Tips Percaya Diri berbicara Di Depan UmumMenjadi seorang pemimpin ataupun pengusaha yang sukses di butuhkan kemampuan mumpuni dalam berkomunikasi. Tak hanya di depan kelompok, bahkan kemampuan untuk berbicara di depan podium akbar pun mereka harus siap untuk sedia memperlihatkan kemampuan dalam hal berbicaranya.

Bahkan ada kalanya bahwa, keberhasilan dari seseorang untuk menggenggam masa depan, salah satu faktor penentunya tersebut adalah kemampuan dalam berkomunikasi di depan umum. Apabila anda memiliki kemampuan tersebut niscaya kesuksesan dan dunia yang mengitarinya, akan mengikutimu.

Berikut ini adalah beberapa 10 tips percaya diri berbicara di depan umum yang dapat anda ikuti.

  1. Luruskan Niatmu

Tips Percaya Diri berbicara Di Depan UmumPublic speaker yang baik berbicara bukan karena uang maupun materi, akan tetapi ia memiliki keinginan untuk berbagi dan menebar sebuah manfaat, bagi orang di sekitarnya.

  1. Kenali Audience

Tips Percaya Diri berbicara Di Depan UmumAgar pembawaan diri anda terhadap audience menjadi lebih baik, maka seorang pembicara haruslah mengetahui terlebih dahulu orang-orang yang ada di depannya. Seperti apakah cara yang baik untuk berbicara dengan karakter audience di depannya. Ketika anda berhasil untuk mengenalinya, maka akan lebih mudah untuk berkomunikasi dengannya.

  1. Audience Adalah Bintangnya

Tips Percaya Diri berbicara Di Depan UmumPembicara yang baik adalah orang yang mampu untuk berinteraksi dengan para audience nya. Ia akan selalu mampu untuk memberikan feedback atau apresiasi setiap audience yang mampu untuk menangkap maksud pembicaraan kita. Minimal berilah dia aplouse dan sebutkanlah namanya.

  1. Lakukanlah Basa-Basi

Tips Percaya Diri berbicara Di Depan Umum

Ketika anda telah memberikan aplouse dan apresiasi pada audience. Lakukanlah basa-basi setelahnya. Agar kecairan dalam komunikasi semakin terjadi. Selain itu dengan melakukan basa-basi, memiliki manfaat lain, seperti menghangatkan pita suara anda, agar tidak terjadi ke-gerogian jika hendak masuk pada inti dari materi yang akan di bawakan.

  1. Gladi Bersih

Tips Percaya Diri Berbicara Di depan Umum

Lakukanlah persiapan terlebih dahulu sebelum anda tampil. Lakukan suatu simulasi seolah-olah anda sedang berbicara di depan orang banyak, simulasi tersebut adalah dengan games, jokes, maupun penyusunan kata-kata.

  1. Terimalah Feedbak

Tips Percaya Diri berbicara Di Depan Umum

Mintalah feedback dari para audience atau teman di saat ia melihat penampilan anda di depan umum, sebagai bahan evaluasi anda ke depannya.

  1. Visualisasikan Keberhasilan

Tips Percaya Diri berbicara Di Depan Umum

Seorang pembicaraan yang tangguh akan dapat memvisualisasikan sambutan yang hangat dan juga tepuk tangan ramah dari para Audiencenya. Hal tersebut merupakan usaha kita untuk memotivasi diri sendiri, walaupun sebenarnya sambutan yang di berikan tidaklah begitu meriah.

  1. Perbanyak Momentum Berbicara

Tips Percaya Diri berbicara Di Depan Umum

Biasakanlah diri untuk tampil di depan orang banyak. Karena dengan memperbanyak moment untuk berbicara, kita akan terbiasa melakukannya. Ketika kita telah terbiasa untuk melakukannya, maka kemampuan dan kenyamanan yang kita miliki akan mampu untuk meningkatkan performance kita dalam berbicara.

  1. Interaksi Dengan Audience

Tips Percaya Diri berbicara Di Depan Umum

Biasanya kecendrungan dari Orang adalah lebih senang untuk terlibat secara langsung, daripada hanya menjadi pendengar saja. Oelh karena itu maka, sesekali anda dapat melemparkan pertanyaan kepada audience.

  1. Berilah Kesan Pertama Yang Baik

Tips Percaya Diri berbicara Di Depan Umum

Dalam setiap melakukan interaksi, maka biasakanlah untuk selalu mengawalinya dengan senyuman. Berikanlah sapaan yang memukau dan sanjung lah para audience dengan berbagai cara, guna memunculkan mood untuk mendengarkan anda. Itulah beberapa hal yang dapat anda lakukan guna meningkatkan kepercayaan diri untuk berbicara di depan umum. by: Muhamad Fadhol Tamimy

Untuk kerjasama pelatihan public speaking dengan para profesional psikoma, anda dapat langsung menghubugi via kontak yang telah di sediakan oleh psikoma, dan juga chat pada fanspage psikologi indonesia.