Yuk Kenali Apa Itu Cinderella Syndrome, Sebuah Gangguan Yang UnikApa Itu Cinderella Syndrome. Cinderella. Pasti anda sudah pernah mendengar kisahnya bukan? Cinderella adalah salah satu tokoh kartun yang dipopulerkan oleh salah satu studio animasi beken dunia, yaitu Walt Disney.

Cinderella menceritakan tentang seorang anak tiri yang menjadi bulan-bulanan dari ibu dan kakak tirinya, dan mengalami penyiksaan berat, mulai dari mengerjakan tugas rumah, tinggal di loteng yang kotor dan sebagainya. Cerita Cinderella berakhir ketika akhirnya Cinderella berhasil dipinang oleh seorang pangeran tampan dan akhirnya dikisahkan hidup bahagia selamanya.

Lalu, apa hubungan cerita Cinderella ini dengan Cinderella syndrome? Ternyata, terdapat sebuah sindrome alias masalah yang muncul pada wanita, terkait dengan nasib Cinderella yang dikisahkan dalam cerita dongeng tersebut. Yuk simak pengertian dari apa itu Cinderella syndrome.

Apa Itu Cinderella Syndrome?

Cinderella Syndrome merupakan sebuah sindrom yang muncul pada seorang wanita, dimana mereka takut untuk menjadi mandiri, dan sangat membutuhkan orang lain untuk menjaganya.

Hal ini membuat mereka yang mengalami Cinderella syndrome lebih menyukai tinggal di bawah tekanan, disuruh-suruh, diberikan perhatian, diberikan arahan dibandingkan harus hidup sendiri, mencari penghasilan sendiri, dan hidup secara mandiri tanpa adanya keterlibatan orang lain di dalam hidupnya.

Cinderella syndrome ini mengacu pada kisah hidup Cinderella sendiri, yang meskipun bisa, dia tidak mau kabur dari kekangan ibu dan kakak tirinya untuk hidup lebih nyaman secara mandiri.

Apakah Cinderella Syndrome Merupakan Sebuah Gangguan?

Sejauh ini, Cinderella syndrome memang belum diteliti secara mendalam, karena merupakan suatu istilah populer saja yang mencuat di kalangan masyarakat. Jadi, Cinderella syndrome ini belum bisa dijadikan sebagai sebuah gangguan secara psikologis.

Namun demikian, Cinderella Syndrome cukup dekat kaitannya dengan gangguan psikologis, yaitu gangguan kepribadian dependen. Gangguan kepribadian dependen merupakan gangguan kepribadian dimana seseorang sangat tergantung dengan orang lain, sehingga nyaris tidak sanggup untuk hidup mandiri.

Bahkan keputusan penting dalam hidupnya pun tidak mampu dia putuskan sendiri. Cinderella syndrome memiliki gejala-gejala yang mirip dengan gangguan kepribadian dependen tersebut.

Apa Cinderella Syndrome Bisa “Disembuhkan”

Cukup sulit sebenarnya mengatakan bahwa sebuah gangguan psikologis, atau masalah psikologis bisa “sembuh” atau tidak. Hal ini disebabkan karena banyak mereka yang mengalami masalah psikologis ini, merasa bahwa mereka baik-baik saja, sehingga tidak kooperatif.

Oleh karena itu, apabila anda ingin membantu “menyembuhkan” masalah Cinderella syndrome ini, hal pertama yang harus anda ketahui adalah apakah mereka yang mengalami Cinderella syndrome tersebut sadar, bahwa terdapat sesuatu yang salah di dalam dirinya atau tidak.

Memberikan pengertian dan juga perubahan pola pikir bisa menjadi salah satu cara yang tepat untuk membantu mereka “sembuh” dari masalah Cinderella syndrome ini, meskipun perlu dilihat juga faktor-faktor lainnya yang memunculkan masalah Cinderella syndrome tersebut.

Itulah sedikit penjelasan mengenai Cinderella syndrome. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda semua. By: Eduardus Pambudi