10 Jurusan Psikologi Terbaik Di Indonesia

Posted on

Jurusan Psikologi

10 Jurusan Psikologi Terbaik Di Indonesia. Jurusan psikologi saat ini menjadi salah satu jurusan yang di minati oleh sejumlah lulusan sekolah menengah atas yang ada di indonesia. Hal tersebut di karenakan oleh beragam faktor yang melatar belakanginya, mulai dari karakteristik jurusan psikologi itu sendiri, akses lapangan pekerjaan yang lebih mudah, hingga ke unikan jurusan psikologi yang memang berbeda dari jurusan yang lainnya. Akibatnya saat ini banyak universitas yang mulai untuk membuka jurusan psikologi di kampusnya.

Ada universitas yang memang memiliki status favorit dan terbaik namun ada pula universitas yang jurusan psikologinya tak begitu di favoritkan, oleh para calon mahasiswa baru di setiap tahunnya. Universitas terbaik ini di dasarkan pada akriditasinya yang mencakup nilai A oleh Ban-PT. Berikut ini adalah 10 jurusan psikologi terbaik yang ada di indonesia, menurut versi ban-pt universitas. Selamat membaca.

1. Universitas Indonesia (UI)

Jurusan Psikologi10 Jurusan Psikologi Terbaik Di Indonesia. Lahirnya jurusan Psikologi di Indonesia salah satu asal muasalnya adalah dari Universitas Indonesia. Sejarah itu dimulai ketika Prof. Dr. Slamet Iman Santoso yang memberikan pidato ilmiah atas pengukuhannya sebagai guru besar Universitas Indonesia dalam rangka Dies Natalis UI pada tahun 1952. Sebagai kelanjutan dari pidato tersebut, di lingkungan kementrian pendidikan, pengajaran, dan kebudayaan (PP7K), di tanggal 3 Maret 1953 akhirnya di selenggarakanlah kursus Asisten Psikologi, yang di pimpin oleh Prof. Dr. Selamet itu sendiri. Tak lama setelah itu, oleh kementrian PP&K di dirikanlah Lembaga Psikologi, yang pada akhirnya nanti berubah statusnya menjadi Lembaga Pendidikan Asisten Psikologi yang memang secara langsung berada di bawah pimpinan UI. Dan pada akhirnya berdirilah Fakultas Psikologi yang diresmikan oleh Mentri Pendidikan dan pengajaran pada tanggal 1 Juli 1960.

Jurusan Psikologi di UI telah banyak melahirkan para peneliti, dan para tokoh. Selain memang  bapak psikologi indonesia sendiri pak Slamet Iman Santoso yang berasal dari UI masih ada banyak lagi tokoh yang berasal dari universitas Indonesia. salah satunya adalah Seto Mulyadi atau yang kerap di sapa kak seto. Ia merupakan tokoh psikolog anak di Indonesia.

2. Universitas Gajah Mada (UGM)

Jurusan Psikologi

Universitas Gajah mada yang hampir seluruh jurusannya menjadi favorit dan dikatakan memiliki akreditas baik ini memang masih menjadi yang terbaik di indonesia. Begitu pula dengan jurusan psikologinya. Penilaian UGM menjadi universitas dengan jurusan psikologi terbaik ini dikarenakan oleh beberapa faktor pendukung lainnya, yaitu kualitas pendidikan dosen pengajarnya, fasilitas kampus, jumlah penelitian, dan kegiatan mahasiswanya, hingga rata-rata angka kelulusan mahasiswa. Beberapa guru besar UGM pun tak jarang menghiasi buku-buku panduan mahasiswa psikologi yang ada di indonesia.

3. Universitas Airlangga (UNAIR)

Jurusan Psikologi

Universitas Airlangga adalah universitas yang berlokasi di Surabaya, tepatnya di jalan Airlangga No. 4-6 Surabya untuk jurusan psikologinya. Dikatakan salah satu yang terbaik di indonesia karena sejumlah fasilitas seperti laboratoriumnya menjadi salah satu yang terlengkap di indonesia, untuk jurusan psikologi. Selain itu keunggulan dari jurusan psikologi di Universitas Airlangga adalah bidang industrinya yang memang menjadi yang terbaik di indonesia.

4. Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Berdirinya Fakultas Psikologi UNPAD terhitung di muali dari tanggal 1 September 1961 melalui SK Mentri PTIP No. 037/SEK/PU/61. Dan di resmikan pada tanggal 2 September 1961.

