya.

Kesalahan 2

Kesalahan Interview Kerja Yang Seringkali Dilakukan Para Pelamar Kerja

Kesalahan selanjutnya yang di lakukan oleh pelamar kerja adalah kurang informasi atas perusahaan yang ia lamar.

Kesalahan ini terjadi pada sebanyak 47% pelamar kerja yang gagal dalam sesi interview kerja. Sebaiknya sebelum anda berangkat menghadiri interview kerja, akan lebih baik anda mengetahui terlebih dahulu profile dari perusahaan tempat anda akan bekerja nantinya.

Informasi-informasi seputar bidang yang akan anda kerjakan, hingga sebuah bayangan keuntungan dan kerugian perusahaan jika merekrut anda nantinya pun akan menjadi sebuah nilai plus. Terlebih lagi apabila anda mampu untuk menjelaskan keberhasilan yang telah anda lakukan yang akan di terapkan di pekerjaan yang anda lamar, disertai dengan analisis kaitan kebermanfaatan jika anda diterima yang sesuai antara pengalaman dengan bidang pekerjaan yang anda lamar.

Kesalahan ketiga

Kesalahan Interview Kerja Yang Seringkali Dilakukan Para Pelamar Kerja

Kesalahan selanjutnya yang dilakukan oleh mereka yang gagal dalam interview adalah kurang senyum. Bahkan kesalahan ini dilakukan mereka yang gagal sebanyak 38%. Padahal dengan tersenyum adalah bentuk penghormatan bagi siapa saja, terutama rekan anda nantinya.

Dengan tersenyum, juga dapat membuat kesan baik, bahwa anda merupakan orang yang ceria, dan menyenangkan. Dan orang yang menyenangkan tentunya akan sangat mudah dalam bekerjasama.

Kesalahan Keempat

Kesalahan Interview Kerja Yang Seringkali Dilakukan Para Pelamar Kerja

Kesalahan keempat yang sering dilakukan mereka yang gagal interview kerja yaitu posisi tubuh yang buruk. Kesalahan ini dilakukan oleh mereka yang gagal dalam interview kerja sebanyak 33%. Sebaiknya perhatikan postur anda saat berdiri maupun dalam keadaan duduk. Usahakan untuk selalu tegap dan tidak terlalu membungkuk

Kesalahan Kelima

Kesalahan Interview Kerja Yang Seringkali Dilakukan Para Pelamar Kerja

Kesalahan selanjutnya adalah terlalu gugup saat proses wawancara. Kesalahan ini banyak dilakukan oleh para pelamar yang gagal sebanyak 33%. Jika anda terlalu gugup maka hal tersebut dapat mengakibatkan anda terlihat kikuk, posisi tubuh menjadi tidak baik, dan akhirnya anda kesulitan dalam menghadapi beberapa pertanyaan.

Kesalahan keenam

Kesalahan Interview Kerja Yang Seringkali Dilakukan Para Pelamar KerjaKesalahan selanjutnya yang kerap kali dilakukan oleh para pencari kerja saat di fase interview adalah jabat tangan yang terlalu lemah. Jabat tangan yang terlalu lemah ini dilakukan sebanyak 26% orang yang gagal di fase interview kerja.

Sebaiknya lakukanlah jabat tangan dengan interviwer atau pewawancara secara mantab. Hal ini menunjukkan bahwa anda memiliki spirit, energi, dan karakter yang kuat dan anda terlihat siap apabila mengemban beban kerja yang akan di berikan pada anda nantinya.

Kesalahan Ketujuh

Kesalahan Interview Kerja Yang Seringkali Dilakukan Para Pelamar Kerja

Kesalahan selanjutnya adalah sering kali memegang rambut maupun wajah. Hal ini dilakukan oleh mereka yang gagal sebanyak 21%. Memegang rambut, maupun beberapa areal wajah hanya akan membuat kesan, bahwa anda tidak percaya diri, atau sedang membuat jawaban yang sebenarnya belum pernah anda lakukan di kehidupan nyata.

Kesalahan kedelapan

Kesalahan Interview Kerja Yang Seringkali Dilakukan Para Pelamar Kerja

Kesalahan selanjutnya adalah gesture tubuh anda yang terlihat tidak sopan. Gesture tersebut seperti menyilangkan tangan anda di dada. Sebanyak 21 % mereka yang gagal dalam interview kerja melakukan hal ini. Sebaiknya letakanlah tangan anda di samping tubuh ketika berdiri, dan letakanlah di atas paha ketika and sedang duduk.

Kesalahan Kesembilan

Kesalahan Interview Kerja Yang Seringkali Dilakukan Para Pelamar Kerja

Kesalahan selanjutnya adalah terlalu banyak gerakan tangan yang anda lakukan. Sebanyak 9% orang yang gagal dalam interview kerja melakukan hal yang demikian. Selain gerakan ini sangat tidak penting, hal ini pun dapat membuat para pewawancara merasa terganggu atas apa yang anda lakukan.

Lantas apa yang harus anda lakukan?

Kesalahan Interview Kerja Yang Seringkali Dilakukan Para Pelamar Kerja

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh collegeatlas.org kesan pertama yang dilihat pada seorang pelamar kerja saat melakukan interview kerja yaitu sebagai berikut;

55% : Para pewawancara akan melihat kesan pertama berdasarkan beragam cara anda dalam berpakaian, bertindak dan juga berjalan

38% : Hal selanjutnya adalah menentukan kesan pertama daripada kualitas suara anda, keyakinan anda saat berbicara, dan juga tata bahasa yang anda gunakan dalam berkomunikasi.

7% : Para pewawancara menentukan suatu kesan pertama tentang gambaran diri anda dari pemilihan kata yang digunakan saat anda berbicara

Berikut ini merupakan beberapa dampak yang akan ditimbulkan ataupun dipikirkan setelah para pewawancara melihat kesan pertama pada seorang pencari kerja;

Kesalahan Interview Kerja Yang Seringkali Dilakukan Para Pelamar Kerja

70%: Sebanyak 70% orang mengatakan bahwa mereka tak terlalu menyukai seorang pelamar kerja yang tampil terlalu modis ataupun trendi

Sebanyak 65% perekrut pun juga mengatakan bahwa, warna pakaian juga akan mempengaruhi antara satu kandidat dengan kandidat yang lainnya.

Beberapa hal di atas sekiranya dapat menjadi bahan pertimbangan anda, sebelum anda berangkat melakukan interview kerja. Ingat, bahwasanya anda bersaing dengan seabrek calon pelamar kerja yang memiliki kualitas yang sama atau bahkan lebih baik daripada anda. (Muhamad Fadhol Tamimy)