10 Penyebab Pertengkaran Dalam Rumah Tangga Yang Kerapkali TerjadiMenjalani kehidupan rumah tangga akan selalu memiliki liku-liku tersendiri. Ia akan selalu muncul dan bergolak dalam mewarnai perjalanan biduk rumah tangga. Hal yang dahulu terasa indah saat pendekatan, akan mulai merasakan apa itu rasanya perselisihan. Bagi mereka pasangan yang tak memiliki komitmen dalam hubungan rumah tangga, tentu akan kabur dan menghilang, seiring pudarnya cinta yang telah di semai dan di tanam. Akan ada penyebab pertengkaran dalam rumah tangga yang muncul.

Pertengkaran dalam rumah tangga dalam beberapa kasus, terkadang juga menimbulkan sisi horornya tersendiri, manakala salah satu pasangan tak mampu mengendalikan emosi, seperti di antaranya adalah kasus kekerasan, hingga penghilangan nyawa pasangan.

Penting sekali untuk mengetahui penyebab pertengkaran dalam rumah tangga ini. Berikut adalah hal-hal yang menjadi penyebab dari pertengkaran dalam rumah tangga, seperti yang telah di lansir oleh tim psikoma.com

10 Penyebab Pertengkaran Dalam Rumah Tangga

1. Kurang Komunikasi

10 Penyebab Pertengkaran Dalam Rumah Tangga Yang Kerapkali Terjadi

Kurang komunikasi adalah hal yang paling umum menjadi pemcu pertengkaran dalam rumah tangga. Kurangnya komunikasi ini akan meyebabkan sebuah hubungan menjadi renggang, biasanya hal ini dikarenakan oleh kesibukan masing-masing.

Oleh sebab itulah dalam menyikapi masalah kurangnya komunikasi adalah dengan menyempatkan waktu luang berkualitas di antara kalian. Cobalah dengan memaksimalkan ngobrol di waktu senggang, santai, hingga malam hari. Apapun yang di obrolkan, sekiranya hal tersebut akan tetap menjaga hubungan kalian, agar terhindar dari kurangnya komunikasi.

2. Romantisme Pudar

10 Penyebab Pertengkaran Dalam Rumah Tangga Yang Kerapkali Terjadi

Ada sebuah mitos yang menyatakan bahwa, romantisme pernikahan hanya panas-panas di 3 bulan awal. Benarkah hal itu terjadi?

Sebenarnya hal tersebut adalah tidak benar, karena romantisme adalah usaha dan kerjasama yang di lakukan oleh anda berdua. Jika usaha yang dilakukan adalah maksimal, tentu romantisme pun akan bertahan lama hingga berapapun usia perkawinannya.

Mungkin saja setelah sekian lama menikah sedikit romantisme akan pudar, namun hal tersebut dapat di tingkatkan kembali dengan melakukan hal-hal kecil, seperti memberikan perhatian pasangan, sesekali waktu anda dapat merayakan ulang tahun pasangan atau pergi makan malam bersama. Hal itu adalah percik-percik peningkat romantisme seperti dahulu.

3. Orang Ketiga

10 Penyebab Pertengkaran Dalam Rumah Tangga Yang Kerapkali Terjadi

Penyebab pertengkaran dalam rumah tangga yang selanjutnya adalah di sebabkan oleh adanya orang ke tiga. Munculnya orang ketiga dalam suatu hubungan, apalagi hubungan pernikahan dapat menimbulkan suatu konflik hingga berujung pada perceraian. Persoalan ini memanglah kerap terjadi, dan hal ini tak dapat di tolerir oleh pasangan yang lainnya.

Oleh sebab itu, ada kalanya saat anda hendak mencari kesenangan baru dengan mengusir kebosanan, untuk di hindari “bermain-main” atau “menggoda-goda” lawan jenis lain. Karena hal tersebut adalah awal mula hadirnya orang ketiga dalam kehidupan rumah tangga anda. Dan hal yang paling rentan terjadi, munculnya orang ketiga adalah sosial media.

Pota cekrak-cekrek, ada respon, saling komentar, saling inbokan, intens berkirim pesan lewat inbox-sms- hingga telepon akhirnya semua menjadi awal bencana.

4. Lingkungan

10 Penyebab Pertengkaran Dalam Rumah Tangga Yang Kerapkali Terjadi

Kondisi dalam rumah dan juga lingkungan sekitar dapat mempengaruhi keharmonisan dalam rumah tangga. Kurang nyamannya tempat tinggal dapat menyebabkan stress, sehingga akhirnya dapat menyulut perselisihan. Kondisi rumah yang tidak representative untuk menjadi tempat tinggal pasangan dalam pernikahan, akhirnya berimbas pada ketidakpuasan pada pasangan. Ketidakpuasan pasangan menjadi penyebab mengungkit-ungkit masa lalu. Masa lalu yang terus di ungkit-ungkit akhirnya menjadikan munculnya penyesalan. Dan munculnya penyesalan inilah yang akan mempengaruhi pandangan kekesalan terhadap pasangan.