Jurusan psikologi unpad merupakan salah satu jurusan psikologi yang menghasilkan lulusan terbaik  di indnonesia. Jurusan psikologi di Unpad bandung ini pun memasukan jurusan psikologi ke dalam lingkup bidang ilmu pengetahuan lainnya. Hal itu dikarenakan, memang banyak sekali lulusan psikolog di bidang klinis yang berasal dari Universitas Padjajaran.

Baca Juga Fakta Menarik 3 Universitas Jurusan Psikologi Terbaik Indonesia

5. Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Fakultas Psikologi Di Universitas Mercu Buana Yogyakarta ini telah berdiri sejak tahun 1993. Semenjak berdiri hingga pada tahun 2010 tersebut, fakultas psikologi telah meluluskan hingga 1.459 Sarjana psikologi yang sudah bekerja di berbagai instansi dan perusahaan di seluruh indonesia. semenjak 2000 hingga saat ini, fakultas psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta telah tiga kali berturut-turut meraih Akreditasi A dari Ban PT.

6. Universitas Sanata Dharma

Telah didirikan sejak tahun 1996 oleh Dirjen Pendidikan tinggi dan kebudayaan RI No. 162/DIKTI/Kep/1996 tanggal 4 Juni. Universitas ini menjadi salah satu peraih Akreditasi A untuk jurusan psikologi di Indonesia. Disamping itu fasilitas pendukung yang terbilang lengkap, menjadikan Jurusan Psikologi Universitas Sanata Dharma masuk ke dalam 10 Jurusan Psikologi terbaik di Indonesia.

7. Universitas Muhammadiyah Malang

Universitas Muhamadiyah malang yang juga di kenal sebagai kampus putih ini, memiliki jurusan psikologi yang termasuk ke dalam 10 terbaik di indonesia. Hal tersebut dikarenakan akreditasinya yang A, di samping itu Universitas Muhamadiyah malang telah melahirkan banyak psikolog profesional di bidangnya. Para lulusannya pun banyak menjadi dosen di beberapa universitas yang memiliki jurusan psikologi.

8. Universitas Gunadarma

Universitas yang identik dengan warna ungunya ini menjadi salah satu Universitas yang memiliki jurusan psikologi terbaik di indonesia, yang berdasarkan Akreditas oleh BAN PT. Fakultas Psikologi Gunadarma hanya memiliki 1 pilihan dari program studi, yaitu prodi psikologi. Program studi psikologi telah mendapatkan akreditasi A semenjak tahun 2005 dengan berdasarkan surat keputusan BAN-PT No.002/BAN-PT/Ak-VIII/S1?II?2005.

9. Universitas Persada YAI

Program studi YAI merupakan salah satu kampus dengan jurusan psikologi berpredikat A untuk akreditasinya. Disamping itu pengajarnya pun berkualitas, hal ini di dukung pula oleh dekan fakultas psikologi yang memang menjadi salah satu tokoh psikologi di indonesia yaitu Bapak Sarlito Wirawan Sarwono.

10. Universitas Islam Indonesia (UII)

Universitas Islah indonesia, menjadi Universitas jurusan psikologi terakhir yang masuk ke dalam 10 besar jurusan psikologi terbaik di Indonesia. Universitas yang terletak di provinsi Yogyakarta ini memiliki khas dalam jurusan psikologinya, yaitu Psikologi Islam. Maka tak jarang apabila UII kerap kali menjadi penggagas confrensi ataupun seminar internasional yang membahas tentang Psikologi dalam prespektif  Islam.

Selain kesepuluh jurusan psikologi terbaik di atas sebenarnya di pulau jawa masih ada lagi beberapa jurusan psikologi yang dapat menjadi referensi anda masuk di dalamnya. Karena kualitas pun hampir sama atau bahkan setara dengan jurusan psikologi Universitas di atas seperti psikologi Universitas Diponegoro, dan Juga Psikologi Universitas Atmajaya.

Apa Yang Akan Dipelajari Disini dan Syarat Masuk Jurusan Psikologi?

Kuliah jurusan psikologi adalah salah satu jurusan yang saat ini menjadi minat banyak orang. Hal ini terlihat dari semakin bertambahnya peserta pendidikan jurusan psikologi di berbagai Universitas dan Kampus di Indonesia. Lalu sebenarnya, apa saja sih yang nantinya akan dipelajari? Nah, untuk anda yang penasaran, berikut ini adalah beberapa hal yang akan anda pelajari apabila anda masuk kuliah.

