Tugas Perkembangan Remaja Yang Patut Diketahui

Tugas Perkembangan Remaja. Menjadi remaja merupakan hal tak mudah. Hal tersebut karena dalam fase perkembangan ini, remaja dituntut untuk berubah mengikuti harapan dari  keluarga dan juga masyarakat social di sekitarnya. Jika hal tersebut tak mampu untuk dilakukan, maka dalam perkembangan selanjutnya akan ada sebuah hal yang dirasa tak sesuai dengan beberapa aturan tak tertulis dari masyarakatnya.

Selain itu menjadi remaja pun di penuhi dengan tuntutan dari dalam diri sendiri. Perubahan dan perkembangan fisik yang terus berkembang, pada akhirnya mendorongnya untuk mempersepsikan diri dalam perannya di masyarakat. Ia merepresentasikan diri dengan sosok impian yang sekiranya ideal dari sudut pandangnya.

Oleh sebab itu penting kiranya para orang tua, pendidik, hingga remaja itu sendiri memahami tugas di sepanjang masa perkembanganya tersebut. Berikut ini merupakan tugas perkembangan remaja yang patut diketahui.

Tugas Utama

  1. Mencapai ukuran Kebebasan Dan Kemandirian Dari Orang Tua

Tugas Perkembangan Remaja Yang Patut Diketahui

Pada masa remaja sering terjadinya sebuah kesenjangan dan konflik antara remaja dengan orang tuanya. Di saat itulah ikatan emosional menjadi berkurang dan remaja dangat membutuhkan kebebasan emosional dari orang tuanya, misalkan saja dalam hal memilih aktifitas. Sifat remaja yang ingin memperoleh kebebasan emosional dari orang tua, misalnya dalam hal memilih teman ataupun aktifitas. Sifat remaja yang ingin memperoleh kebebasan emosional dan sementara orang tua yang masih ingin selalu mengawasi dan melindungi anaknya tersebut pada akhirnya memunculkan sebuah konflik.

Hal tersebut jika dilakukan pemaksaan, akan menimbulkan sifat memberontak dalam diri anak, atau bahkan membuat sang anak melampiaskan kekesalan tersebut pada hal-hal yang negative. Oleh sebab itu orang tua penting untuk melakukan cara-cara yang sekiranya tidak pada konteks pemaksaan kehendak terhadap anak dalam mendidiknya, namun dapat dilakukan dengan metode sharing dan pembimbingan atas apa yang diinginkan oleh anaknya. Misalkan anak mengambil pilihan untuk melakukan suatu kegiatan, anda dapat membimbing dan mengarahkan dengan penjelasan konsekuensi dari apa yang dilakukan.

  1. Membentuk Identitas Untuk Tercapaiya Integrasi Dari Kematangan Pribadi

Tugas Perkembangan Remaja Yang Patut Diketahui

Perkembangan psikologis pada masa remaja yang merupakan masa transisi dan periode anak ke dewasa, pada membuat seorang remaja memiliki sebuah tuntutan peran dalam kehidupan sosialnya. Selain itu pembentukan identitas tersebut, kerap membuat remaja melakukan segala hal yang sekiranya hal tersebut sesuai dengan identitas yang di dambakan. Dengan lingkungan dan bimbingan yang kondusif, para remaja diharapkan untuk dapat membentuk identitas diri sesuai dengan harapan masyarakat secara positif, dan mampu bermanfaat bagi sesama dan lingkungannya.

Bersambung