5. Mertua

10 Penyebab Pertengkaran Dalam Rumah Tangga Yang Kerapkali Terjadi

Kehadiran mertua pun terkadang menjadi penyebab pertengkaran dalam rumah tangga. Hal tersebut terjadi, lantaran sang mertua masih belum dapat mengkondisikan bahwa, anaknya telah berada menjalani hubungan rumah tangga, yang mana seharusnya mereka independen dalam menyelesaikan segala permasalahan yang ada.

Tak sedikit orang tua yang menganggap, anaknya masih menjadi otoritas dirinya yang mana ia dapat dengan bebas untuk mengatur rumah tangga dari anaknya. Secara berulang-ulang campur tangan tersebut membuat anaknya menyampaikan pandangan orang tua tersebut.

Akhirnya menantu tersebut mrasakan seperti mendapat banyak sekali tekanan, secara perlahan. Akumulasi dari itulah yang akhirnya menjadi pemicu pertengkaran dalam rumah tangga. Jika hal tersebut tidak disikapi dengan bijak, perceraianlah yang akan mengambil andil keputusan.

6. Terlalu Posesif

10 Penyebab Pertengkaran Dalam Rumah Tangga Yang Kerapkali Terjadi

Ada beberapa tipe orang yang menjadi sosok pencemburu. Ia takut untuk kehilangan pasangannya. Mungkin cemburu dalam taraf sekedarnya adalah hal yang wajar terjadi, namun apabila hal tersebut telah pada taraf yang kronis, apapun yang dilakukan oleh pasangan akan salah di matanya.

Akibat terlalu berlebihan cemburu (posesif) pada pasangannya, menghambat segala bentuk aktivitas yang di lakukan oleh pasangan. Hingga akhirnya pasangan merasa tertekan dan terpenjara dalam sebuah hubungan.

7. Anak

10 Penyebab Pertengkaran Dalam Rumah Tangga Yang Kerapkali TerjadiTidak adanya kehadiran anak setelah beberapa lama menikah, biasanya dapat menjadi salah satu penyebab pertengkaran dalam rumah tangga itu terjadi. Terlebih lagi jika kedua belah pihak pasangan saling menyalahkan satu dengan yang lainnya.

Jika menghadapi masalah tersebut, akan lebih baik untuk tetap berusaha, dan menjaga romantisme sembari berdoa menurut keyakinan, agar sang pencipta bermurah hati untuk memberikan kebahagiaan melalui keturunan kelak.

8. Beda Keyakinan

10 Penyebab Pertengkaran Dalam Rumah Tangga Yang Kerapkali Terjadi

Inilah yang menjadi alasan, lebih baik sebelum membina rumah tangga untuk di pastikan terlebih dahulu terkait keyakinan nantinya bagi anda yang beda keyakinan, namun saling jatuh cinta dan memutuskan untuk menikah.

Karena jika anda telah memutuskan untuk menikah dalam bingkai berbeda keyakinan, maka cobalah untuk saling mengerti perihal perbedaan keyakinan masing-masing. Termasuk saat anda nanti memiliki momongan, di mana mereka terkadang bingung sendiri dalam menetapkan anak harus mengikuti keyakinan siapa.

Banyak yang seolah-olah membiarkan anak memilih keyakinannya sendiri, mungkin hal tersebut benar, namun terkadang akibat hal tersebut, di antara pasangan justru ada semacam persaingan merebut perhatian secara terselubung dan tidak langsung. Akhirnya kondisi tersebut menyulut riak-riak pertengkaran dalam rumah tangga.

9. Materi

10 Penyebab Pertengkaran Dalam Rumah Tangga Yang Kerapkali Terjadi

Masalah yang paling sering timbul dalam pertengkaran rumah tangga adalah masalah materi (financial). Masalah materi ini pun tak jarang menyulut pertengkaran secara verbal hingga fisik. Hal ini akibat dari ketidakpuasan dalam menyikapi kondisi keadaan yang tak kunjung berubah dari awal menikah hingga beberapa tahun menjalani pernikahan.

10. Perbedaan

10 Penyebab Pertengkaran Dalam Rumah Tangga Yang Kerapkali Terjadi

Pernikahan berarti adalah kesepakatan untuk saling menyatukan hati dan pikiran. Setelah pernikahan berlangsung lama, bukan berarti rasa egois yang dimiliki istri atau suami akan kembali muncul. Yakinilah bahwa perbedaan yang dimiliki adalah sebagai suatu masalah, namun yakinilah perbedaan yang dimiliki sebagai warna di dalam kehidupan rumah tangga untuk menghias dan memperindah setiap langkah. By: Muhamad Fadhol Tamimy