Aneka Mata Kuliah Jurusan Psikologi

  1. Psikologi Umum

Psikologi umum ini nantinya akan membahas pengertian psikologi secara umum dan luas. Mulai dari teori-teori dasar psikologi, sejarah psikologi, dan juga tokoh-tokoh psikologi. Mungkin sedikit membosankan dan sulit dimengerti, karena pelajaran ini biasanya diberikan di awal-awal masuk kuliah psikologi. Namun, psikologi umum akan memperkenalkan teori dasar psikologi yang sangat luas, jadi manfaatnya sangat besar.

  1. Biopsikologi dan Psikologi Faal

Nah, jangan kira masuk kuliah jurusan psikologi tidak akan mendapatkan pelajaran ilmu alam. Anda akan mendapatkan mata kuliah berupa biopsikologi dan juga psikologi faal. Mata pelajaran ini erat sekali kaitannya dengan ilmu biologi dan juga fisiologis yang dihubungkan dengan kondisi psikologis seseorang, mulai dari masalah, hingga proses kognitif seseorang.

  1. Psikologi Perkembangan

Psikologi perkembangan merupakan mata kuliah dari jurusan psikologi, dimana anda akan belajar mengenai tahapan perkembangan manusia secara fisik, kognitif, dan juga psikososial. Kira-kira anak usia 2 tahun itu harusnya sudah bisa ngapain sih? Atau wajar nggak kalau anak usia 2 tahun belum bisa berbicara? Semua ini nanti akan dipelajari di dalam mata kuliah psikologi perkembangan. Mulai dari proses pembentukan hingga nanti proses menjelang kematian seseorang, semuanya akan dibahas tuntas.

  1. Psikologi Pendidikan

Nah, kalau mata kuliah yang satu ini, anda akan mempelajari ilmu psikologi dari perspektif pendidikan dan kemampuan kognitif seseorang.  Apa sih inteligensi, minat, bakat, dan juga kreativitas itu? Atau mengapa ada anak-anak yang IQ nya tinggi, tapi sering tidak naik kelas. Hal ini nantinya akan dipelajari di dalam mata kuliah psikologi pendidikan ini.

  1. Psikologi Sosial

Psikologi sosial adalah mata kuliah dari jurusan psikologi yang mempelajari tentang ilmu psikologi dan juga sosial. Afeksi, emosi, konformitas, cinta, dan sebagainya adalah sedikit bahasan dari ilmu psikologi sosial. Komunikasi juga merupakan salah satu bahasan yang paling banyak dibahas di dalam mata kuliah psikologi sosial ini.

  1. Psikologi Industri dan Organisasi

Tertarik dengan dunia perkantoran, HRD, dan sebagainya? Kalau begitu mata kuliah psikologi industri dan organisasi ini sangat cocok untuk anda nantinya. PIO akan membahas segala macam hal tentang ilmu psikologi yang diterapkan di dalam lingkungan industri. Rekrutmen, penggajian, sistem shift, kinerja, stress kerja adalah beberapa bahasan utama dari mata kuliah psikologi industri dan organisasi ini.

  1. Psikologi Klinis

Psikologi klinis merupakan salah satu mata kuliah yang mempelajari Psikologi yang original, dimana pada awalnya psikologi berkaitan dengan ilmu psikiatri yang sifatnya klinis. Dalam mata kuliah ini anda akan mempelajari tentang gangguan-gangguan klinis, seperti misalnya stress, depresi, gangguan makan, dan beberapa teknik-teknik untuk melakukan asesmen (wawancara, observasi) secara klinis.

  1. Psikologi Abnormal

Psikologi abnormal mirip seperti psikologi klinis, hanya saja psikologi abnormal lebih fokus pada situasi tidak normal yang dialami manusia. Mulai dari gangguan psikologis yang tertera di dalam DSM-IV atau PPDGJ, hingga kondisi anak-anak berkebutuhan khusus dan orang-orang yang superior.

  1. Mata Kuliah Mengenai Administrasi Test

Selain mata kuliah yang diberikan secara teoritis, beberapa kampus juga akan memberikan praktikum berupa administrasi, skoring dan juga interpretasi dari alat test. Hal ini akan meningkatkan kompetensi anda, jadi anda tidak hanya paham teori dan definisi dari sebuah alat test saja, namun anda juga akan mempelajari bagaimana cara memberikan alat test yang baik dan benar.

