12 Permasalahan Dalam Hidup Yang Menjadi Sumber Stres

12 Permasalahan Dalam Hidup Yang Menjadi Sumber Stres

Posted on

12 Permasalahan Dalam Hidup Yang Menjadi Sumber Stres12 Permasalahan Dalam hidup yang menjadi Sumber Stres – Setiap orang pasti pernah merasakan stres. Baik itu wanita maupun laki – laki. Baik ia  adalah anak – anak maupun orang dewasa. Stres tidak terbatas usia berapakah mereka, bukan juga terbatas apakah ia laki – laki atau perempuan. Karena setiap masing – masing orang memiliki karakteristik sendiri dalam menghadapi masalahnya.

Misal saya adalah orang yang santai, tapi mau bekerja keras. Saya memiliki hutang pada teman dekat saya. Jika jatuh tempo hutang saya harus dibayar, namun saya belum memiliki uang, maka saya akan mengatakan pada teman saya untuk menunda pembayaran. Namun dengan syarat, saya akan menjaminkan barang yang bernilai jual sebagai bentuk jaminan bahwa saya akan membayar hutang.

Lantas saya pulang, dan kembali bekerja. Pada hari yang ditentukan saya kembali mengunjungi teman saya tadi. Kemudian saya membayarkan hutang yang pernah saya pinjam. Serta mengambil barang jaminan. Sudah, masalah selesai.

Berbeda dengan adik saya. Ia juga tengah dililit hutang. Namun sifat adik saya tersebut suka memikirkan suatu hal, dan dalam melakukan apapun terkesan buru –buru. Ia juga gemar meminjam uang pada teman dekatnya. H – 10 jatuh tempo pembayaran, ia belum bisa juga dalam membayarkan hutangnya. Sebab tanggal ia menerima gaji adalah H + 7.

Oleh karena merasa keberatan, akhirnya adik saya selalu memikirkan hutang tersebut. Selalu memikirkan, hendak bilang apa pada temannya tadi. Harus bagaimana mengatasinya. Hal ini menjadikan adek saya sering mengalami sakit kepala. Ia pun juga sering mengatakan pada saya, bahwa ia stres karena hutang – hutang ini.

Dua hal gambaran cerita diatas merupakan sebuah contoh stres. Dan perlu untuk diketahui, bahwa penyebab sumber stres dari setiap masing – masing orang itu berbeda. Ada yang karena disebabkan oleh dililit hutang, atau karena masalah berat badan, atau bisa jadi karena masalah anak yang selalu bikin onar.

Berdasarkan banyak penelitian, ada beberapa alasan penyebab sumber stres seseorang. Seperti apa sajakah ? Simak ulasan berikut ini :

  1. Masalah sekolah = stres akademik

12 Permasalahan Dalam Hidup Yang Menjadi Sumber StresMasalah sekolah menjadi salah satu penyebab stres paling utama yang dialami oleh pelajar. Seperti guru yang tidak bisa diajak kompromi, pelajaran yang susah dimengerti, tugas yang sulit dikerjakan, dan lain sebagainya. Dalam masalah mahasiswa, prevalensi stres paling banyak pada mahasiwa yang menjalani skripsi. Masalah yang tidak bisa diselesaikan menjadi penyebab sumber stres . Kondisi ini akan membuat pelajar semakin tertekan dan cemas.

  1. Masalah pekerjaan = stres kerja

12 Permasalahan Dalam Hidup Yang Menjadi Sumber Stres

Jika anda adalah orang yang bekerja, mungkin penyebab sumber stres paling mendasar adalah pekerjaan. Seperti bos yang galak dan seenaknya pada anda atau karena pekerjaan yang sangat banyak. Untuk orang yang banyak bergelut dengan marketing, masalah paling sering adalah klien yang tidak bisa diajak bekerja sama. Ketika semua masalah – masalah diatas tidak bisa diselesaikan, yang muncul pada diri anda adalah stres kerja. Rasanya ingin segera berhenti dan keluar dari tempat tersebut.

  1. Masalah keluarga = stres keluarga

Masalah lain yang menjadi salah satu penyebab sumber stres adalah karena keluarga. Misal karena perceraian, masalah anak, masalah warisan dan lain sebagainya. Ketika seseorang mengalami masalah keluarga, namun tidak bisa mengatasi, akhirnya jadi beban fikiran. Ketika makan tidak lahap, tidur tidak nyenyak, dan lain sebagainya. Akhirnya kesehatan terganggu.

Ketika stres yang datang pada anda tidak segera diatasi, akan menimbulkan permasalahan yang lebih kompleks dan berat. Sampai pada titik akhirnya mereka memiliki keinginan bunuh diri sebagai jalan satu – satunya menghadapi stres. Hati – hati dengan hal semacam ini.

  1. Masalah kesehatan = stres karena sakit

12 Permasalahan Dalam Hidup Yang Menjadi Sumber Stres

Orang yang menderita sakit keras, biasanya merasa stres. Apalagi ia adalah orang yang kurang mampu. Berita bahwa ia mengalami sakit keras dan kronis sudah meruntuhkan mentalnya. Ditambah beban yang harus ditanggung, seperti rasa sakit yang diderita, menjalani pengobatan, menjalani kemoterapi yang harus dilakukan, dan lain sebagainya. Apalagi kesempatan untuk sembuh sangat minim. Beban mental yang ia rasakan semakin berat, sehingga stres dan memperlama penyembuhan.

