Tips Move On Dari Masa Lalu Yang MenyakitkanTips Move On. Masa lalu adalah sebuah kenyataan yang harus dihadapi dengan tindakan nyata. Tidak peduli seberapa menyakitkan sebuah kenangan dimasa lalu, kita wajib memaafkannya demi kedamaian diri kita sendiri. Bagi kamu masih merasa kesulitan untuk move on dari kenangan masa lalu yang menyakitan, coba terapkan hal berikut ini secepatnya :

Tips Move On

  1. Biarkan Kenangan Itu Berlalu

Meskipun sebagai manusia kita tidak mempunyai kuasa untuk menghapus secara permanen segala kenagan dari memori otaknya, namun Tuhan telah memberikan manusia sebuah hati yang mampu meredam emosi negative yang ditimbulkan oleh masa lalu. Kuncinya hanya satu yakni melapangkan hati menerimanya serta membiarkan kenangan itu berlalu karena tergantikan dengan kenangan dimasa mendatang.

  1. Jangan Pernah Lari dari Kenyataan

Seburuk apapun masa lalu yang kamu punya, tentunya akan menjadi jalan hidup tersendiri yang harus diselesaikan. Masa lalu bisa saja adalah sebuah proses dimana Tuhan membentukmu menjadi pribadi yang lebih baik dimasa mendatang. Menghadapi kenyataan dari masa lalu adalah bukti bahwa kamu telah mempunyai keberanian untuk menghadapi baying – baying dari masa lalu.

  1. Don’t Give Up!

Jangan pernah menyerah bahkan jangan pernah sekalipun kita membiarkan sebuah niat untuk menyerah melintas dikepala. Karena melepaskan diri dari bayang – bayang masa lalu membutuhkan usaha yang lebih giat. Seperti ketika kita masih berlatih mengayuh sepeda ketika kecil dahulu, seberapa seringnya terjatuh namun apabila kita tidak pernah menyerah maka akan tiba saatnya kita bisa duduk tenang mengayuh sepeda.

  1. Fokus Pada Masa Depan

Tips move on selanjutnya adalah Mengingat kembali kenangan masa lalu adalah sebuah kewajaran namun apabila hal ini jusru membuatmu terpuruk maka sebaiknya satu hal yang wajib dilakukan ialah merelakan dan mencoba untuk tidak fokus pada penyesalan dalam diri. Menyibukkan diri dengan hal – hal positif untuk membangun masa depan yang lebih baik akan membuatmu tidak sempat meratapi kegelisahan dari masa lalu.

  1. Mari Sejenak Kita Bersyukur

Tips move on berikutnya yaitu Masa lalu tidak sepenuhnya menyakitkan bukan? Pastinya ada beberapa bagian hidup dimasa lampau yang kita anggap sebagai kejadian yang menyenangkan. Anggaplah bahwa kenangan menyakitkan hanya bumbu penyedap untuk membuat proses hidupmu semakin nikmat. Bukankah dengan mengenal rasa sakit maka kita akan benar – benar faham dan mensyukuri nikmat?

  1. Mengupayakan Yang Terbaik

Setelah kita benar – benar mampu lepas dari bayang – bayang masa lalu, tentunya hal lain yang mesti dipersiapkan yakni usaha terbaik kita supaya masa depan nantinya berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. Karena move on saja belum cukup tanpa dilengkapi dengan usaha yang sungguh – sungguh. By : Nurus Syarifatul ‘Aini