  1. Psikologi Anak Khusus

Psikologi anak khusus adalah mata kuliah yang fokus membahas tentang masalah psikologis yang terjadi pada anak. Mulai dari anak yang kelahirannya tidak normal, mengalami kecacatan fisik, keterbelakangan mental, masalah dengan lingkungan sosial, ADHD, dan juga masalah lainnya yang berhubungan dengan kondisi anak yang berbeda dengan anak-anak normal pada umumnya

  1. Observasi dan Wawancara

Pada mata kuliah ini, anda akan mempelajari mengenai bagaimana cara melakukan observasi dan wawancara yang baik dan juga benar. Anda akan dikenalkan dengan berbagai macam teknik wawancara, penyusunan pedoman observasi dan wawancara, dan bagaimana memutuskan suatu masalah yang dialami seseorang dengan menggunakan observasi dan wawancara. Kebanyakan pada mata kuliah ini, anda akan melakukan praktikum, dan terjun langsung ke lapangan.

  1. Metode Penelitian

Metode penelitian menjadi suatu mata kuliah umum yang akan diberikan di hampir semua jurusan. Untuk jurusan psikologi, anda akan mempelajari 2 metode penelitian utama, yaitu metode penelitian kuantitatif dan juga metode penelitian kualitatif. Dua metode ini nantinya akan anda pelajari dan bisa menjadi pilihan anda ketika anda akan melakukan penelitian, baik ketika anda melakukan skripsi, thesis, disertasi, ataupun ingin melakukan penelitian sendiri.

  1. Psikologi Kognitif

Psikologi kognitif adalah mata kuliah dari jurusan psikologi yang mempelajari proses kognitif yang terjadi di dalam diri manusia. Bagaimana manusia bisa berpikir? Bagaimana manusia bias menyimpan dan mengambil informasi kembali? Atau bagaimana manusia bisa menjadi lupa adalah beberapa hal yang nantinya akan dipelajari di dalam mata kuliah psikologi kognitif.

  1. Statistik

Untuk anda yang berpikir masuk jurusan psikologi dan ilmu sosial karena malas bertemu dengan matematika, anda salah besar. Justru psikologi dan beberapa ilmu sosial malah mengandalkan statistik untuk menguatkan teori dan melakukan penelitian berbentuk kuantitatif loh. Anda akan mempelajari statistik mulai dari yang dasar hingga lanjut. Dari bagaimana menentukan mean median modus, hingga melakukan uji hipotesis menggunakan perhitungan statistika.

Biaya Kuliah Di Jurusan Psikologi

Ada konsultasi yang masuk terkait dengan biaya kuliah, berikut akan kami bahas.

Nama : cxx
E-mail : joxxxnn@yxxil.com
Judul : Biaya Kuliah di Jurusan psikologi
Isi Konsultasi : Kira-kira biaya kuliah psikolog itu berapa ya? Dari yg termahal sampai yg termurah

Jawaban: Untuk mas joe, ada berbagai macam biaya kuliah di psikologi mulai dari yang terendah sampai pada biaya yang tertinggi. Khusus biaya pendidikan saja seperti SPP / UKT (untuk Negeri) pun beraneka ragam. Mungkin kita bisa merunut dahulu mulai dari universitas 5 negeri yang ada di Indonesia dan universitas Swasta.

Khusus Untuk Jurusan Psikologi seperti  Universitas Negeri pun di bagi ke dalam 2 kategori Mandiri dan jurusan SBMPTN

  1. Universitas Indonesia: memiliki 2 mekanisme BOP berkeadilan dan Pilihan.. Namun jika di perkirakan total hingga anda meraih gelar sarjana adalah 75juta- 100 juta (Sumber http://www.ui.ac.id/wp-content/uploads/dlm_uploads/2016/05/Peraturan-Rektor-Nomor-010-Tahun-2016-tentang-Tarif-Uang-Kuliah-Tunggal-bagi-Mahasiswa-Program-Sarjana-Kelas-Reguler-UI-Angkatan-Tahun-Akademik-2016-2017.pdf)
  1. Universitas Gajah Mada.. Biaya per semester 500 s/d 9 juta sesuai golongan. Perkiraan hingga anda meraih gelar sarjana jika mengambil rate tengah adalah 42 juta – 60 juta
  1. Universitas Diponegoro 500ribu – 6,5jt/ per semester tentunya untuk 6,5jt persemester adalah golongan tertinggi. Perkiraan hingga anda meraih gelar sarjana adalah antara 4 juta – 40 juta. Namun tentunya belum termasuk biaya yang lain lain
  1. Universitas Padjadjaran. Rata-rata mungkin sama saja dengan universitas diponegoro dan juga gajahmada
  1. Universitas Airlangga. Rata-rata mungkin sama saja dengan universitas diponegoro dan juga gajahmada

