3 Hal Yang Harus Dilakukan Agar Anda Memiliki Anak Juara dan Membanggakan Orang TuaPernahkah Anda melihat tentang sebuah lomba-lomba cerdas cermat yang diselenggarakan di beberapa negara besar? Anak-anak berlomba untuk menjadi yang terbaik dan mengharumkan nama Indonesia dikancah internasional. Anak-anak tersebut mengikuti banyak sekali mengikuti seleksi, hingga pada akhirnya dapat lolos untuk mewakili Indonesia berlomba di luar negeri. Dan menjadi anak juara tentunya.

Tak hanya pada bidang akademik saja, namun banyak pula anak negeri yang berjuang membanggakan Indonesia lewat prestasi dalam olahraga, musik, bahkan lewat karya-karya inovatif yang memberikan dampak positif bagi banyak orang.

Rasanya pasti akan sangat menggembirakan ya bila memiliki anak-anak seperti mereka? Tak hanya membuat bangga bangsa dan negara, mereka juga telah membuat bangga orang tua.

Menjadikan Anak Juara

Sebagai seorang orang tua, Anda pasti juga berharap suatu saat nanti anak-anak anda dapat membanggakan Anda sebagai orang tua dan dapat membanggakan bangsa dan negara Indonesia. Namun, apa yang harus Anda lakukan untuk dapat membuat Anda menjadi seorang juara? Berikut ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan.

  1. Dukung Kegiatan Positif Anak

Cobalah lihat anak Anda ketika sedang tertidur pulas pada malam hari, rabalah keningnya, cium telapak tangannya, dan coba Anda pijit kaki-kaki mungilnya. Anda pasti sangat menyayanginya kan? Anda sangat bangga dengan apa yang telah mereka lakukan selama ini, seperti belajar hingga terkadang tertidur di meja belajarnya, dan tak jarang mereka berlatih keras agar bisa memangkan sebuah lomba di sekolahnya.

Dari hal-hal tersebut cobalah untuk menunjukan rasa bangga Anda dan rasa sayang Anda dengan selalu mendukungnya ketika akan atau merencanakan melakukan sesuatu kegiatan yang positif. Lewat dukungan, anak Anda akan merasa bahwa mereka kuat dan mampu melakukan hal yang besar, hal yang membanggakan untuk Anda.

  1. Jaga Komunikasi dengan Baik

Jagalah komunikasi dengan anak Anda, atur waktu agar Anda dapat berbicara dengan anak-anak Anda, bisa sebelum mereka berangkat ke sekolah atau ketika menjelang mereka tidur di malam hari.

Buat komunikasi dengan anak-anak secara berkualitas dan intens. Namun, ingat jangan menggunakan bahasa yang syarat dengan intimidasi dan unsur memaksa bahwa anak-anak harus menuruti apa yang anda inginkan.

Buatlah diskusi dan negosiasi dengan mereka agar Anda dapat memahami yang mereka inginkan dan buatlah mereka menganggap Anda sebagai teman dan sahabat terbaiknya.

  1. Beri Tempat yang Tepat

Berikan mereka fasilitas tempat belajar dan bicara dengan Anda yang nyaman dan menyenangkan. Jangan hanya menuntut mereka menjadi juara jika Anda membiarkan mereka belajar di meja dekat dengan televisi atau bahkan tidak menyedikan meja untuk mereka belajar.

Tak perlu mewah, cukup membuat mereka nyaman, bersih, dan rapi. Hal tersebut akan membuat mereka belajar lebih keras lagi untuk membuat Anda bangga. Hal itu terjadi dengan sendirinya karena mereka ingin menunjukan rasa terima kasih mereka.

Setiap anak-anak sebenarnya adalah anak juara bagi setiap orang tua, meskipun hanya mampu duduk di ranking sepuluh besar atau hanya mampu menjadi juara kedua dalam perlombaan. Akan tetapi, hal itu tentu sudah membuat Anda bangga kan? Perlu Anda ingat bahwa kemampuan setiap anak berbeda, syukuri dan banggalah dengan apa yang mereka lakukan untuk Anda. Ayo peluk anak Anda!

By Tri Indarti