Vineland Social Maturity Scale, Tes Untuk Mengukur Kematangan PsikososialTes inteligensi dan tes kepribadian sudah cukup banyak dikenal, namun tes untuk mengukur kematangan psikososial sepertinya kurang dikenal dengan luas. Kematangan sosial seseorang, mulai dari usia 1 tahun hingga diatas 20-an tahun juga sebenarnya perlu diukur, untuk melihat seberapa baik individu berperilaku di dalam lingkungannya. Apakah seseorang sudah mampu bertindak sesuai dengan usia perkembangannya, ataukah seseorang memiliki kematangan sosial yang rendah.

Kematangan sosial ini nantinya dapat menjadi parameter atau tolak ukur ketika seseorang menghadapi suatu masalah. Misalnya, seorang remaja yang menangis ketika menghadapi masalah. Ternyata, si remaja memiliki kematangan sosial yang rendah, sehingga dibutuhkan perlakuan khusus.

Salah satu tes untuk mengukur kematangan psikososial seseorang adalah Vineland Social Maturity Scale alias VSMS. Sesuai dengan namanya, tes ini mengukur aspek kematangan sosial seseorang, dan menghasilkan skor SQ atau Social Quotient. VSMS bisa menjadi salah satu instrumen yang penting, karena saat ini kebanyakan orang lebih fokus pada IQ dan juga kepribadian saja, sehingga kematangan sosial seseorang seringkali diabaikan.

Apa Saja Yang Diukur dari VSMS?

VSMS sendiri mengukur banyak aspek dari diri seseorang. Beberapa aspek berhubungan dengan bagaimana adaptasi sosial seseorang dan kemampuan motorik seseorang. Berikut ini adalah beberapa aspek yang diukur menggunakan VSMS:

  1. Self Help General

Merupakan kemampuan seseorang dalam menolong atau melakukan aktivitas sehari-hari yang berhubungan dengan kebutuhan dirinya, seperti misalnya melindungi diri.

  1. Self Help Direction

Merupakan kemampuan seseorang dalam melakukan segala sesuatu yang berhubungan dengan aturan dan arahan sendirian. Misalnya, berpergian keluar rumah sendirian, dan mengenakan pakaian sendiri.

  1. Occupation

Merupakan kemampuan seseorang dalam melakukan kewajiban dan aktivitasnya sebagai manusia secara umum. Misalnya bermain, berinteraksi dengan orang lain, bekerja, melanjutkan sekolah, dan sebagainya.

  1. Self Direction

Merupakan kemampuan seseorang dalam memenuhi kebutuhannya. Self Direction lebih mengarah kepada kemandirian seseorang di lingkungan sosial. Misalnya saja membeli baju sendiri sesuai keinginan, mampu merencanakan masa depan, melayani diri sendiri, dan sebagainya

  1. Communication

Merupakan kemampuan seseorang dalam berkomunikasi dengan orang lain. Bagaimana cara mereka berkomunikasi, apakah memiliki hambatan atau tidak.

  1. Socialization

Merupakan kemampuan lainnya yang diukur dalam tes untuk mengukur kematangan psikososial seseorang ini. Socialization melihat kemampuan bersosialisasi seseorang, bagaimana seseorang dapat bergaul dengan orang lain dengan mudah, terlibat interaksi sosial, dan sebagainya.

  1. Locomotion

Merupakan kemampuan yang berhubungan dengan fungsi motorik dan fisik. Aktif dan banyak gerak, sering berolahraga, berjalan-jalan, adalah beberapa contoh dari aspek locomotion dalam VSMS.

Apa Saja Yang Akan Diperoleh Dari VSMS?

Selain memperoleh kapasitas dari masing-masing aspek yang sudah dijelaskan pada bagian sebelumnya, VSMS akan memberikan gambaran mengenai SQ atau Social Quotient seseorang (mulai dari anak-anak usia 1 tahun hingga dewasa. Selain itu, dengan menggunakan VSMS, maka akan terlihat social age seseorang. Misalnya saja, seseorang yang berusia 17 tahun, bisa saja memiliki social age 10 tahun, sehingga membuatnya terlihat seperti seorang anak-anak dalam hal kemampuan sosialnya.

VSMS adalah salah satu alat tes untuk mengukur kematangan psikososial yang cukup efektif dan praktis. Praktis karena VSMS tidak membutuhkan prosedur yang panjang. Sebagai tester, kita cukup melakukan observasi dan melihat apakah klien mampu menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan sesuai dengan arahan dari alat tes ini. VSMS juga bisa diisi oleh orangtua dan juga pengasuh dari anak-anak ataupun klien. Itulah sedikit gambaran mengenai VSMS, sebuah alat tes untuk mengukur kematangan psikososial seseorang. By: Eduardus Pambudi