Sedangkan untuk universitas Swasta seperti

  1. Universitas Pelita Harapan : Menghabiskan biaya 35 Juta hanya untuk normal fee, lalu ada biaya kredit per sks 400rb per semester 6,5jt dan beberapa fasilitas belajar 12,5 juta. Untuk perkiraan biaya hingga anda menyandang gelar sarjana berkisar total 140-160 juta (sumber: http://www.uph.edu)
  2. Universitas Gunadharma: Menghabiskan kira-kira uang gedung 8jt-13jt. BPP: 1,75jt/smester . Dan biaya Per sks= 150rb per sks. Untuk perkiraan total hingga anda mencapai gelar sarjana adalah: 48jt – 60jt
  3. Universitas Islam Indonesia; Sumbangan Catur dharma sebersar 11-18 juta, lalu per semester dan lain sebagainya. Total perkiraan anda harus mengeluarkan dana 52,94 juta sampai anda menyandang gelar sarjana. (sumber: http://pmb.uii.ac.id/wp-content/uploads/2015/01/Bab-5-Buku-PMB-UII-2015.pdf)
  4. Universitas Atmajaya total 93 juta hingga anda meraih gelar sarjana (detail dapat di lihat di http://pmb.atmajaya.ac.id/filecontent/TabelBiayaKuliah20162017.pdf)
  5. Universitas Sanatha Dharma sekitar= 60,4 juta hingga anda menyandang gelar sarjana (sumber https://www.usd.ac.id/profile.php?id=4&id_sub=4&urutan=6)

Garis Besar

Universitas Biaya Hingga Selesai
Universitas Pelita Harapan 140- 160 Juta
Universitas Indonesia 75- 100 Juta
Universitas Atma Jaya 93 Juta
Universitas Sanatha Dharma 60,4 Juta
Universitas Ghuna Dharma 48 – 60 juta
Universitas Diponegoro 4 – 50 Juta (rata tengah)
Univesitas Gajah Mada 4 – 50 Juta (rata tengah)
Universitas Padjajaran 4 – 50 Juta (rata tengah )
Univesitas Islam Indonesia 52, 94 Juta

Jika di rangking biaya kuliah tertinggi sampai dengan terendah untuk kuliah di psikologi adalah 4 juta sampai dengan – di atas 100 juta. Di atas merupakan sampel universitas yang memiliki jurusan psikologi di Indonesia. Namun tentunya beberapa universitas di atas tak semua menanggung biaya-biaya tak terduga selama berkuliah.

10 Hal ini Akan Kamu Alami ketika Kamu Masuk ke dalam Jurusan Psikologi

Jurusan ini merupakan salah satu jurusan yang sudah cukup lama berdiri di Indonesia, apalagi di dunia. Saat ini jurusan Psikologi terdiri dari berbagai macam peminatan, mulai dari psikologi klinis, pendidikan, industry dan organisasi, criminal, sosial, dan masih banyak lagi. Bagi kamu yang ingin masuk ke dalam jurusan psikologi sebagai jurusan kuliah kamu, maka berikut ini adalah hal – hal yang nantinya akan kamu temukan di dalam kuliah jurusan psikologi :

  1. Berkenalan dengan teori – teori menarik yang tidak pernah diajarkan di SMA

Apapun jurusan kamu waktu SMA, pasti tidak ada yang membahas secara khusus mengenai teori – teori psikologi. Ketika masuk ke dalam jurusan psikologi, kamu akan menemukan teori – teori yang jauh berbeda dan sangat menarik yang tidak kamu peroleh di SMA. Katakan saja teori – teori mengenai psikoanalisa, mekanisme pertahanan diri, modifikasi perilaku, client centered therapy, dan masih banyak lagi teori yang akan kamu peroleh.

  1. Lebih memahami mengenai diri sendiri

Salah astu hal yang bisa kamu temukan di dalam psikologi adalah pemahaman mengenai diri kamu sendiri. Di dalam psikologi akan belajar banyak sekali mengenai teori – teori kepribadian. Kamu akan lebih mudah dalam megnenal kepribadian kamu,d an seperti apa sebenarnya diri kamu. Atau mungkin kamu malah menemukan apa saja masalah masalah yang sedang kamu alami.

