Tips Parenting Pola Asuh Seperti Apa yang Cocok Untuk Anak?Pola asuh adalah salah satu tips parenting yang mampu membantu tumbuh kembang anak menjadi lebih optimal. Pola asuh mengacu kepada bagaimana anak-anak diperlakukan oleh orangtua ataupun pengasuhnya. Sayangnya tidak semua orangtua dan juga pengasuh memahami pola asuh yang tepat untuk anaknya. Dan fakta mengungkapkan bahwa tidak semua anak cocok dengan pola asuh yang sama. Artinya, berbeda anak, berbeda juga pola asuh yang ideal.

Tips Parenting

Lalu, pola asuh yang bisa diberikan kepada anak itu pola asuh yang seperti apa? Berikut ini adalah beberapa tips parenting yang bisa menjadi referensi anda dalam memberikan pola asuh kepada anak-anak.

  1. Berikan pola asuh yang penuh dengan rasa kasih sayang

Sebisa mungkin hindari kekerasan pada pola asuh anda terhadap anak. Selalu berikan pola asuh penuh kasih sayang kepada anak anda. bentuk dari kasih sayang tersebut bisa berupa support dan dukungan akan berbagai macam hal, dukungan material, dan sebagainya.

Selalu ada di saat si anak mengalami masalah juga bisa menjadi salah satu hal yang merupakan gambaran dari adanya kasih sayang orangtua kepada anak.

Banyak masalah dan gangguan psikologis pada anak muncul akibat kurangnya kasih sayang yang diterima oleh si anak. Memberikan kasih sayang bisa membantu mencegah munculnya masalah-masalah psikologis pada anak.

  1. Berlakukan aturan secara tegas dan konsisten

Aturan sangat dibutuhkan dimanapun. Kegunaan dari aturan ini adalah untuk membangun super ego, rasio, dan juga pemahaman anak terhadap nilai-nilai moral yang harus dipatuhi. Ketegasan dan juga konsistensi sangat dibutuhkan untuk menerapkan sebuah aturan.

Misalnya saja, aturan supaya harus mengerjakan PR setelah pukul 5 sore. Aturan ini harus diterapkan secara konsisten, jangan terlalu banyak memberikan kelonggaran, dan jangan biarkan anak memiliki kesempatan untuk melawan dan melanggar aturan tersebut dengan semena-mena.

  1. Kehadiran orangtua sangatlah penting

Kehadiran orangtua sebagai pengasuh utama adalah tips parenting yang bisa anda terapkan di dalam keluarga anda. Orangtua menjadi sosok utama yang memiliki peran penting dalam tumbuh kembang anak.

Apa yang akan terjadi apabila sosok utama di dalam kehidupan si anak tidak muncul? Tentu saja hal ini akan mempengaruhi kondisi perkembangan dari si anak bukan? Karena itu kehadiran orang tua, baik secara fisik maupun secara mental juga harus diperhatikan untuk membantu tumbuh kembang anak.

Itu adalah 3 tips parenting penting yang bisa anda coba dan anda terapkan di dalam keluarga anda. Tips parenting ini memang membutuhkan pemahaman yang mendalam dari para orangtua mengenai pola asuh yang baik kepada anaknya. Paling tidak, pola asuh yang baik adalah pola asuh yang memiliki tiga unsur tips yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Semoga tips parenting mengenai pola asuh yang cocok dengan anak ini bisa menjadi referensi anda dalam mendukung perkembangan si anak. Psikologi Mania


admin

Pencinta Psikologi, percandu kata, hidup Psikologi Indonesia