Tips Untuk Anda yang Memiliki Kepribadian IntrovertApakah anda memiliki kepribadian introvert? Banyak orang yang mungkin merasa bahwa memiliki kepribadian jenis introvert adalah sesuatu yang aneh. Namun demikian, tidak ada salahnya kok memiliki kepribadian yang introvert, paling tidak anda pun menyadari bahwa anda memiliki kepribadian. Masih banyak di luar sana orang-orang yang bahkan belum mengenal sama sekali kepribadian seperti apa yang dimilikinya.

Apa Itu Arti introvert?

Secara garis besar, introvert merupakan suatu bentuk kepribadian seseorang, dimana seseorang lebih banyak dikendalikan oleh faktor internal, yaitu dari dalam dirinya sendiri dalam melakukan sesuatu. Orang dengan kepribadian jenis introvert memang lebih banyak menyendiri, dan juga cenderung subjektif. Hal ini membuat orang dengan kepribadian jenis introvert terlihat sulit bergaul dan tidak memiliki teman.

Namun demikian, kenyataannya tidak seperti itu. Orang dengan kepribadian introvert pun bisa berteman dan menjalin persahabatan juga kok. Dan ada suatu momen hidupnya, dimana orang dengan kepribadian yang introvert pun akan menunjukkan perilaku layaknya orang dengan kepribadian ekstrovert.

Tips Untuk Anda Yang Memiliki Kepribadian Introvert

Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda terapkan bagi anda yang memang memiliki kecenderungan kepribadian yang introvert. Berikut ini  tips-tips nya :

  1. Percaya pada kata hati dan pertajam intuisi

Orang dengan kepribadian introvert memiliki intuisi subjektif yang cenderung kuat. Hal ini dapat berarti orang yang introvert biasanya memiliki insting yang baik, karena berasal dari dalam dirinya sendiri, bukan dari faktor eksternal atau pengaruh dari dunia luar.

Ketika anda sebagai orang introvert sulit untuk mendapatkan banyak teman, atau jarang bersosialisasi, maka menguatkan kata hati dan intuisi adalah hal bijak yang bisa anda kembangkan. Intuisi yang kuat dan kata hati dapat membantu anda untuk menyelesaikan masalah, pasalnya dengan kepribadian introvert, anda akan sulit untuk memecahkan masalah dengan cara meminta pendapat orang lain.

  1. Temukan insight di dalam kesendirian

Mereka yang memiliki kepribadian introvert cenderung penyendiri, meskipun tidak selalu penyendiri. Banyak situasi yang membuat orang introvert menyendiri, dan merenung, terutama ketika mengalami masalah. Tidak ada salahnya menyendiri, malahan ketika seorang introvert sedang menyendiri, akan banyak pikiran yang muncul, dan bukan tidak mungkin pemecahan masalah anda akan muncul pada saat anda sedang menyendiri.  Banyak sekali ide kreatif yang akan muncul dalam kesendirian. Fakta mengungkapkan, ternyata banyak pelukis dan seniman yang masuk ke dalam orang dengan kecenderungan introvert.

  1. Abaikan apa kata orang, jadilah diri sendiri

Banyak orang yang meledek kepribadian introvert. Nah, apabila hal ini sering terjadi, biarkan saja omongan tersebut berlalu. Toh, kepribadian introvert bukanlah sebuah kriminal, itu hanyalah sebuah perbedaan cara pandang dan perbedaan bersikap saja. Jadi, ketika anda mengalami ejekan karena anda introvert, sulit bergaul, pendiam, atau penyendiri, maka jangan pedulikan hal itu. Anda sudah memiliki kehebatan sendiri dengan menjadi seorang introvert.

Itu adalah 3 tips yang bisa anda terapkan bagi anda yang memiliki kepribadian introvert. Jadi, kepribadian introvert bukanlah suatu kesalahan yang harus diperbaiki. Yang ada adalah, kepribadian introvert merupakan suatu keunikan dalam diri anda, dan menjadi introvert bukan berarti anda tidak bisa melakukan apa-apa. Psikologi Mania