  1. Mungkin bisa ikut membantu menangani masalah kamu sendiri

Nah, ketika sudah menemukan masalah, kamu harus segera mencari jalan keluarnya bukan? Masuk ke dalam jurusan psikologi, sedikit banyak akan membantu kamu dalam menyelesaikan masalah kamu sendiri loh. Paling tidak, dengan menyadari dan mengenal masalah yagn kamu alami, hal ini akan membatu kamu menjadi lebih mudah dalam menyelesaikan masalah kamu.

  1. Akan bertemu banyak psikolog

Namanya saja jurusan psikologi, sudah pasti akan banyak sekali psikolog yang juga ikut mengajar di dalam jurusan psikologi. Nah, kamu bisa konsultasi sedikit tuh dengan psikolog yang mengajar di jurusan kamu. Biasanya, dosen – dosen yang bergelar psikolog akan dengan senang hati membantu anak didiknya ketika ada masalah. Ketika kamu belum mampu menyelesaikan masalah kamu sendiri, maka kamu bisa minta bantuan dengan dosen – dosen tersebut, dan gratis loh. Bayangkan jika kamu harus konsultasi ke psikolog yang bukan dosen, pasti harus merogoh kocek yagn dalam bukan?

  1. Mengenal berbagai macam alat tes psikologi

Test psikologi merupakan salah satu ilmu yagn dipelajari di dalam jurusan psikologi. Sebagai mahasiswa psikologi, kamu nantinya akan belajar mengenai beberapa macam alat test yang populer. Hal ini nantinya akan menjadi bekal kamu dalam bekerja, magang, ataupun melanjutkan kuliah. Kamu akan terbiasa untuk mengadministrasikan alat test, melakukan skoring, hingga membuat laporan psikologis, yang tentunya sangat dibutuhkan oleh banyak orang, maupun perusahaan nantinya.

  1. Mengenal intervensi dan juga bentuk – bentuk psikoterapi

Selain alat test, intervensi berupa psikoterapi juga merupakan salah satu materi yang nantinya akan kamu pelajari di dalam jurusan psikologi. Kamu akan belajar bentuk bentuk intervensi ataupun psikoterapi populer, dan mudah diadministrasikan. Nantinya kamu bisa mempraktekan psikoterapi tersebut, dan bisa membantu diri kamu sendiri, bahkan membantu orang lain juga.

  1. Memahami masalah dan juga gangguan – gangguan psikologis

Dalam jurusan psikologi, terdapat mata kuliah psikologi abnormal dan juga psikologi klinis. Dua mata kuliah ini akan membantu kamu dalam memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai gangguan – gangguan psikologis. Apakah introvert termasuk gangguan kepribadian? Atau bagaimana seseorang bisa mengalami fobia?

  1. Seringkali dianggap bisa membaca pikiran orang lain

Hal ini merpakan salah satu hal yang sering terjadi pada kamu yang masuk ke dalam jurusan psikologi. Meskipun merupakan ilmu yang mempeklajari perilaku dan juga kejiwaan, bukan berarti mahasiswa psikologi mampu membaca pikiran loh. Kamu nanti akan sering ditanya – tanya oleh teman kamu, dan seringkali dianggap bahwa kamu bisa membaca pikiran mereka setiap saat.

  1. Mengenal fase – fase kehidupan manusia dari berbagai aspek, mulai dari lahir hingga mati

Dalam kehidupan, terdapat berbagai macam fase, mulai dari seseorang dilahirkan, hingga kematian. Apabila kamu masuk ke dalam jurusan psikologi, kamu akan mendalami hal ini di dalam Psikologi Perkembangan. Mulai dari masalah yang muncul pada tiap fase, apa saja yagn harusnya sudah bisa dicapai oleh seseorang pada masing – masing fase, dan sebagainya. Hal ini akan membantu kamu dalam memahami diri sendiri dan orang lain, dari sudut pandang psikologi perkembangan.

  1. Mendapatkan kesempatan untuk menjadi seorang Psikolog

Bagi kamu yang bercita – cita menjadi seorang psikolog, maka jurusan ini adalah hal yang sangat tepat. Kamu bisa masuk ke dalam jurusan psikologi, dan lulus dengan gelar sarjana psikologi, lalu melanjutkan ke program pendidikan profesi untuk dilatih menjadi seorang psikolog yang kompeten dan juga professional.

