Yuk, Belajar Menjadi Psikolog Untuk Diri Sendiri

Yuk, Belajar Menjadi Psikolog Untuk Diri Sendiri

January 16, 2017 Off By admin

Yuk, Belajar Menjadi Psikolog Untuk Diri SendiriPsikolog merupakan salah satu profesi yang banyak membantu orang lain mencari alternatif pemecahan masalah. Secara teknis, seorang psikolog memiliki kewenangan dan juga regulasi yang mirip seperti , dimana ia membutuhkan surat ijin praktek dan registrasi sebagai seorang .

Mekanisme Menjadi Psikolog

  1. Tahap Pertama, Anda Wajib Menyelesaikan Pendidikan Sarjana (S1) Psikologi

Syarat yang pertama dan paling utama jika anda ingin menjadi seorang psikolog profesional adalah menyelesaikan terlebih dahulu jenjang pendidikan strata 1 dengan bidang dan jurusan psikologi. Jika anda tak memiliki gelar dan juga latar belakan sarjana psikologi, maka anda tak dapat melanjutkan pendidikan lanjutan di bidang keprofesian selanjutnya.

Hal ini dilakukan guna menjamin, bahwa anda memang benar – benar akan lulus dan ahli di bidangnya, yang mana anda memiliki latar belakang pendidikan murni mengenai bidang ilmu psikologi, bukan yang lainnya.

  1. Mengikuti Program Magister Profesi Psikologi

Setelah anda menyelesaikan pendidikan psikologi strata satu (S1) hal selanjutnya yang harus anda tempuh adalah mengikuti program pendidikan magister profesi psikologi. Dengan mengikuti program ini, anda akan mendapatkan pendidikan dan juga pembekalan khusus hingga mendalami mengenai keilmuan psikologi serta praktek – praktek psikologi selama kurang lebih 4 hingga 5 semester yang meliputi sebagai berikut;

a. Pembahasan instrument dan juga alat tes psikologi secara lebih mendalam

b. Teknik konseling dan juga psikoterapi

c. attitude dan juga perilaku dalam melakukan serangkaian praktek psikologi

3. Setelah anda menyelesaikan selaa kurang lebih 2 semester awal dengan beberapa teori dan juga praktek di laboratorium, maka anda pun wajib dalam mengikuti program praktek kerja profesi. Praktek kerja mungkin secara teoritis hanyalah memakan waktu paling lama sekitar 1 semester, namun dalam prakteknya anda dapat menghabiskan kurang lebih selama 2 semester dalam menyelesaikan praktik ini. Biasanya praktek kerja akan disesuaikan dengan spesialisasi yang anda ambil, misalnya klinis anak, klinis dewasa, industry dan organisasi, klinis umum, dan lain sebagainya.

4. Mengikuti sidang profesi HIMPSI

5. Mendaftar Keanggotaan Di HIMPSI dan juga mengurus SIPP

BACA JUGA ARTIKEL SEBELUMNYA MEKANISME UNTUK MENJADI PSIKOLOG DI INDONESIA

Meskipun dapat memberikan masukan dan membantu anda dalam mencari alternatif pemecahan, tidak semua orang bisa menggunakan jasa psikolog loh.  Hal tersebut dikarenakan banyak yang belum mengetahui mekanisme untuk berobat ke psikolog, hingga masih tabu untuk berobat ke mereka, yang mana dalam bayangan sebagian orang berobat ke psikolog adalah lebih mahal daripada berobat ke dokter.

Padahal untuk berobat ke mereka tak mesti lebih mahal daripada dokter loh. Rata-rata umum untuk berobat ke seorang psikolog guna konsultasi per jam antara 50 ribu sampai dengan 200 ribu. Tergantung lama dan siapa yang menangani. Jika sekelas psikolog artis mungkin biayanya bukan segitu ya hehehe.

