Tips Produktif Di Usia MudaPemuda adalah tonggak perubahan suatu bangsa. Dari dulu hingga sekarang bahkan sosok pemuda ini, selalu saja muncul menghiasi sebuah era kemajuan suatu zaman. Di segala lini, baik itu sosial, politik, ekonomi, hingga telekomunikasi, peran pemuda selalu saja tak dapat di marjinalakan keberadaannya. Mereka selalu saja menjadi corong pembeda atas kemajuan suatu masa.

Tips Produktif Di Usia Muda

Bagi anda yang tergolog ke dalam para pemuda, tentu menginginkan untuk menorehkan tinta kegemilangan dalam hidup bukan? Untuk meraihnya, tentu langkah yang pertama anda haruslah memiliki kemampuan untuk selalu produktif secara positif. Berikut ini adalah langkah yang dapat anda lakukan, agar masa muda anda produktif secara positif.

  1. Bersikap Realistis

Konsisten adalah suatu sikap yang baik dan harus anda kembangkan. Akan tetapi di dalam prosesnya, tentu membutuhkan waktu untuk selalu berlatih, dalam mengembangkan sikap ini. wajar apabila saat pertama kali anda mencoba, namun gagal. Teruslah untuk mencoba, agar pikiran dan tubuh anda terbiasa menerima kegagalan tersebut, untuk selanjutnya kesuksesan pun akan datang dengan sendirinya.

  1. Bangkitkan Tekad

Anda tak bisa memiliki kekonsistenan, tanpa membangun sebuah tekad dalam diri. Dibutuhkan suatu tekad, untuk memiliki sebuah konsistensi. Sebab jika kita sendiri dalam keadaan malas, maka tekad inilah yang akan menggerakan kita untuk bangkit dari rasa malas tersebut.

  1. Hilangkan Pikiran Negatif

Pikiran negatif adalah sebuah racun yang dapat menghambat terbentuknya sebuah konsistensi dan tekad. Apabila anda mulai untuk berfikir negatif misalnya “aktu tak dapat melakukannya” atau “aku bodoh” maka hal tersebut justru akan membuat anda semakin tak berdaya. Rubahlah untuk selalu berfikiran yang positif saja.

  1. Tentukan Tujuan Yang Jelas

Tujuan yang jelas akan membantu kita untuk selalu memusatkan pikiran dan tindakan kita dalam berjuang untuk meraihnya. Contohnya, apabila kita ingin menurunkan berat badan. Maka berusahalah untuk meluangkan waktu sejenak, di setiap harinya untuk berolahraga, menjalankan diet dan makanlah makanan dengan nutrisi seimbang.

  1. Lakukan Perubahan Secara Perlahan

Tentunya anda akan merasa sangat terbebani, apabila berusaha melakukan semuanya sekaligus. Lakukanlah perubahan tersebut secara bertahp. Misalkan saja, anda ingin melakukan hal kecil yang positif selama satu bulan kedepannya. Maka konsistensikan tindakan anda dalam mencapainya. Apabila sudah tercapai maka tambahkan lagi secara perlahan hal positif lainnya.

  1. Tentukan Batas-Batas Yang Jelas dan Spesifik

Berilah patokan batas-batas yang spesifik dan jelas. Hal ini bertujuan untuk membantu anda mengatur bagaimana dan kapan seharusnya anda melakukan hal-hal tertentu.

  1. Bersiaplah Menghadapi Kegagalan

Tidak peduli seberapa hebatnya seseorang tersebut, pasti akan mengalami masa kegagalan. Cari tau apa yang membuat anda gagal dan juga lakukanlah segala sesuatu untk mengatasi kegagalan tersebut.

  1. Hukum Diri Anda Jika Gagal

Perlulah bagi anda mengakui bahwasanya, anda tak dapat memenuhi standar dan tujuan yang telah di tentukan. Maka hukumlah diri anda sendiri dengan melakukan hal yang positif. Misalkan saja apabila anda gagal untuk konsisten, maka anda harus membersihkan wc dan lain sebagainya.

  1. Tingkatkan Motivasi Diri

Apabila anda merasa motivasi diri anda menurun untuk melakukan sebuah proses, maka hal yang harus dilakukan adalah tetap mengerjakan pekerjaan tersebut. Walaupun hanya sedikit. Kemudian berkumpullah dengan orang-orang yang kuat, guna menjaga konsistensi yang telah anda lakukan tersebut. Karena dengan motivasi diri, suatu perubahan akan mampu kita pertahankan, walaupun menerjang ombak tersulit sekalipun. by: Fatah