Jadi, kalau kamu memiliki cita – cita menjadi psikolog, atau ingin membantu orang lain, maka psikologi adalah jurusan yang tepat untuk kamu. 

Inilah Anggapan Orang Jika Kamu Kuliah Di Jurusan Psikologi

Saat menjadi mahasiswa dan memutuskan untuk memilih jurusan psikologi tentu menjadi pilihan unik yang anda sendiri yang mengetahuinya. Mulai dari kebanggaan, harapan untuk dapat menguasai ilmu psikologi, di puji banyak orang, mencari wanita cantik/ lelaki ganteng, hingga prospek lapangan kerja di bidang psikologi.

Mereka yang menjadi mahasiswa psikologi, saat belajar pun akan selalu di suguhi dengan beberapa teori kepribadian, perkembangan, klinis dan lain sebagainya yang mana bahasannya selalu menyangkut dengan kejiwaan seorang manusia. Teori psikoanalisa, kepribadian, DSM, Psikodiagnostik, psikometri dan lain-lain.

Akibatnya mereka yang sedang menempuh jurusan psikologi tersebut, seringkali di anggap sakti untuk meramal kepribadian dari seseorang. Selain itu masih banyak lagi anggapan-anggapan yang terkadang lucu untuk diketahui, mengenai mereka para mahasiswa psikologi. Berikut ini adalah anggapan orang jika kamu kuliah di jurusan psikologi.

  1. Mampu Meramal Kepribadian

Menjadi mahasiswa psikologi seringkali dipandang orang lain sebagai peramal kepribadian modern masa kini. Mereka akan selalu di anggap memiliki kemampuan magis nan magic saat dihadapkan pada tantangan untuk meramal setiap kepribadian dari seseorang atau justru lawan bicaranya itu sendiri.

Akibatnya mereka yang mengetahui identitas background pendidikan seseorang dari jurusan psikologi akhirnya berharap dapat mengambil keuntungan agar dapat mengetahui diri mereka sendiri dengan cara mempertanyakannya kepribadian. Belum lagi jika ada orang yang tiba-tiba menjaga jarak karena ketakutan, apabila Anda yang dari latar belakang mahasiswa psikologi menebak dengan tepat jika ia berbohong

  1. Kalem

Anggapan kalem ini terkadang juga melekat pada mereka mahasiswa psikologi. Hal ini dikarenakan sebagian dari dosen psikologi selalu menganjurkan untuk berbusana yang baik dan terkadang cendrung formal dengan celana maupun rok kain yang harus dikenakan.

Bahkan anjuran ini akan menjadi sebuah kewajiban, manakala hal tersebut dalam kondisi mata pelajaran tertentu ataupun praktikum.

Memang tak di wajibkan, namun mereka yang telah mengidentikkan diri dengan mahasiswa psikologi akan merasa bahwa, pakaian merupakan sebuah tampilan yang mencerminkan ia sebagai seorang psikolog professional. Oleh sebab itulah sebagian besar dari mahasiswa psikologi di anggap kalem baik itu dari segi penampilan maupun perbuatan.

Yang terakhir dari anggapan kale mini adalah, mahasiswa dari jurusan psikologi jarang melakukan demonstrasi ataupun ikut serta dalam arus kontestasi pemilihan raya mahasiswa di tingkat Universitas. Mereka lebih senang untuk menjadi komentator, hingga tiba-tiba para pengamat kepribadian calon pasangan dari presiden BEM dari fakultas lain.

  1. Patner Yang Tepat Untuk Mendengarkan Keluhan

Datang kepada mahasiswa psikologi saat hendak curhat. Berarti anda telah memilih orang yang tepat. Hal ini dikarenakan, mereka yang menjadi mahasiswa psikologi telah terbiasa untuk diajarakan dalam hal beradaptasi dengan kondisi stressor di lingkungan, sehingga apa yang diajarakan dikelas mampu untuk di praktekan secara langsung.

Kemampuan untuk mendengarkan curhatan dari teman-temannya, terkadang menjadikan sebagian dari mahasiswa psikologi popular di kalangan mahasiswa jurusan lain dalam satu komunitas ataupun organisasi. Kerap kali mereka yang mampu membawa diri dan mengidentikan diri sebagai mahasiswa psikologi akhirnya memiliki banyak kenalan hingga disukai oleh kawan-kawannya.