Akan tetapi, meskipun begitu, kita sendiri pun bisa kok menjadi ahli kurang lebih memiliki ilmunya untuk diri kita sendiri. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kita lakukan apabila kita ingin menjadi psikolog untuk diri kita sendiri :

  1. Belajar untuk melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang lain

Terkadang, masalah yang anda hadapi tidak akan pernah selesai apabila anda terlalu fokus pada satu sudut pandang dan pola pikir saja. Butuh terobosan baru dan pandangan yang baru supaya bisa membantu anda menyelesaikan masalah ala seorang psikolog. Salah satu hal penting yang harus dimiliki oleh seorang psikolog adalah kemampuan untuk melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang berbeda. Nah, apabila anda ingin menjadi psikolog untuk diri anda sendiri, maka latihlah diri anda mulai dari sekarang untuk melihat dari sudut pandang yang berbeda ketika menghadapi masalah.

  1. Berpikir positif

Seorang psikolog haruslah memiliki pandangan yang positif terhadap suatu masalah. Hal ini akan sangat seorang psikolog dalam menganalisa kesuksesan dan keberhasilan suatu cara pemecahan masalah. Anda pun bisa menjadi psikolog untuk diri sendiri, dengan cara mengasah kemampuan anda dalam berpikir positif. Dengan berpikir positif, hal ini akan membantu anda untuk menyelesaikan masalah dengan lebih baik lagi.

  1. Banyak melakukan observasi

Observasi merupakan salah satu cara belajar yang mengandalkan panca indera, terutama pengamatan secara fisik menggunakan indera penglihatan.  Diajarkan untuk peka dalam melakukan observasi terhadap orang lain, ataupun situasi tertentu. Observasi akan membuat anda menjadi lebih paham akan situasi tertentu, dan tentu saja akan mempermudah anda untuk menjadi psikolog untuk diri anda sendiri.

  1. Serap ilmu dan pemahaman dari berbagai sumber

Seorang psikolog haruslah kaya akan pengetahuan, terutama pengetahuan tentang perilaku manusia. Cara termudah, anda bisa mengobrol dan memperbanyak interaksi dengan orang lain, agar anda dapat menyerap banyak hal baru dan menambah pengalaman anda dalam menjadi psikolog untuk diri anda sendiri. Banyaknya hal yang diserap akan membantu anda lebih memahami situasi lebih dalam lagi, dan meningkatkan pengetahuan anda terhadap berbagai hal, termasuk salah satunya adalah kepribadian seseorang

  1. Kenali diri anda sendiri

Terakhir, dan mungkin menjadi hal yang paling penting adalah kenali diri anda sendiri. Ya, seorang psikolog haruslah memahami kliennya dengan baik agar bisa membantu menyelesaikan dan mencari alternatif pemecahan masalah. Andapun harus mengenal diri anda sendiri apabila anda ingin menjadi psikolog untuk diri anda sendiri.

Dari kelima hal di atas anda akan berhasil untuk melewatinya, jika anda mencobanya berulangkali, dan selalu memperbaiki dengan belajar. Karena setiap keberhasilan hanya dapat di capai dengan cara belajar yang benar dan sesuai. Dan  pembelajaran yang dilakukan tidak akan berhasil jika kita menyerah pada saat menemui kesulitan.

Ada banyak manfaat jika anda menguasai ilmu ini, diantaranya adalah anda bisa menghemat untuk biaya. Selain itu anda juga dapat memahami diri sendiri, dan sedikit banyaknya memberikan masukan berarti kepaa teman yang sedang membutuhkan nasehat. Tak jarang ilmu ini juga berguna untuk diaplikasikan dalam lingkungan keluarga.

Itu adalah 5 hal yang bisa anda kembangkan dan bisa menjadi tips jitu bagi anda yang ingin menjadi psikolog untuk diri anda sendiri. Selamat mencoba dan semoga berhasil. By: Eduardus Pambudi

Untuk semakin menguasai ilmu psikologi dianjurkan untuk memiliki buku-buku psikologi. Untuk pemesanan buku psikologi dapat langsung ke PSIKOMA SHOP