Yuk, Kenali Dan Pahami Autisme Secara lebih Mendalam
Symbol Autisme

Anda pasti sudah sering mendengar istilah autis bukan? Namun demikian, banyak yang belum memahami benar tentang apa sebenarnya arti dan juga gejala dari autisme. Sebenarnya, apa itu autisme, dan bagaimana gejala yang muncul pada mereka yang mengalami autisme? Apakah autisme hanya bisa muncul pada anak – anak, remaja, atau bertahan hingga dewasa? Berikut ini adalah penjelasan mengenai autisme.

Apa Itu Autisme?

Sebelumnya, anda harus mengetahui bahwa autisme merupakan salah satu gangguan perkembangan pervasive, atau PDD (Pervasive Developmental Disorder). Hal ini memperkuat kedudukan autisme sebagai suatu gangguan yang muncul karena adanya masalah perkembangan pada diri manusia, dan biasanya bias terdeteksi sejak dini. Salah satu kasus autisme yang paling banyak dan sering terdeteksi adalah kasus infantile autisme, yang merupakan kemunculan gejala – gejala dari autisme pada anak berusia maksimal 2.5 tahun.

Hal utama yang muncul pada mereka yang mengalami autisme adalah masalah komunikasi dan juga masalah sosial. Karena perkembangannya yang lambat dan terganggu, mereka yang mengalami autisme akan sangat sulit berkomunikasi dan melakukan hubungan sosial dengan orang lain. Mereka yang mengalami autisme biasanya sering tidak dapat mendengarkan orang lain, asyik dan fokus pada dunianya sendiri, dan mengalami banyak hal yang terhambat, dalam konteks perkembangannya, terutama dalam masa kanak – kanak.

Apakah Autisme = Mental Retardation?

Banyak yang menanyakan, apakah sebenarnya autisme bisa disamakan dengan mental retardation / intellectual deficit (IQ yang rendah). Jawabannya adalah TIDAK. Memang ada beberapa kasus autisme yang juga memunculkan gejala – gejala retardasi mental / defisit intelektual. Namun demikian, bukan berarti mereka yang mengalami autisme, juga akan mengalami MR. bahkan bisa saja mereka yang mengalami autisme memiliki IQ yang berada pada rentang klasifikasi rata – rata. Jadi, bisa dipastikan, bahwa mereka yang mengalami autisme tidaklah selalu mengalami retardasi mental atau ber IQ rendah.

Beberapa Gejala Dari Autisme Yang Umum

Sama seperti banyak masalah atau gangguan psikologis yang muncul pada diri manusia, autisme pun juga memiliki beberapa macam gejala dan ciri yang khas. Berikut ini adalah beberapa macam gejala dan juga ciri – ciri dari mereka yang mengalami autisme :

  1. Gagal dalam membangun hubungan sosial secara normal dengan orang lain, bahkan dengan keluarga intinya
  2. Mengalami gangguan bicara, telat bicara, sulit bicara (namun bukan karena mereka bisu ataupun mengalami masalah belajar yang membuat dia tidak bisa berbicara dengan normal)
  3. Hubungan sosial yang sulit terbentuk, dan gangguan bicara akan membuat mereka yang mengalami autisme akan merasa sangat kesulitan dalam berkomunikasi dengan orang lain.
  4. Memiliki pola hubungan yang tidak normal dengan benda – benda atau kejadian tertentu. Misalnya saja hanya fokus pada sebuah benda, bahkan ketika ada bom meledak di dekatnya pun, mereka tidak akan kaget atau mengalihkan pandangan dari benda tersebut.
  5. Respon yang tidak normal terhadap stimulus – stimulus, terutama yang berhubungan dengan panca indera (sensoris)
  6. Keterlambatan perkembangan, kelainan dalam perkembangan
  7. Kebanyakan sudah mulai terlihat sejak bayi dan anak – anak, serta berlanjut hingga dewasa.

Bagaimana Autisme Bisa Muncul?

Autisme merupakan salah satu gangguan perkembangan, yang disebabkan oleh masalah yang lebih banyak mengarah kepada masalah genetik dan masalah biologis. Berbeda seperti masalah seperti fobia atau skizofrenia yang bisa terjadi karena adanya masalah psikologis. Autisme hampir pasti disebabkan oleh faktor biologis, dan juga genetik, atau bisa juga dikatakan disebabkan oleh faktor medis. Biasanya, kurangnya perhatian atau asuhan saat masa mengandung, seperti kurang gizi, rokok, alkohol, dan sebagainya memiliki dampak yang membuat seorang anak lahir dengan mengidap ciri – ciri autisme.

Itu adalah beberapa penjelasan mengenai apa itu autisme, dan bagaimana gejala – gejala umum yang muncul pada gangguan autisme.

By: Eduardus Pambudi

Baca Juga Inilah Jenis – Jenis Gangguan Yang Masuk Ke Dalam Spektrum Autisme