Yang Tidak Seharusnya Anda Lakukan di Tempat KerjaBeberapa dari kita menghabiskan sebagian besar jam bangun kita di tempat kerja. Namun, penting kiranya untuk menjaga batas-batas antara kehidupan kerja dan kehidupan pribadi. Ini akan membantu Anda mempertahankan integritas Anda, etika dan reputasi yang baik, belum lagi niat baik antara rekan-rekan Anda dan atasan. Apa sajakah hal yang bisa merusak integritas Anda di tempat kerja?

Yang Tidak Seharusnya Anda Lakukan di Tempat Kerja

  1. Jangan menawarkan barang jualan Anda (jika Anda pedagang) kepada rekan kerja Anda dalam membeli barang penggalangan dana anak-anak Anda. Hampir semua rekan kerja yang ditawari merasa tidak enak untuk menolak dan dapat memengaruhi penilaian profesional mereka terhadap Anda.
  2. Jangan mencari pekerjaan baru pada saat Anda harus bekerja. Sangatlah tidak beretika meninggalkan tugas untuk menemui calon bos baru Anda. Kenapa? Karena Anda memakan gaji buta jika melakukannya. Selain itu Anda juga memberi tahu calon majikan bahwa Anda menggunakan waktu dan sumber daya perusahaan karena alasan pribadi. Mereka dapat berpikir bahwa Anda bisa melakukan hal yang sama ketika bekerja untuk mereka.
  3. Jangan kerjakan “bisnis sampingan” Anda saat bekerja. Pastikan semua sumber daya seperti komputer, kertas, pulsa telfon dan yang lainnya adalah milik Anda sendiri, bukan milik perusahaan tempat Anda bekerja.
  4. Jangan lakukan penelitian atau menulis tesis Anda di tempat kerja. Melakukan hal itu mengesankan bahwa Anda tapi tidak mampu menyelesaikan pekerjaan rumah Anda dengan baik. Tetaplah gunakan waktu bekerja untuk bekerja, meskipun pendidikan Anda nantinya bermanfaat untuk ekerjaan Anda.
  5. Jangan merencanakan liburan Anda berikutnya saat bekerja. Meneliti pilihan liburan seperti tujuan, hotel, tiket pesawat, dan kegiatan menarik lainnya dapat memakan waktu. Cari waktu online selama istirahat makan siang Anda.
  6. Jangan bermain game. Ingatlah, jika Anda tertangkap melakukannya, Anda akan diberi label sebagai ‘karyawan pecandu game yang bermain sepanjang hari dan berpikir tidak ada yang tahu.”
  7. Jangan mengambil video atau foto rekan atau atasan tanpa ijin. Anda mungkin berpikir itu lucu untuk mengambil momen saat rekan kerja Anda bernyanyi. Tapi posting di media sosial adalah pelanggaran privasi dan sangat mengganggu.
  8. Jangan posting di media sosial saat jam kerja. Jika Anda posting update status, tweeting, berbagi pin dan “menyukai” update orang lain, orang lain dapat mengasumsikan Anda tidak rajin bekerja dan menyebabkan pekerjaan menjadi terlambat. Postinglah pada waktu yang tepat, sebelum bekerja, saat makan siang, atau di malam hari. By: Mirza Miranti