  1. Masalah kematian = stres kematian

Alasan lain yang bisa menyebabkan seseorang stres adalah karena ditinggal mati oleh orang terdekat, krabat, dan sahabat. Biasanya orang yang mati ini adalah orang yang sangat disayang. Tentu saja orang ini akan mengalami beberapa masalah psikologis. Seperti perasaan kecewa, sakit hati, rindu setengah mati, dan lain sebagainya. Jika tidak bisa menangani, bisa jadi stres akut.

  1. Masalah ekonomi = Stres karena hutang & bangkrut

Alasan lain yang bisa menjadi penyebab sumber stres adalah karena masalah hutang dan kerugian usaha. Kebanyakan masalah ini menjadi penyebab sumber stres para pengusaha yang modalnya berasal dari orang lain. Akibatnya ia harus bertanggung jawab membayar kerugian dari usahanya. Beban hutang yang sangat tinggi, belum juga untuk menghidupi keluarganya, sehingga keadaan ini menjadi tekanan tersendiri. Pelaku jadi merasa tertekan, stres, depresi, bahkan sampai ada yang gila.

  1. Masalah beban hidup = Stres karena tanggungan

Selain itu, masih ada alasan lain yang menyebabkan seseorang stres. Salah satunya adalah karena beban hidup yang terlalu tinggi. Biasanya hal ini dirasakan oleh pekerja yang hanya diupah kecil, namun memiliki tanggungan keluarga yang banyak. Kebutuhan sandang, pangan, papan, sekolah, dan lain sebagainya tidak bisa terpenuhi dengan baik. Biasanya kepala keluarga akan mengalami tekanan bahkan sampai stres saat kebutuhan yang ada semakin membengkak, tidak sesuai dengan pemasukan.

  1. Masalah perasaan = stres karena kecewa mendalam

12 Permasalahan Dalam Hidup Yang Menjadi Sumber Stres

Masalah perasaan juga bisa menjadi salah satu penyebab sumber stres. Contohnya adanya perasaan kecewa yang teramat dalam terhadap suatu hal. Misal kecewa terhadap perilaku keluarga, teman rekan kerja, teman dekat, sahabat, termasuk juga saat anda kecewa dengan diri sendiri. Jika anda terlalu kecewa pada apa yang sudah terjadi, hal ini bisa menjadi penyebab stres yang tinggi.

  1. Stres Panggung

Maksud dari stress panggung ini adalah, stress yang dialami oleh seseorang yang menunggu giliran ia tampil di hadapan orang lain. Entah itu, hendak tampil dalam sebuah sesi perlombaan, giliran ia untuk memberikan sambutan, hingga stress yang dialami oleh para trainer dalam memberikan pelatihan.

Lah kok bisa, seorang trainer mengalami stress panggung. Jangan salah seorang trainer pun memiliki perasaan demam panggung loh. Hanya saja, karena ia telah terlatih dalam mengendalikan stress panggung nya akhirnya ia dapat bertindak adaptif dengan lingkungan tersebut.

  1. Stres Menunggu Giliran

Stress menunggu giliran ini pada dasarnya hampir sama dengan stress panggung. Hanya saja, menunggu giliran ini memiliki pengertiann yang lebih luas. Misalnya adalah menunggu giliran di interview kerja yang biasanya dialami oleh para pencari kerja. Stress menunggu eksekusi hukuman mati, hal yang dialami oleh para narapidana dengan vonis hukuman mati. Hingga stress menunggu giliran mendapatkan hadiah.

Mengapa mendapatkan hadiah termasuk stress? Hal tersebut juga terkadang lumrah terjadi, misalnya saja saat hendak di panggil ke panggung beberapa pemenang lain yang telah menerima hadiah dimintai kata sambutan. Nah akhirnya ia pun stress memikirkan kata-kata terbaik yang agar saat ia memberikan kata sambutan nanti tidak terlihat bodoh dan salah di depan orang lain.

  1. Stress Menunggu Kepastian Cinta

12 Permasalahan Dalam Hidup Yang Menjadi Sumber Stres

Hal ini juga banyak terjadi pada muda-mudi yang tengah menunggu kepastian dari sang terkasih. Apakah ia dilamar ataukah tidak. Menerima cinta seseorang atau tidak. Mungkin saja mereka lelah menunggu karena dan akhirnya stress akibat menunggu kesamaan kesukaan dalam memakan coklat. Mau DIMAKAN DINGIN ATAU DIMAKAN LANGSUNG.

  1. Stress Memilih Dua Keputusan Sulit

Dan penyebab sumber stres yang terakhir adalah memilih dua atau pilihan yang keputusan sulit – Stres memilih dua keputusan sulit ini biasanya terjadi saat ia di hadapkan pada dua pilihan yang urgen dalam hidupnya. Yang mana salah satu pilihan yang di ambil akan menentukan arah masa depannya kedepan. Misalnya Pilih Menikah atau S2 dulu.

Oleh sebab itu penting sekiranya kita untuk memahami cara mereda stres. Anda dapat membaca artikel kami sebelumnya 7 CARA MENGHILANGKAN STRES DENGAN CEPAT sebagai insight meredam stres yang dialami.

Itulah beberapa penyebab sumber stres yang diringkas dalam pembahasan secara luas. Cobalah anda renungi diri sendiri, apakah anda juga termasuk orang – orang yang mengalami masalah diatas ? Jika ada salah satunya, sangat disarankan untuk tidak terlalu fokus pada masalah. Jangan terlarut pada keadaan yang ada. Teruslah berfikir positif dan berani menatap masa depan. Salam! by: Izzatur Rosyida

Artikel ” 12 Permasalahan Dalam Hidup Yang Menjadi Sumber Stres”  ini telah di edit kembali oleh Muhamad Fadhol Tamimy, agar sesuai dengan standar psikologi Mania.