Maka jangan heran jika mahasiswa pria atau mahasiswi wanita banyak disukai, hingg seringkali di “modusin” agar mau menjadi teman dekat, pacar, hingga pasangan hidup.

  1. Bijaksana

Menjadi mahasiswa psikologi diajarkan untuk mencari beberapa referensi dalam teknik dasar psikoterapi, yang mana terkadang teknik tersebut menuntut mahasiswa untuk mampu menguasai kata-kata dan afirmasi positif.

Hal itulah yang membuat para mahasiswa psikologi dituntut untuk membaca beberapa buku-buku motivasi. Hingga akhirnya dalam setiap kesempatan berbicara ataupun berkomentar, para mahasiswa psikologi kadangkala mengeluarkan statement yang di anggap orang lain bijak.

  1. Mampu Menjaga Rahasia

Jika tak mampu menjaga rahasia, maka dapat di pastikan bahwa ia bukanlah mahasiswa psikologi sejati. “ada juga kok mahasiswa psikologi yang masih saja ember, dengan rahasia orang lain” Jika anda menemukan mahasiswa psikologi yang begitu, maka berarti ia belumlah “sempurna” dalam pendidikan psikologinya. Anggap saja mereka adalah mahasiswa psikologi Abal-abal.

Karena pada nantinya mahasiswa psikologi akan berkecimpung untuk menangani beberapa permasalahan yang di miliki oleh orang lain terkait dengan psikologinya, maka sudah sepatutnyalah mereka mampu untuk menjaga kerahasiaan dari orang lain. Dalam mata kuliah Kode Etik Psikolg pun menjaga kerahasiaan dari klien pun sangat di junjung tinggi.

  1. Jiwa Sosial Tinggi

Memahami bahwa jurusan psikologi merupakan jurusan yang identik dengan pemecahan permasalahan seseorang, maka banyak dari mereka yang menjadi mahasiswa psikologi aktif dalam mengikuti berbagai kegiatan sosial. Mulai dari menjadi relawan anak ABK, Hari kesehatan dunia, relawan korban bencana, pendampingan korban kekerasan, dan lain sebagainya.

Akhirnya dari kegiatan yang banyak dilakukan oleh mahasiswa psikologi membuat beberapa orang yang di luar jurusan psikologi familiar dengan para mahasiswa psikologi. Maka tak heran apabila mahasiswa jurusan psikologi seringkali diidentikkan dengan kepemilikan jiwa sosial yang tinggi.

  1. Jauh Dari Kesan Urakan

Lihat saja dari segi penampilan, sangat jarang mahasiswa psikologi yang berpakaian ala gengser maupun urakan. Bahkan untuk urusan rambut saja, para mahasiswa psikologi di anjurkan untuk berpotongan rapi. Pun dengan gaya berbusana, karena mereka mempercayai bahwa, penampilan yang ditampilkan adalah bentuk dari ia di masa depannya.

  1. Calon Pegawai Rumah Sakit Jiwa

Inilah yang juga menjadi anggapan orang lain terhadap para mahasiswa jurusan psikologi. Anggapan di mana para mahasiswa psikologi setelah lulus akan bekerja di rumah sakit jiwa. Padahal psikologi tak melulu berkutat pada kesehatan jiwa seseorang. Masih banyak bidang yang dapat di masuki saat anda lulus nanti. Jadi jangan khawatir, karena anggapan tersebut adalah tidak selalu benar.

  1. Mampu Mengerjakan Tes Psikologi

Inilah yang krusial dianggap orang lain. Seringkali mahasiswa lain selain mahasiswa psikologi meminta tips dan trik agar mudah dalam mengerjakan psikotes. Mungkin hal ini benar namun lebih banyak yang salahnya. Karena sebenarnya tes psikologi adalah sebuah gambaran diri, yang mana setiap satu orang dan orang lainnya adalah berbeda.

Jadi jika anda ingin tes psikologi Nasehat dari saya adalah Cukup anda jangan bergadang, sarapan sebelum tes, datang 15 menit sebelum waktu dimulai, berdoa, dan yang terakhir adalah perbaiki diri. Karena tes psikologi adalah representasi diri kalian.

Itulah beberapa hal yang dapat kita simak mengenai anggapan orang jika kamu kuliah di jurusan psikologi. Janga kapok untuk selalu belajar dan menentukan peran di dalam kehidupan, karena  Andalah yang menentukan bermanfaat atau merugikannya anda bagi diri anda dan lingkungan sekitar.