Yang Harus Anda Persiapkan Sebelum Mengikuti Proses Wawancara KerjaSelain tips interview, anda juga harus mempersiapkan beberapa hal yang sangat penting sebelum anda mengikuti proses wawancara kerja. Persiapan tersebut berupa persiapan fisik, persiapan mental dan juga tentu saja persiapan jawaban dan pertanyaan yang nantinya akan anda ajukan pada proses wawancara nanti. Berikut ini adalah sedikit tips interview berupa persiapan proses wawancara kerja yang bisa anda lakukan.

  1. Siapkan fisik anda dengan baik

Hal pertama yang harus anda siapkan sebelum melakukan dan mengikuti proses wawancara kerja adalah persiapan fisik. Memang wawancara kerja bukan sebuah lomba yang berhadiah besar, namun demikian, kesiapan fisik menjelang wawancara berlangsung dan juga test masuk kerja sangatlah penting. Paling tidak, anda harus sudah sarapan sebelum melakukan wawancara nantinya, agar tidak terlihat lemas dan lesu ketika proses wawancara berlangsung. Hal ini akan membantu supaya anda tidak lelah dalam melakukan sesi wawancara kerja.  Selain itu, kesehatan anda juga harus dijaga, jangan sampai ketika proses wawancara akan dimulai, anda mengalami masalah kesehatan, seperti flu, batuk dan masalah kesehatan lainnya.

  1. Persiapan mental

Mental juga harus anda persiapkan dengan baik sebelum melakukan wawancara kerja. Hilangkan pikiran-pikiran negatif yang sering muncul. Hilangkan atau kurangi kecemasan yang anda rasakan. Kuatkan mental anda sebelum melakukan wawancara kerja dengan cara selalu berpikiran positif dan baik. Percayalah bahwa setiap langkah yang anda lakukan di dalam ruangan nantinya akan berdampak positif dan baik adanya.

Persiapan mental seperti ini akan sangat membantu anda dalam menghadapi wawancara kerja, dan harus anda persiapkan secara matang agar anda tidak mudah merasa grogi dan juga gugup saat melakukan proses wawancara.

  1. Persiapkan jawaban terbaik yang bisa anda berikan

Dalam wawancara kerja, biasanya pertanyaan yang akan diberikan oleh interviewer berkisar antara beberapa hal ini:

  • Pengalaman kerja terdahulu
  • Pengalaman saat kuliah (bagi fresh graduate)
  • Sedikit mengenai kepribadian anda
  • Gaji dan lingkungan kerja yang anda senangi

Nah, dari beberapa pertanyaan yang umum tersebut, anda paling tidak sudah harus mempersiapkan kira-kira apa saja jawaban anda. Misalnya mengenai kepribadian, anda harus sudah memiliki gambaran akan menceritakan apa soal kepribadian anda. apabila anda tidak siap, ada kemungkinan anda akan mengalami gugup, sehingga jawaban anda menjadi membingungkan interviewer. Begitu pula soal pengalaman kerja, hingga gaji. Anda harus mempersiapkannya dengan baik. Misalnya sudah paham kira-kira UMR atau UMP, pengeluaran anda untuk berangkat kerja dan pengeluaran sehari-hari, dan sebagainya.

  1. Persiapkan pertanyaan yang akan anda ajukan

Tidak jarang dalam setiap sesi wawancara kerja, anda sebagai calon karyawan diminta untuk memberikan pertanyaan berkaitan dengan perusahaan yang akan anda tempati. Hal ini kadang digunakan oleh interviewer untuk melihat apakah anda memiliki inisiatif dalam tugas, dan lain sebagainya. Karena itu, anda bisa mempersiapkan kira-kira pertanyaan apa saja yang akan anda ajukan. Misalnya saja, kira-kira jobdesc saya seperti apa nanti, penempatan dimana, sistem dan budaya kerja, dan sebagainya.

Nah, itu adalah beberapa hal yang bisa anda persiapkan ketika anda akan mengikut wawancara kerja. Ingat, persiapan yang matang akan membantu anda dalam menghadapi wawancara kerja dan test penerimaan kerja dengan lebih baik dan lebih lancar. Semoga dengan mempersiapkan dengan baik, anda bisa mendapatkan pekerjaan impian anda. By: Eduardus Pambudi

Categories: Karir

admin

Pencinta Psikologi, percandu kata, hidup Psikologi Indonesia